Jan 072016
 

p_641831

Pengembangan rudal jelajah anti kapal Vulcan sudah dimulai pada tahun 1979, dimaksudkan sebagai pengganti rudal Bazalt. Rudal Bazalt mulai diperkenalkan pada tahun 1970.

Vulcan dilengkapi peningkatan kecepatan dari pada Bazalt, memiliki kecepatan 2.8 mach dan jangkauan 700 km, Vulcan juga dapat dimuati hulu ledak nuklir 350 kiloton.

Vulcan sengaja diciptakan untuk menyerang armada kapal induk musuh dari jarak yang aman. Memiliki beberapa kesamaan dengan rudal Bazalt, Vulcan mampu menyerang sasaran dengan terbang tinggi dan kemudian menukik 10 m di permukaan laut saat mendekati sasaran yang membuatnya hampir tidak terlihat radar musuh.

Dengan kecepatan jelajah 600 m perdetik dan melesat hingga 1000 m perdetik saat mendekati target, Vulcan tetap lebih maju bila dibandingkan rudal Harpon, Exocet dan Tomahawk yang berkecepatan subsonic. Dengan hululedak 500 kg, Vulcan mampu membuat kerusakan serius bukan hanya pada kapal perusak atau kapal penjelajah, bahkan kapal induk sekalipun.

Menggunakan sistem bimbingan kombinasi, autopilot saat dalam perjalanan, terminal radar seeker, computer digital dan improvred anti jamming saat tahap akhir mendekati sasarannya.

Meskipun merupakan rudal buatan tahun 1980-an, bahkan hingga saat ini rudal Vulcan belum ada yang mampu mengalahkannya.

Spesifikasi P-1000 Vulcan

Panjang : 11 m
Diameter : 0.88 m
Berat : 5 ton (tanpa boster)
Kecepatan : Di ketinggian 2.5 mach, di permukaan 2 mach
Sistem control : Inersia dan radar
Jangkauan : 700 km
Hulu ledak : 500 kg non nuklir / 350 kiloton nuklir

  17 Responses to “Rudal Anti Kapal Yang Tak Terkalahkan, P-1000 Vulcan”

  1. sangar nih rudal, buatan siapa?

  2. Nah Ini dia ternyata…Vulcan…boster roket yang udah bias kita buat bias dipake kayanya…tinggal kasih rumah aja….mantap…Indonesia Raya Jaya….

  3. beli,,!

    tapi di qoibkan ya..

  4. maknyus juga nih rudal.

  5. Bercita-cita memiliki rudal spt inipun tidak berani.
    Numpang nanya, siapakah orang di negeri ini yg bs mewujudkan keinginan kita utk memiliki rudal spt ini?

    • ga ada yg berani ya ternyata… ga ada dana om… om aja yg modalin… gimana om… setuju ga om openmind…

      • xixiixiii…

      • Sy utangin ke China gmn? Nanti bumn sbg agunan. Kita msh ada saham di Indosat yg blm dihabisin. Kamu dan anak cucumu yg ngangsur..

        • Ora ngaruh buat aqu bung openmind…,qu gk mau muluk2 orangnya sampe ngejar2 tanda tangan Pemerintah begitu untuk Alutsista.tapi qu yakin lambat laun Insyaalloh pembelian akan tercukupi mengacu pada MEF.

        • Sy hargai keinginan bung yg kecil, tdk semua org punya cita-cita besar. Kata psikolog, ketika msh bocah semua orang punya cita-cita tinggi tp stelah dewasa hanya sebagian yg tetap berani bercita-cita, sebagian besarnya merasa puas dan pasrah dg kondisinya. Sy menolak utk berhenti bercita-cita krn org boleh kehilangan apa saja tp jgn sampai kehilangan harapan.

  6. rudalnyasih mantap tpi kalo platformya diancurin sebelum menyerangkan sama saja ,

 Leave a Reply