Rudal Jelajah Mini Air to Gorund F-35B Inggris

rudal spear3 mbda

JakartaGreater   –  Departemen Pertahanan Inggris telah menandatangani kontrak untuk memasok Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dengan Rudal Spear 3.

Departemen Pertahanan Inggris telah menandatangani kontrak dengan MBDA, untuk melengkapi pesawat tempur F-35B Angkatan Udara Kerajaan Inggris  dengan Rudal Spear 3 generasi ketiga.

Kontrak tersebut, senilai £ 550 juta (sekitar $ 750 juta), akan menyediakan senjata baru pada tahun 2025, menurut Blog Pertahanan, dirilis Sputniknews.com, 8-1-2021.

“Pengembangan Rudal generasi mendatang ini akan memungkinkan kami melindungi personel dan aset kami di darat, dari ribuan meter di atas langit,” kata Menteri Pertahanan Jeremy Quin seperti dikutip dari Blog Pertahanan Inggris.

spear 3 rudal

Rusal SPEAR3 (@MBDA – @DefenceES)

“Komitmen kami terhadap sistem ini akan mengamankan ratusan pekerjaan yang sangat terampil di seluruh Inggris dan menampilkan teknologi dan keahlian senjata Inggris di panggung dunia.”

Kontrak tersebut adalah yang ke-3 dalam sejarah Rudal Spear 3. Pada tahun 2016, MVDA menandatangani perjanjian untuk mengembangkan Rudal tersebut.

Pada 2019, kesepakatan £ 411 juta tercapai, dan Rudal Spear 3 diintegrasikan ke dalam sistem kendali tembakan pesawat tempur F-35.

Menurut pejabat militer Inggris, misil mini Spear 3 juga dapat digunakan oleh pesawat tempur Eurofighter Typhoon. Rudal SPEAR memiliki panjang 180 cm dan memiliki jangkauan lebih dari 140 kilometer.

Kemampuan SPEAR

SPEAR adalah rudal jelajah mimi yang akan menjadi senjata serang utama jarak menengah hingga jarak jauhdari pesawat tempur F-35B Inggris.

Rudal ini memungkinkan pesawat untuk mengalahkan target yang tangguh seperti sistem pertahanan udara jarak jauh bergerak pada rentang di atas cakrawala dalam segala cuaca dan lingkungan yang sangat diperebutkan.

Rudal ini akan menjadi senjata utama Air to Ground F-35B Inggris.

Leave a Reply