Agu 132018
 

Iran luncurkan rudal balistik Fateh-110 di selat Hormuz © Kementerian Pertahanan Iran

JakartaGreater.com – Ketika Angkatan Laut Iran latihan untuk operasi yang berpotensi menutup Selat Hormuz yang strategis minggu lalu, Korps Garda Revolusioner Islam secara diam-diam menguji rudal balistik disana, menurut satelit mata-mata AS yang dilansir dari laman Sputnik.

dilaporkan dari Fox News pada hari Jumat, bahwa pasukan Iran meluncurkan misil Fateh-110 Mod 3 dalam latihan besar-besaran Angkatan Laut Iran untuk berlatih menutup Selat Hormuz. Tampaknya itu adalah uji coba rudal pertama oleh Teheran pada tahun 2018.

Rudal itu diluncurkan dari Bandar-e-Jask, Provinsi Hormozgan, Iran tenggara, sebut pejabat AS kepada Fox News, menambahkan bahwa rudal itu melakukan perjalanan sekitar 100 mil melintasi Selat Hormuz sebelum mendarat di gurun wilayah Iran.

Pentagon mengakui adanya latihan Angkatan Laut Iran tetapi menolak kesempatan untuk mengomentari tentang peluncuran rudal tersebut.

“Sangat jelas bagi kami bahwa mereka mencoba menggunakan latihan itu untuk mengirim pesan kepada kami bahwa ketika kami mendekati periode sanksi ini, mereka memiliki sejumlah kemampuan”, sebut Jenderal Joseph Votel, kepala Komando Pusat AS pada hari Rabu di Pentagon.

Iran, secara teratur melakukan latihan Angkatan Laut di dekat selat, dan uji coba rudal itu dilakukan dalam perairan teritorial Iran, seorang pejabat AS yang mengkonfirmasi uji tersebut menurut laporan Reuters.

“Selat Hormuz adalah chokepoint minyak paling penting di dunia karena aliran minyak hariannya mencapai 17 juta barel pada tahun 2015 serta menyumbang 30 persen dari semua minyak mentah yang diperdagangkan di laut dan cairan lainnya. Pada tahun 2016 meningkat menjadi 18,5 juta barel per hari”, tulis laporan Badan Energi AS.

Sekitar 30 persen dari ekspor gas alam cair global berasal dari Qatar melalui Selat Hormuz pada tahun 2016, berdasarkan laporan bertajuk “Statistical Review of World Energy 2017”.

Bagikan:

  2 Responses to “Rudal Balistik Iran Lintasi Selat Hormuz”

  1.  

    Belum ada yg komen. Si Ntung Phd gak bisa komen karena sedang bersedih merintih merana nangis guling2….jualan gripiknya nda pernah laku2. Nasib sales gagal.

  2.  

    Yach….diblokade saja.kalo memang iti yg terbaek buat iran & gank.

 Leave a Reply