Rudal Hipersonik Tsirkon Hantam Sasaran Jarak 350 Km

Admiral Gorshkov frigate

JakartaGreater – Kapal fregat Admiral Gorshkov Project 22350 berhasil melakukan uji coba peluncuran Rudal Hipersonik Tsirkon (Zircon) dari Laut Putih menuju tempat sasaran di Wilayah Arkhangelsk Utara, ujar Kementerian Pertahanan Rusia, hari Jumat, 11-12-2020.

Rudal Tsirkon berhasil menghantam sasaran pantai pada jarak lebih dari 350 km.  “The Project 22350 frigate Admiral Gorshkov test menembakkan Rudal jelajah Hipersonik Tsirkon dari Laut Putih terhadap target di tempat pembuktian Chizha di Wilayah Arkhangelsk,” kata pernyataan itu.”Rudal itu terbang dengan kecepatan lebih dari Mach 8,” katanya, dirilis TASS.

Rudal Hipersonik Tsirkon telah diuji coba sebagai bagian dari uji coba senjata baru. Pasukan pangkalan Angkatan Laut Belomorsk Armada Utara menutup area uji tembak, kata kementerian itu.

Sebelum itu, tes penembakan rudal Zircon Hipersonik dengan fregat Gorshkov berlangsung pada awal Oktober dan November 2020. Rudal yang diluncurkan dari Laut Putih menghantam target laut di Laut Barents. Tsirkon mengembangkan kecepatan Mach 8 dan naik ke ketinggian 28 km.

Peluncuran uji coba berikutnya berlangsung pada bulan November. Sebuah Rudal Tsirkon berhasil mencapai target laut pada jarak 450 km, mengembangkan kecepatan lebih dari Mach 8.

Rudal Hipersonik Tsirkon

Pada Februari 2011, Wakil Menteri Pertahanan Vladimir Popovkin mengumumkan rencana untuk mengembangkan sistem lintas kapal Tsirkon dengan Rudal Hipersonik. Menurut laporan media, uji terbang Rudal tersebut dimulai pada 2015.

Dalam Pidato Kenegaraannya kepada Majelis Federal pada Februari 2019, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa pengerjaan Rudal Hipersonik Tsirkon berjalan sesuai jadwal. Seperti yang dikatakan pemimpin Rusia, Tsirkon mampu mengembangkan kecepatan sekitar Mach 9 dan kemampuan jangkauan serangnya bisa melebihi 1.000 km.

Pemimpin Rusia itu juga mengatakan bahwa Tsirkon dapat menyerang target laut dan darat. Putin merinci pada saat ada rencana untuk menyebarkan Tsirkon pada kapal permukaan dan kapal selam yang diproduksi secara serial, termasuk kapal perang yang dibangun atau sedang dibangun untuk Rudal jelajah Kalibr.

Rusia menggunakan peluncur lintas kapal universal 3S-14 untuk peluncuran senjata Hipersonik Tsirkon dan Rudal jelajah Kalibr. Peluncur ini, khususnya, beroperasi pada fregat Proyek 22350 Angkatan Laut Rusia dan korvet Proyek 20380.

1 thought on “Rudal Hipersonik Tsirkon Hantam Sasaran Jarak 350 Km”

  1. Jika kecepatannya mach 8 dan jangkauannya lebih dr 1000 Km. Berarti jika target berada di jarak 1000 Km, membutuhkan waktu 7 menit utk menghantam target.
    Artinya dng kecepatan 3 Km/dtk, pertahanan udara apa yg dibantu panduan satelit yg dpt merontokkan rudal tersebut.?

Leave a Reply