Sep 182014
 

image

Alabama 18/09/2014. US Army memesan lebih dari seribu rudal Hellfire II buatan AS, untuk Pemerintah: Irak, Yordania, Indonesia, Arab Saudi dan Qatar.

Pejabat Angkatan Darat di Redstone Arsenal, mengumumkan kontrak pembuatan hellfire system seharga 68,7 juta USD untuk produksi rudal 1361 unit dengan jenis: Hellfire II AGM-114R, AGM-114R-3, AGM-114P-4A, TGM M36E7 dan ATM-114Q-6.

Rudal ini akan dijual ke militer asing: Irak, Yordania, Indonesia, Arab Saudi dan Qatar. AGM-114R merupakan versi terbaru dari rudal Hellfire II.

Hellfire System adalah produk Lockheed Martin Corp dan AGM-144R merupakan varian terbaru yang dilengkapi pencari laser semi-aktif untuk menghancurkan berbagai jenis target. Rudal Hellfire 114R dapat diluncurkan dari beberapa jenis pesawat sayap tetap dan helikopter, kapal permukaan, dan kendaraan darat militer.

Hellfires juga rudal pilihan untuk beberapa jenis kendaraan udara tak berawak (UAV): seperti MQ-1B Predator, MQ-9 Reaper, dan MQ-1C Abu-abu Elang. Rudal ini juga akan dipasang di helikopter tak berawak militer AS.

Rudal 114R Hellfire II Romeo telah menggunakan fragmentasi hulu ledak terintegrasi untuk menghancurkan target yang sebelumnya dibutuhkan beberapa rudal hellfire (varian lama) untuk menghancurkannya.

Rudal ini dapat mencari target secara mandiri atau dengan designators laser jarak jauh. Rudal ini memiliki tiga sumbu satuan pengukuran inersia untuk memungkinkannya menyerang target dari samping dan belakang.

AGM-114R dapat diluncurkan dari ketinggian yang lebih tinggi dari varian sebelumnya karena kemampuan guidance dan navigasinya telah ditingkatkan. Dengan hulu ledak multi-tujuan, rudal dapat menghancurkan target keras, lembut, dan tertutup.

hellfire1.jpg

Awalnya rudal ini dikembangkan sebagai rudal anti-tank untuk helikopter serang Apache AH-64 Angkatan Darat AS. Rudal Hellfire telah menjadi salah satu amunisi AS paling serbaguna, karena bisa ditembakan dari pesawat sayap tetap, helikopter, UAV, Kapal permukaan, dan situs berbasis darat.

AGM-114R akan dipandu oleh cahaya yang dipantulkan dari penanda laser dan bersifat senjata dengan radar fire-and-forget. Rudal Hellfire memiliki berat 106 pound, dengan varian hulu ledak tinggi yang dirancang untuk menghancurkan tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Adapun ledakan versi fragmentasi dirancang untuk menghancurkan truk, antena/radar, konsentrasi pasukan musuh, dan sasaran lunak lainnya.

Pengembangan rudal Hellfire AGM-114R menjadi diperlukan setelah Pentagon membatalkan proyek Joint Common Missile (JCM), yang tadinya untuk menggantikan Hellfire, serta rudal udara ke darat AGM-65 Maverick.

Pada kontrak ini Hellfire Systems LLC akan dikerjakan di Lockheed Martin Corp. Adapun Missiles dan Fire Control di Orlando – Florida dan selesai November 2016. (militaryaerospace.com).

  82 Responses to “Rudal Hellfire II AGM-114R Indonesia”

  1. Ajib

  2. Malam jumat…!!!

  3. mantap ya..

  4. sepiiii…
    akhirnya 3 BESAR..

  5. Bahasa-nya ancurr. Mendingan dikasih link asli sekalian, Bung Diego.

    • wah sepertinya udah tata bahasa indonesia bangku sekolah / baku.

      mungkin vehicle (pada UAV) lebih pas diterjemahkan dengan wahana daripada kendaraan…

      • “…Ahli rudal US Army memesan lebih dari seribu rudal Hellfire II buatan AS…” – ahli rudal US army yg memesan rudal..? Pasti maksudnya ” mendapatkan lebih dari seribu” pesanan rudal.

        “..Hellfire Sistem adalah produk perusahaan Lockheed Martin Corp” mungkin maksudnya “Hellfire system is a product of Lockheed Martin Corp”

        Agak rancu, Bung πŸ˜€

        Maaf, mungkin tidak semua harus diterjemahan secara harfiah agar tidak makin membingungkan.

  6. di pasang di drone πŸ˜€

  7. Hadir. .

  8. ga panas sonora n si upil

  9. Lanjut

  10. mantap…

  11. sebenarnya kita beli rudal ini untuk,dipakai dimana bung diego? apakah untuk si “Indian” kah. Matur nuwun

  12. beli brp biji & dipasang dimana ja ya?

  13. Pasang berita konfirmasi lontong kita lebih dari dua saja, ben rame, iki lho petikan isinya :

    Dialog tentang Pengamanan Perbatasan di Tanjung Datok Kalimantan Barat.

    Yang menjadi pertanyaan mengapa kapal perang Malaysia terkesan kabur saat didekati oleh kapal perang Indonesia? bukankah dulu mereka menampilkan sikap arogansi saat sengketa di Karang Unarang (Ambalat) yang membuat harga diri bangsa kita benar-benar dipandang sebelah mata oleh Malaysia. Menurut kabar dari TKP di perairan Tanjung Datok, ternyata kapten kapal Malaysia Fauzi mengidentifikasi ada beberapa kekuatan bawah laut dari pihak TNI AL yang ternyata diam-diam telah mengepung mereka, bahkan kontak dari kapten kapal kepada petinggi TLDM ternyata sia-sia karena kekuatan tidak terlihat dari pihak Indonesia telah mengintercept komunikasi mereka, wow…pantas ia kabur dengan terburu-buru.

    http://www.kodam-tanjungpura.mil.id/index.php/list-utama/1769-pengamanan-perbatasan-di-tanjung-datok-kalimantan-barat

    Piye πŸ˜€
    Website Kodam lho itu, bukan blog!

  14. ijin nyimak

  15. Ijin melintas, dgn tucano..

    Klompencapir lg ahh..

  16. Butuh pencerahan: “Apa hebatnya rudal yg hanya memiliki jarak jangkau di bawah 10 km…???

    #EdisiMenantiPencerahan

  17. Mau tanya bung, rudal hellfire itu fungsinya untuk apa ya, memburu logam yang telah dibidik dan terkena tanda laser atau dapat juga memburu panas? Terima kasih.

  18. Waratte naite utatte hana ni nare.

  19. Kemungkinan besar untuk Rudal Hellfire II AGM-114R akan datang 1 paket dengan Heli Apache tahun 2015..

  20. Rudal ini untuk apa dan ditaruh dimana?….

    Pasti pembelian ini menggunakan syarat yg berbelit2, dan hanya boleh digunakan di area natuna, iyo tho ayo ngaku-ngaku πŸ˜€

  21. RRC jago utak atik aku yakin indonesia juga jago utak atik buktinya bisa buat senjata rakitan ayo utak atik tuh hellfire bedah sekalian buat kw 2 nya hehe….maaf pendapat tukang siomay….peace

  22. kayaknya natuna lebih banyak di tempati produk2 USA, untuk membendung cina…termasuk rudal ini dan apache…

  23. sakporeeee

  24. Kita tunggu aja kiprahnya rudal ini akan ditempatkan dimana ?
    Walaupun feeling nya di Natuna …
    Wait and see aja dulu …
    Tunggu babarannya …

  25. Test

  26. makin bertaji……………

  27. Kabar soviet anti tank series apa kbr nya ya? Apa masih dipake? Kang Swagger,Mas Snapper yg pernah di akusisi ratusan unit saat Trikora! Dan di hibahkan saat perang Indo-Pakistan.

    Welcome hellfire 2.. lumayan untuk anak2 infantri & infantri mekanis punya mainan baru selain RPG 7 Termobarik, NLAW..hehehe.

    @bung Diego,request artikel mengenai alutsista yg terlupakan dong.. semisal si Badger & si Beagle. Soalnya tahun lalu majalah militer perancis.pernah liputan IWJ khusus utk melihat lsg sil Badger, konon msh ada 2gudang Sucad & munisi nya.

  28. hadir

  29. Lha orang prancis tau kita kok enggak dikasih tahu maksudnya apa yah?

  30. Anak Pahang, PASKAL satu satunya pasukan elit yang nangis di suruh berenang nyebrang selat madura, sama pingsan saat upacara keh..keh..keh…keh..satu satunya pilot di dunia yang eject di hanggar, kalo scorpene nya masih belum bisa nyelem sini tak bantu di sabotase sedikit bikin lubang kecil biar bisa nyelem ke dasar…..

  31. Menurut saya pulau natuna ngak pantes dijaga ma apache
    kasih aja yakhont platform darat & kapal patroli
    apache pantesnya taroh perbatasan yang daratannya menyatu sama negara lain kayak kalimantan or papua
    kan bisa dijadiin pelindung iring2 lapis baja

  32. ini dipakai d apache tni ad ya?

  33. ane kagak abis pikir, kite mao aje di atur2 oleh ASu, …….!!!!!!!!!!!!
    beli alutsista dr ASu ( dgn harga selangit tp kemampuannya di down grade ) itu pun dilarang digunakan di anu anu ditambah dgn banyaknya syarat-syarat lain, yang lebih parahnya lagi, justru pembelian alutsista dr ASu tsb, sebenarnya adalah untuk “kepentingan” ASu .

 Leave a Reply