Rosoboronexport Berencana Kirim 50 BMP-3F ke Indonesia

52
787
BMP-3F. Marinir  (photo:Dispenal)
BMP-3F. Marinir (photo:Dispenal)

Perusahaan senjata Rusia Rosoboronexport mengumumkan niat Pemerintah Indonesia untuk kembali membeli kendaraan tempur infanteri tank amfibi Rusia BMP-3F yang baru.

Direktur Utama Rosoboronexport Anatoliy Isaykin menyatakan, perusahaannya dalam waktu dekat akan menandatangani kontrak pengiriman kendaraan tempur infanteri BMP-3F baru dengan Indonesia.

โ€œIndonesia akan kembali membeli BMP-3F. Dalam waktu dekat, kami akan menindaklanjuti hal tersebut,โ€ ujar Isaykin saat ditanya mengenai kontrak-kontrak baru dengan Indonesia kepada kantor berita RIA Novosti. Isaykin sebelum ini pernah mengatakan bahwa ia berencana untuk berunding dengan menteri-menteri pertahanan di sejumlah negara ASEAN pada saat pameran LIMA 2015 di Malaysia yang kini tengah berlangsung, termasuk dengan kepala instansi militer Indonesia.

Saat ini, BMP-3F digunakan Korps Marinir TNI. Pengiriman pertama sebanyak 17 unit sudah dilakukan Rusia November 2010. Pengiriman ini dilaksanakan dalam lingkup pemberian kredit kepada Indonesia oleh Rusia sebesar satu miliar dolar AS, yang ditandatangani Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kunjungannya ke Jakarta pada September 2007 lalu.

Pemerintah kemudian Indonesia kembali menandatangani kontrak pembelian 37 unit BMP-3F bernilai 114 juta dolar AS yang diperuntukkan bagi marinir Indonesia pada bulan Mei 2013. Pada bulan Januari 2014, kelompok pengiriman kedua BMP-3F secara resmi diserahkan kepada TNI Indonesia sehingga total BMP-3F yang dimiliki TNI adalah sebanyak 54 unit.

Pada November 2014 lalu, Direktur Rosoboronexport Bidang Penugasan Khusus Nikolay Dimidyuk menyebutkan, perusahaannya berencana kembali mengirim sekitar 50 unit BMP-3F ke Indonesia.(Indonesia RBTH).

52 KOMENTAR

  1. Kata marinir …. Waktu pameran TNI AL…tank amphibi yang terbaik ….adalah buatan Russia…bukan yang lain….dulu…waktu jaman orde baru ..sekitar tahun 80an awal…..mereka minta dibelikan yang buatan Russia…tapi pemerintah menolak…Dan dibelikan yang jenis AMX 10 . …yang performance nya luar biasa jelek nya itu…mereka …marinir itu sendiri yang bilang begitu…

      • John Roosa menulis dlm bukunya, Eisenhower dan Dulles bersaudara Allen sebagai kepala CIA dan John Foster sebagai menteri Luar Negeri memandang semua pemimpin nasionalis Dunia Ketiga yang ingin netral di tengah-tengah perang dingin, sebagai antek-antek komunis.

        Bagi AS saat itu Presiden Sukarno merupakan sebuah kutukan, Politik luar negerinya yang bebas aktif dipermanenkan pada Konferensi Asia-Afrika 1955. Hujatan berulang kali terhadap imperialisme Barat, dan kesediaannya merangkul komunis sebagai bagian integral dalam politik Indonesia, ditafsirkan Washington sebagai bukti kesetiaan Sukarno kepada Moskow dan Beijing. Lebih parah lagi, kala itu pun tanpa tedeng aling-aling Sukarno menjalin hubungan baik dengan pempimpin China, Mao Zedong dan Soviet, Nikita Khrushchev.

    • kalau kita punya alutsista yang mumpuni bin cetar membahana otomatis preman kawasan segan untuk usil. jika preman segan untuk usil dan penjahat semua pada menjauh, otomatis NKRI damai sejahtera. itulah mengapa perkuatan alutsista harus dianggap sebagai investasi jangka panjang.

  2. Liat tvone malam ini..TNI mau diobok2… Kyknya panglima TNI setelah muldoko mau dibawa ke politik..siapa yg menjilat paling bersih akan diangkat jadi centeng politik spt dlu.. Hadeeeuuuhhh…masak kekompakan TNI mau dipertaruhkan spt baju coklat..? TNI hrs menetukan pimpinannya sendiri walau hak preogratif ada ditangan presiden..krn yg lebih tau isi dan otak TNI hanya mereka yg berada diadalamnya.. Salam kompak TNI..!! Jgn mau dipecah oleh kepentingan politik manapun krn engkau adalah bemteng terakhir negeri ini.. Selamat Malam…