Rudal Houthi Kembali Serang Kapal Perang AS

Kapal Perang milik Amerika Serikat USS Mason kembali menjadi sasaran rudal pemberontak Houthi di Yaman, Rabu (12/10). Pemberontak Houthi menembakkan rudal sebanyak dua kali, ketika USS Mason berada di Laut Merah.

Pemerintah AS mengaku berupaya untuk menghindari konflik di Yaman, namun ini adalah peristiwa kali kedua. Sebelumnya pada 9 Oktober, pemberontak Houthi juga merudal kapal perang AS. Untuk itu Kementerian Pertahanan AS sedang mempertimbangkan serangan balasan terhadap pemberontak Houthi.

“Mereka yang mengancam pasukan kami seharusnya sadar bahwa komandan AS tetap memiliki hak untuk mempertahankan kapalnya. Kami akan merespons ancaman ini di waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat,” tegas Juru Bicara Pentagon, Peter Cook, dikutip dari New York Times, Kamis (13/10/2016).

Saat kejadian, USS Mason langsung merespon serangan tersebut dengan tembakan pertahanan dan membuat rudal tersebut tenggelam. Hingga kini pihak Houthi belum memberikan tanggapan terkait dua serangan terhadap kapal perang AS tersebut.

Tinggalkan komentar