Oct 142014
 
Rudal Barak 8 India-Israel (photo: Photo Wikipedia commons)

Rudal Barak 8 India-Israel (photo: Photo Wikipedia commons)

Rudal permukaan ke udara Barak 8 Israel dinyatakan berhasil menyergap rudal jelajah anti-kapal Yakhont dalam sebuah uji coba yang dilakukan Angkatan Laut Israel.

Israel Channel 2 dan israeldefense.com melaporkan bahwa Angkatan Laut Israel telah sukses melakukan tes rahasia terhadap rudal Barak 8, yang dirancang untuk mempertahankan kapal dari serangan rudal jelajah anti kapal Yakhont yang banyak digembar-gemborkan.

Angkatan Laut Israel melakukan uji coba beberapa bulan yang lalu. Upgrade sistem rudal barak 8 ini dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap kapal dari rudal jelajah. Selain itu, sistem ini mampu melindungi rig minyak di laut, yaitu – untuk memberikan perlindungan bagi zona ekonomi eksklusif Israel dan sumber energi yang paling penting.

Dalam ujicoba itu rudal sasaran (Yakhont) diluncurkan dari laut, dan rudal Barak yang diluncurkan dari angkatan laut berhasil mencegatnya.

Sumber militer Israel menegaskan keberhasilan ujicoba ini memberikan jawaban atas ancaman pelayaran kapal mereka. Upgrade sistem ini dikembangkan oleh Rafael dan Israel Aircraft Industries, dan sebuah perusahaan Italia yang memproduksi simulator rudal.

Indian Navy Disuplai Rudal Barak
Terkait kesuksesan itu, Perdana Menteri India Narendra Modi memberikan persetujuan akhir untuk pembelian 262 rudal Barak-I Israel untuk Angkatan Laut India yang akan memberikan dorongan lebih lanjut untuk kemampuan India. Keputusan itu dibuat awal bulan ini oleh Komite Keamanan India yang dipimpin oleh Perdana Menteri Modi.

Keputusan ini dianggap sebagai terobosan besar dalam mencairkan hubungan pertahanan Indo-Israel yang sempat terhenti, setelah serangkaian tuduhan penyuapan terhadap mantan pejabat pemerintah pro-Israel dan anggota elit pertahanan India.

Kesepakatan baru ini akan membuat India menyiapkan dana $ 144 juta dan membuka jalan bagi kontrak pertahanan lebih lanjut dengan Israel. Menurut pejabat Israel yang tidak mau disebut namanya, pengiriman rudal Barak Israel akan dimulai pada 2015 dan sekitar empat belas kapal Indian Naval diharapkan akan dilengkapi dengan Barak-1.

  106 Responses to “Rudal Barak 8 Sergap Yakhont”

  1. 1

    • Si upil pasti ngebet dengan pensil baru ini.

      • Bung diego@ yang benar hubungan pertahanan indo-israel atau india-israel? Barak-1 dengan Barak 8 apa beda? Kecepatan berapa march? Imho
        India navy berencana membeli 262 Barak-1 yang ditempatkan di 14 kapal perangnya.kombinasi Brahmos-Barak-1 akan membuat PLA sakit kepala dan bekerja keras bikin antidotnya.Bagaimana dgn Indonesia?

        • Indo-Israel itu sebutan untuk India-Israel. Kayaknya Barak-I akan lebih canggih karena baru mulai diproduksi tahun 2015. Dan India terlibat dalam pembuatan rudal itu, mirip seperti Brahmos, Rudal yakhont versi Rusia-India

          Saya juga gak jelas, soal pengistilahan Barak 8 dan I

          • Thanks bung diego@ India makin superior saja.salut dgn negara sahabat satu ini berani berbelanja besar beserta ToTnya skl.kayaknya prinsip zero enemy hrs ditukar kpd 5 enemy biar budget alutsista naik 300 T sekaligus membikin PT Pindad makin hidup.

          • Bung Diego, apakah ini alasan TNI waktu parade kemarin berani memamerkan yakhont untuk konsumsi umum, karena sudah ada atidotnya dan tidak dikhawatirkan membuat heboh kawasan..
            atau karena TNI sudah memiliki simpanan pensil yg lebih sangar lagi..
            maaf analisa cah jik umbelen… πŸ˜€

      • Upil tuh apa2 maen beli aja. Gak tau ada personilnya gak tuh u operasionalkan. Hihihi

    • Jangan percaya pada cerita isreal pak. iron dome tak berkesan hanya bunga api. Merkava sudah kalah rudal atgm korean utara. Merkava sudah kalah pada t72 di.syria tahun 80an .1 Barak sudah kalah pada rudal china c802 bina tahun 80

  2. Pengen punya huhuhu

  3. Yahhh yakhont udah ada antidotnya.

  4. selamat pagi

  5. nomer loro

  6. Makin gede kepala si zionis

  7. Absen dulu πŸ™‚

  8. hmmm dapat yakhont dari mana untuk dijadikan sasaran uji tembak?

    • ternyata yang dijadikan sasaran adalah yakhont imitasi πŸ™‚

      19 hours ago – Barak 8 missile was successful in intercepting a missile that imitated the Yakhont anti-ship cruise missile.

      http://www.israelnationalnews.com/News/News.aspx/186093

      • Bung Danu, meski KW, mungkin sifat-sifatnya dibuat sama seperti kecepatan, lintasan yang unik dll.

        Mungkin kalo Indonesia dikasi kesempatan utak-atik Yakhont, insinyur kita bisa nambahin semacam decoy jadi rudalnya sendiri punya pertahanan diri (ngarep mode:on) πŸ™‚

        • pasti ada mirip2nya bung MJ,

          cuma berapa %-nya gak tahu, yang pasti klo bisa 100%, rudal yang dibuat dengan bantuan perusahaan itali tsb bisa diual sebagai rudal saingan yakhont πŸ™‚

          • israel berusaha menutup malu krn saat ini iron dome tidak laku di pasaran, setelah terbukti tidak efektif mencegat rudal hamas

        • Kalau Israel dapat bocoran datanya, memang bisa mendekati 100% karakter imitasinya. Tapi kalau tidak, akan lebih besar bedanya.

        • bung MJ pernah dengar istilah “beda tangan / beda pembuat beda rasa”? nah sama halnya dengan rudal imitasi israel yang dibuat mirip kaya rudal yakhont,meskipun bahan-bahan pembuatan rudalnya sama, tapi hasilnya tetep beda bung #CMIW

      • bung Anak Deli,

        menurut link di atas / israelnationalnews.com;

        The test was carried out with the cooperation of an Italian firm, which provided a missile that imitated the Yakhont and similar missiles.

        > tidak dijelaskan apakah perusahaan itali tsb produsen alutsista atau hanya ‘makelar’.

        > harus dilihat dulu apakah ada perjanjian perlindungan info rahasia antara rusia – india sebelum kerjasama pengembangan brahmos dilangsungkan.

      • bung @Anak Deli kalau india beli ni rudal pasti utk menghadapi PLA bung, India & RRT kn gk akur jg terkait perbatasan kedua negara.

      • Saya yakin India tak akan membocorkan rahasia Yakhont.

        • Bung AD, jangan-jangan India ngambek duluan gara-gara project nya dengan Rusia masih seret .. πŸ™‚
          Apapun, yang terpenting antisipasi kekuatan kita sendiri dengan perkembangan-perkembangan semacam itu.
          Salam

  9. lagi promo nih zionis

  10. Singapore bakal beli tuh..

  11. BeLum batLe proven , hanya gosip semata ga’ ada pernah diLihatin di YOUTUBE , tapi kaLau terbukti dia batLe provem Layak di akusisi seperti teknoLogi LAVI yg di berikan kita he he he Berharap mode on πŸ™‚

  12. Promosi iklan produk Israel..

  13. mhhhh promosi2 aja blm terbukti

  14. Sales senjata produk israel….

    Cintailah ploduk ploduk Indonesia…

  15. Propaganda israel, jgn percaya

  16. Ancaman serius buat Yakhnot,

  17. klo konsisten cinta produksi indonesia kenapa msh beli alutsista asing hehe

  18. virus saja berkembang,apalagi yg nm nya tehnologi,pst akan sllu diikuti inovasi dan penemuan baru,yakhont slh satu rudal yg disegani didunia jd kmngknan ditemukan antidotnya adalah suatu keniscayaan.produk lokal mmng yg seharusnya jd unggulan kelak,krn yg meracik sndr tau sprt apa kemampuan dan kelemahanya,jd tggu saja kiprah dr rudal2 buatan NKRI.hehe…

  19. klo mmg mereka hebat kenapa kita harus membantahnya,seharusnya kita bs belajar dr israel bgmn mereka bs membangun sebuah negara kecil yg kuat dan disegani negara2 besar..bgmn israel sebuah negara kecil dgn jumlah penduduk cm 1/2 dr penduduk jakarta,tp mereka mampu menciptakan teknologi2 tinggi khisusnya alutsista

  20. boleh minta link beritanya

  21. Namanya rudal borak.., disini udh dr dulu banyak yg gunain bwt ngawetin mknn.

    Israel br skrg ngerasain nikmatnya borak, kalah jauuuhh ama kita.

  22. KRI OWA yang ngluncurin Yakhont dipake buat video Yakhont Syria Against Israel.

  23. Itu pernyataan dari hasil uji coba yang dipolitisir, sebagai propaganda untuk menghambat penyebaran rudal yakhont khususnya di negara2 yg menentang israel !!!

  24. Rudal borax? Pancing dulu dgn beberapa decoy pasti kelabakan nih barang ngendu yakhont…Kagak moncer nih barang… :mrgreen:

  25. Menurut saya yang diujicoba itu rudal bramos..kembaran yakhort…karena israin kerjasama dengan india…memang intelejen israil pintar membujuk..sampai india mau meminjamkan teknologi strategisnya…yang menyakiti rusia sebagai patner pengembangan rudal bramos…makanya rusia agak enggan menyerahkan teknologi PAK T50 ke india…takut dihianati lagi…

    • Menurut saya yang diujicoba itu rudal bramos..kembaran yakhort…karena israin kerjasama dengan india
      ========================
      Sependapat dengan Bung @NKRI. Tidak sulit mencari beritanya: Sukhoi, BMP, dll milik India juga “dibedah” dan diupgrade oleh Israel.

  26. Rudal Barak 8 Sergap Yakhont ???

    no photo no video no link : HOAX :mrgreen:

  27. Atas kehebatan2 Israel yg selalu mmbuat kejutan ini….Hmmm…sy NO COMMENT…

  28. cuma propaganda israel saja…..seperti iron dome cuma nama besar

  29. saya yakin papa rusky lg ngembangin rudal yg baru lg πŸ˜‰

  30. akhirnya ada juga anti-dotnya yankhot…..ayo rudal lapan kapan nih…

  31. la wong gak ada buktinya kok gembar gembor…. ktanya rahasia…indonesia juga bisaa…. Malah pesawat hercules dapat menembakkan rudal yankhot….

    mules.com wkkwkkwk πŸ˜€

  32. Gitu aja kok repot. Yakhont ada anti dotnya ya beli Iskander.

  33. Negara yang telah memiliki rudal yakhont salah satunya Indonesia. Terlepas Barak 8 mampu menangkal Yakhont atau Brahmos, terpenting adalah pengetahuan kita mengenai rudal ini yang akan digunakan India untuk melindungi Kapal perangnya dari serangan Yakhont. Adakah yang mampu menganalisa perbandingan keduanya dari sisi teknisnya?

  34. wow. pasti ggal nih rudal borak. sma roket hamas juga takut. apalagi rudal yakhont. coba deh pejuang hamas dikasih rudal yakhont, supaya rudal borak nya batle provn

  35. Ocehan sales senjata sebagai penutup malu karena kalah perang dgn hamas untuk menggangkat moril pasukan.

    • klo di palestina/gaza nggak ada penduduk sipil,sdh dr dulu diratakan sm israel..tp hamas berperang kan dgn bersembunyi diantara penduduk sipil…klo mmg israel nggak di segani,mengapa tak satupun negara2 arab mampu melawannya..
      saya bkn pro israel krn saya jg tdk suka dgn tindakan2nya

      • Israel = USA, alutsista negara arab buatan asu cs, mana berani pemerintahan arab sama tuannya… tapi ingat pemerintah arab beda dgn rakyat arab dari sudut pandang mereka terhadap asu dan israel

      • Setiap perang akan menyesuaikan dengan kondisi. Selain itu, perang akan membawa kesengsaraan. Saya rasa model perang frontal masif misalnya, akan makin cenderung dihindari. Jaman berubah. Bahkan perang melalui jalan ekonomi misalnya juga bisa dilakukan untuk melengkapi strategi-strategi perang lain yang dipakai.
        Saya lihat karena secara militer Israel tak lepas dari faktor Amerika yang memang kuat, maka model perangnya menyesuaikan dengan fakta itu. imho

  36. Sebaiknya berita seperti ini harus bisa membuat Indonesia untuk bisa mempelajari dan menciptakan teknologi yang lebih maju. Bukan malah kita berkomentar yang negatif atau ngebully negara lain. Jangan sampai kita terjatuh karena memiliki sikap mental yang salah. Yaitu sinis ketika mendengar keberhasilan negara lain, sementara kita sendiri selama ini belum berhasil…

    • duh..ini koment mantep,saya setuju buangeet…singkat tp tepat sasaran..no sepatu nya brp brother hehe

      • hubungan apo to…ama no sepatu?

        • Mungkin hubungan nya bila kita sinis dengan negara lain sementara kita belum mampu atau berhasil seperti yg dikatakan bung sevan, bung frans ingin menegaskan agar langkah kaki kita tidak salah melangkah dalam menentukan arah tujuan, bila kaki kita merasa nyaman tidak bermasalah dengan alas kaki maka semakin nyaman pula kita menentukan arah tujuan.

          Karena kata teman saya seorang psikolog, semakin kita nyaman dengan langkah kita semakin mudah kita menemukan keberhasilan selain lingkungan yg positif tentunya dimana karakter individu dibentuk. πŸ™‚

  37. tni bisa beli rudal ini dari india ato pilipin dll untuk nangkis brahmos malon yg mo dipasang di su30 mkm nya …

  38. Kemarin iron dome bisa dikadali roket hamas yang sudah diselipi teknologi pengacau rudal…
    duniamiliterterkini.blogspot.com/2014/07/roket-roket-brigade-al-qassam-ternyata.html
    mungkin kita bisa belajar dr roket hamas untuk diterapkan di yakhont atau roket buatan dalam negeri…

  39. no picture & video is hoax

  40. zionis raja hoax

  41. AEW Israel siap mata udara dan perkuat pertahanan Indonesia.

    https://www.youtube.com/watch?v=Zo27rnB652o

    Semoga jd tonggak ‘brotherhood relationship” INDONESIA-ISRAEL

  42. belum100% fix….infonya itu baru tes awal.keberhasilan suatu TES di hitung dari berapa banyak hasil yang di capai. misal dari 100 Yakhont KW1 berapa banyak atau persen yang bisa kena intersept barack 8. ingat kasus roket hamas,the best intersept iron dome cuma 90%. artinya 10% masih loolos

  43. belum terbukti kalau israel perang dgn rusia dan israel mampu sergap bertubi tubi nih yankhot baru ane percaya. buatan manusia pasti selalu ada kelemahanya

  44. Yonhap + fransiscus= kaki tangan yahudi…membentuk opini untuk minimal tdk mengutuk israhell,syukur2 bersekutu dg mereka….hidup Palestina hidup NKRI

  45. ane masih blum percaya info diatas,.. krn data penunjang info diatas masih minim… tapi kalau kehebatan yakhont, sudah jelas.

  46. Palestine tanpa penduduk sipil di bumi ratakan oleh israel???
    Di situ ada masjidil Aqsa ,bung. Salah satu qiblat umat Islam..,boleh jg serang Aqsa sih klo mau menyeret Indonesia terlibat,secara spiritual mayoritas ada ikatan dgn palestine,secara negara jg tindakan israel bertentangan dengan nilai2/prinsip2 dasar kebangsaan Indonesia.
    Lha,kalo israel g di support ma Asu+british apa masih bercokol di timteng????

  47. YONHAP KOWE SOPO? YONHAP KOWE SOPO?

  48. Ga tahu knapa ga percaya banget sama brita ini, kesanya jadi berita aneh nan dipaksakan gt dch…

  49. @ Bung Jalo, perkembangan pembuatan roket dan peluru kendali kita bagaimana sampai sejauh ini. Saya selalu memikirkan perkembangan teknologi alutsista yang satu ini di tanah air, karena sangat strategis dan potential di negara kita yang terdiri dari ribuan pulau.

    Daripada deploy pasukan yang responnya butuh lama lebih baik alutsista ini di deploy di pulau2 kita untuk menjaga tanah air kita. Daripada membahas roket dari negara lain lebih baik mencari cara untuk mengembangkan roket di dalam negeri. Syukur2 bisa mengembangkan roket balistik sehingga nilai strategisnya bertambah dlm memperkuat kedudukan dan diplomasi kita di kawasan.

  50. moncer nih barang… tni wajib punya….. makin bangga sama israel

 Leave a Reply