Rudal BVR Dual-Mode Taiwan Akan Dilengkapi Seeker IR Periskopik

1484
Rudal supersonic RIM-116 Rolling Airframe Missile buatan Raytheon © US Navy via Raytheon

JakartaGreater.com – Sebuah makalah yang muncul pada situs FX361.com, telah memperkenalkan aplikasi pencari atau “seeker” dual-mode radar/inframerah untuk senjata berpemandu buatan domestik dan asing dalam beberapa tahun terakhir.

Makalah tersebut menganalisis prospek aplikasi teknologi pencari ganda Radar/IR pada rudal udara-ke-udara dan mengusulkan agar itu terintegrasi dalam generasi berikutnya dari rudal udara-ke-udara Taiwan.

Makalah ini yakin bahwa teknologi seeker dual-mode Radar/IR akan sangat penting untuk dapat meningkatkan kinerja anti-stealth dan anti-jamming dari rudal udara-ke-udara.

Para pejuang utama AS di medan tempur masa depan, seperti F-22 AS dan F-35, memiliki kemampuan siluman yang lebih baik dan kemampuan interferensi elektronik komprehensif.

Jet tempur siluman F-35 (atas) dan F-22 (bawah) © US Air Force via Wikimedia Commons

Secara khusus, teknologi interferensi sekarang berkembang pesat dan umumnya dilengkapi pada pejuang generasi ketiga dan keempat. Dengan sebuah terobosan teknologi utama, seperti teknologi interferensi penyimpanan frekuensi radio digital mini (DRFM), perangkat interferensi elektronika udara terbaru dengan cepat dapat meningkatkan ancaman rudal udara-ke-udara dipandu radar yang kini merupakan peralatan utama untuk pertempuran udara.

Oleh karena itu, rudal udara-ke-udara next-gen akan mengedepankan persyaratan yang lebih tinggi bagi teknologi seeker, termasuk:

  • Kemampuan anti-siluman dan kinerja deteksi yang komprehensif
  • Kemampuan anti-interferensi untuk secara efektif menolak berbagai komposit baru dan komposit pengganggu.

Karena panduan radar dan panduan inframerah (IR) saling melengkapi, baik dalam sistem kerja (biasanya radar aktif/semi-aktif, inframerah pasif), maka itu memiliki distribusi yang luas di pita kerja (tak mudah digunakan oleh musuh di pita kerja).

Jet tempur Rafale Prancis dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara jarak jauh Meteor buatan MBDA © Ministry of Armed Forces

Pada saat yang sama, pencari dual-mode radar/inframerah adalah metode utama untuk pengembangan teknologi panduan multi-mode komposit domestik dan di luar negeri.

Saat ini, seeker dual-mode radar/inframerah telah diterapkan dalam bidang rudal udara-ke-permukaan (AGM), rudal permukaan-ke-udara (SAM) dan pencegat anti-rudal. Dalam bidang rudal udara-ke-udara (AAM), meskipun ada banyak pekerjaan penelitian telah dilakukan, itu dibatasi oleh banyak faktor seperti volume dan juga berat rudal, adegan target yang kompleks termasuk tugas-tugas operasional yang beragam. Sejauh ini, belum ada perakitan peralatan yang sebenarnya untuk rudal AAM dual-mode tersebut.

Untuk makalah lengkap dapat anda baca disini.