Rudal BrahMos ER Berhasil Uji Tembak

Sebagai bagian dari kerja keras meningkatkan kemampuan, tonggak utama telah dicapai pada 11 Maret 2017 ketika versi yang disempurnakan dari rudal jelajah supersonik BrahMos dengan Jangkauan Diperpanjang (ER – Extended Range) telah berhasil di uji tembak dari Integrated Test Range (ITR) di Chandipur, Balasore, lepas pantai Odisha.

Uji tembak perdana rudal Brahmos ER. (© Brahmos Aerospace)

Pertama dalam sejarah, sistem rudal tangguh ini sekali lagi membuktikan keberanian untuk tepat mencapai target dari jarak jauh, lebih jauh dari 290 km (kemampuan BrahMos saat ini), dengan kecepatan supersonik 2,8 Mach.

Selama peluncuran pada pukul 11:30 waktu setempat, rudal versi serangan darat dari sistem rudal jelajah supersonik bertemu dengan parameter misinya secara copybook. Itu adalah peluncuran berdasarkan buku panduan yang mencapai hasil 100%, dieksekusi dengan presisi tinggi dari Mobile Autonomous Launcher (MAL) yang dikerahkan dalam konfigurasi penuh.

Sistem persenjataan BrahMos yang unik telah mampu memberdayakan ketiga matra Angkatan Bersenjata India dengan kemampuan serangan anti kapal & darat yang sempurna.

Upgrade teknologi datang setelah keanggotaan penuh India untuk Missile Technology Control Regime (MTCR), yang menghapus batasan pada jangkauan jelajah rudal BrahMos.

“Dengan uji penembakan yang sukses dari rudal BrahMos-ER, maka Angkatan Bersenjata India akan mampu untuk merobohkan target yang jauhnya diatas 400 km. BrahMos telah membuktikan kehebatannya sekali lagi sebagai sistem rudal jelajah supersonik terbaik di dunia”, menurut Dr. Sudhir Mishra, CEO & MD dari BrahMos Aerospace, dari situs peluncuran.

Dr. S. Christopher mengucapkan selamat kepada tim BrahMos, ilmuwan DRDO & NPOM yang terlibat dalam suksesnya misi hari ini.

Peluncuran tersebut disaksikan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Dirjen Artileri, Komandan Korps dan banyak perwira senior lainnya dari Angkatan Darat India. Direktur Proyek BrahMos Mr. VSN Murthy dan Direktur Program Mr. Dasharath Ram bersama dengan pejabat senior lainnya dari DRDO & BrahMos juga hadir saat peluncuran.

BrahMos adalah perusahaan patungan antara DRDO dari India dan NPOM Rusia.

Navy Recognition