Jun 022016
 

India dan Rusia sepakat untuk mengekspor rudal jelajah anti-kapal tercepat di dunia, BrahMos, ke negara ketiga – UAE, Vietnam, Afrika Selatan dan Chile, ujar juru bicara BrahMos Aerospace, Praveen Pathak, kepada kantor berita TASS.

“Beberapa perubahan struktural dibuat dalam kebijakan ekspor pertahanan dan telah membawa hasil. Sejauh ini penjualan rudal BrahMos dibicarakan dengan negara-negara seperti UEA, Chili, Afrika Selatan dan Vietnam yang berada pada tahap serius,” katanya.

“Pembicaraan penjualan rudal ini termasuk ke Filipina, Korea Selatan, Aljazair, Yunani, Malaysia, Thailand, Mesir, Singapura, Venezuela dan Bulgaria yang kini telah masuk ke tingkat berikutnya ,” ujarnya.

“Dalam kasus Vietnam, Cina telah menyatakan keberatannya terhadap kebijakan India untuk memasok senjata ke Vietnam. Di Laut Cina Selatan, Cina dan Vietnam terkunci dalam konflik batas maritim. Kami berharap bahwa negara-negara yang dekat dengan India atau Rusia yang memiliki konflik akan tertarik untuk membeli rudal tersebut, “katanya.

BrahMos dikembangkan bersama oleh DRDO India dan NPOM Rusia, yang pada tahun 1998 mendirikan perusahaan BrahMos Aerospace. Nama BrahMos terbentuk dari nama dua sungai, Brahmaputra di India dan Moskva di Rusia.

Brahmos-missile

BrahMos merupakan rudal supersonik kecepatan Mach 3. Sebuah model upgrade kini mampu mencapai Mach 6 speed dan saat ini sedang diuji. Menurut BrahMos Aerospace, rudal ini memiliki jarak terbang hingga 290 km dengan kecepatan supersonik di semua jalur penerbangannya, yang menyebabkan waktu penerbangan yang lebih pendek, akibatnya memastikan waktu mencapai target lebih cepat, dan kemampuan non-intersepsi oleh berbagai sistem senjata yang kini ada di dunia.

Kekuatan destruktifnya meningkat karena energi kinetik yang besar saat tumbukan dengan sasaran. ketinggian jelajah bisa sampai 15 km dan ketinggian terminal serendah 10 meter. Rudal ini membawa hulu ledak konvensional seberat 200 sampai 300 kg.

Dibandingkan rudal jelajah subsonik yang ada, BrahMos memiliki: velocity 3 kali lebih besar, jangkauan oenerbangan 2,5 sampai 3 kali lebih besar, 3 sampai 4 kali seeker range, 9 kali energy kinetik yang lebih besar. Rudal itu memiliki konfigurasi untuk daratan, platform laut dan sub-laut dan menggunakan Transportasi Launch Canister (TLC) untuk transportasi, penyimpanan dan peluncuran

TASS.ru

 Posted by on Juni 2, 2016