Jul 082017
 

Uji coba perdana penembakan rudal anti kapal Sea Venom a.k.a ANL oleh MBDA melalui helikopter Dauphin. © MBDA

Rudal anti kapal Sea Venom/ANL buatan MBDA telah berhasil menyelesaikan penembakan perdananya di pusat uji coba Ile du Levant, Perancis, seperti dilansir dari Defence Blog.

Dilakukan pada bulan Juni 2017, penembakan perdana itu merupakan tonggak utama bagi rudal Anglo-Prancis yang dikembangkan untuk memberi kemampuan yang disempurnakan dan mengganti sistem yang ada seperti Sea Skua yang dikembangkan oleh Inggris dan rudal anti-kapal AS15TT yang dikembangkan oleh Perancis.

Uji coba rudal kelas 100 kg tersebut dilakukan melalui helikopter uji Dauphin yang dimiliki oleh DGA (Direction Génerale de l’Armément – Badan Pengadaan Pertahanan Perancis).

“Percobaan rudal itu sangat sukses dan merupakan momen yang membanggakan bagi perusahaan dan semua pihak yang terlibat dalam proyek ini. Ketika memasuki layanan, Sea Venom/ANL akan memberikan peningkatan kemampuan bagi Angkatan Bersenjata Perancis dan Inggris”, menurut Frank Bastart, kepala program Sea Venom/ANL di MBDA.

Dipesan pada tahun 2014, proyek Sea Venom/ANL itu telah dikembangkan bersama antara Inggris dan Prancis dengan 50/50 dan telah memainkan peran penting dalam menciptakan pusat keunggulan bersama pada teknologi rudal di kedua negara, sebuah langkah yang akan memberikan manfaat yang signifikan kepada kedua negara.

“Meskipun uji coba tembak perdana ini sama sekali bukan merupakan kewaspadaan. Sistem ini didorong hingga ke batas kemampuan jangkauannya. Langkah selanjutnya adalah melatih kemampuan sistem penggunaan oleh operator”, tambah Paul Goodwin, wakil kepala proyek Sea Venom.

Inggris berencana menggunakan rudal tersebut pada helikopter Wildcat AW159, sementara Perancis akan mengoperasikan rudal tersebut dari Hélicoptére Interarmées Léger (HIL) yang baru.

Rudal ini telah dirancang untuk penggunaan dari berbagai platform secara luas, dengan uji coba pengangkutan udara telah dilakukan untuk menunjukkan kompatibilitas rudal pada helikopter Lynx lawas.

Bagikan:

  4 Responses to “Rudal Anti-Kapal Sea Venom, MBDA, Mantap”

  1.  

    Boronggg…….

  2.  

    Cocok buat panther nih

  3.  

    keseluruhan 100 kg??….kecil amat neh rudal,.. tuk hulu ledakny brp kg?….cukup sih buat mlumpuhkan kapal2 kelas kcr, korvet…

 Leave a Reply