Jan 212019
 

Rudal jelajah anti-kapal (ASCM) Zarb buatan Pakistan © Pakistan Navy

JakartaGreater.com – Angkatan Laut Pakistan telah berhasil melakukan pengujian tembak langsung untuk sistem rudal jelajah anti-kapal Zarb berbasis-darat, yang disebut sebagai Sistem Senjata Zarb, selama Latihan Sea Lion III awal tahun ini, seprti dilansir dari laman Asia Military Review.

Salah satu gambar pertama dari sistem rudal Zarb dirilis oleh Angkatan Laut Pakistan, yang menunjukkan rudal jelajah anti-kapal (ASCM) diluncurkan dari kendaraan TEL beroda 8 di Pangkalan Angkatan Laut Jinnah di Ormara, Provinsi Balochistan.

Angkatan Laut Pakistan mengatakan bahwa rudal tersebut dioperasikan oleh Resimen Rudal Angkatan Laut dibawah Komando Pasukan Strategis Angkatan Laut Pakistan, dan berhasil mengenai sasaran yang dituju. Tapi tidak mengungkapkan kemampuan senjata terbarunya.

Rudal yang ditunjuk dalam gambar itu tampak sangat mirip dengan rudal C-602 China, yang merupakan varian ekspor YJ-62 domestik yang digunakan oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Rudal jelajah anti-kapal (ASCM) Zarb buatan Pakistan © Asian Military Review

C-602 adalah varian rudal anti-kapal dan serang darat jarak menengah, yang secara aktif di pasarkan oleh China National Precision Manufacturing Import & Export Corporation, secara internasional memiliki jangkauan maksimum 280 km. Rudal ini membawa hulu ledak semi-armor-piercing 300 kg dengan daya ledak tinggi untuk memastikan bahwa muatan meledak di dalam targetnya dengan potensi kerusakan maksimum.

Kendaraan TEL diatas terlihat menembakkan rudal jelajah anti-kapal Zarb dengan tiga unit kontainer peluncur dan juga secara visual identik dengan sistem pertahanan pesisir mobile PLJ YJ-62. Kendaraan ini memiliki kabin depan, kabin komando belakang terpisah, sistem pembangkit listrik, dan platform peluncur yang membawa ketiga unit peluncur rudal.

Kanister peluncur C-802 pada fregat PNS Saif, Angkatan Laut Pakistan. © MRhk111 Wikimedia Commons

Rudal yang sama juga dapat ditemukan pada kapal perusak kelas Luyang II Type-052C PLA, yang mengindikasikan potensi integrasi rudal tersebut dimasa depan dengan kapal Angkatan Laut Pakistan.

Pakistan juga secara aktif mengejar rudal jelajah anti-kapal yang dikembangkan secara lokal, dan melakukan uji coba penembakkan rudal jelajah ‘Harba’ baru dari PNS Himmat, salah satu kapal serang cepat kelas terbaru Angkatan Laut Pakistan, yaitu Azmat.