May 182012
 

Rudal Kh-319 atau AS 17 Krypton TNI

Indonesia terus memperkuat sistem rudalnya, baik untuk anti kapal permukaan, anti pesawat terbang serta anti-radar atau sistem pertahanan udara musuh.

Salah satu yang mumpuni adalah rudal KH 31P atau yang populer disebut
AS-17C Krypton.

AS-17C Krypton

Tahun 2012 ini Indonesia mendatangkan KH-31P / AS-17C Krypton buatan Rusia. Pada awalnya, rudal AS-17C Krypton ini, diciptakan sebagai jawaban atas munculnya sistem pertahanan udara Patriot Amerika Serikat.

Rudal AS 17 Kripton Indonesia


Rudal AS-17C Krypton dirancang untuk melumpuhkan sistem pertahanan musuh. Untuk itu ia didisain memiliki kecepatan sangat tinggi, mampu terbang jauh, anti-radar dan bisa mematikan penjejaknya saat diserang.

Untuk mendapatkan kecepatan yang sangat tinggi, rudal Rudal Kh-31P didorong oleh 5 roket booster dan ramjet yang dipadukan dalam dual roket pendorong. Bentuknya mirip wahana antariksa Rusia, karena memang didisain oleh biro disain Soyuz di Turayevo.

Saat meluncur, pada tahap awal misil ini berakselerasi dengan mesin roket untuk mendapatkan kecepatan 1,8 Mach. Setelah itu mesin pendorong pertama dilepas untuk digantikan 4 mesin jet pendorong, demi mencapai kecepatan 5 Mach.

Kecepatan tinggi rudal ini berguna untuk mengurangi resiko tertembak, karena dia harus menerobos sistem pertahanan musuh untuk menghancurkan radar penjejak (air search radars) dan fire control radar.

Rudal AS-17C Krypton memiliki panjang 5, 2 meter dengan berat 600 Kg dan mampu menembak sasaran sejauh 200 km. Karena rudal ini ditugaskan untuk menghancurkan radar musuh, dia tidak dibebani hulu ledak besar, melainkan hanya 90 Kg (Blast Frag). Namun misil ini bisa terbang dari 165 hingga 49.000 feet.

Dalam perkembangannya rudal ini bisa dipasang di kapal laut ataupun pesawat tempur Mig 29, Sukhoi SU-27 maupun SU 30. Kelebihan rudal ini, mampu menghantam kapal perang, drone ataupun pesawat mata-mata. Untuk itu AS-17C Krypton disebut juga “AWACS killer”. Ia bisa menembak sasaran baik di darat maupun udara.

SU 30 MK menembakkan AS 17 Krypton


Rudal AS-17C Krypton diciptakan untuk melumpuhkan sistem pertahanan musuh, melalui sebuah serangan ofensif ataupun counter attack.

Yakhont

Selain itu, Indonesia juga menambah jumlah rudal Yakhont SS-N-26 di berbagai kapal fregat, untuk memperkuat taring tempur armada TNI AL. Setelah mendatangkan 4 Rudal Yakhont pada tahun 2010, Indonesia kembali menerima 10 Rudal Yakhont di tahun 2012. Dalam kontraknya dengan Rusia, Indonesia akan mendatangkan 50 rudal Yakhont yang berjarak tembak 300 km.

Rudal SS-N-26 Yakhont


Saat ini, 11 Helikopter Over Tha Horizon Target (OTHT) juga sedang dipesan TNI AL. Helikopter tersebut berfungsi untuk menjejak sasaran di luar batas cakrawala lalu menyuplai datanya ke Fregat yang dipasang rudal Yakhont (Jkgr).

  32 Responses to “Rudal KH- 31P / AS 17 Krypton Indonesia”

  1. Info nara sumbernya bisa dicantumin juga engga?karena takut dibilang hoax.sekian terima kasih.

  2. Ini sumbernya mana yah tentang AS-17C Krypton? apa ini cuman asumsi pribadi? atau cmn mengandalkan sebuah “pdf” hasil analisa suatu organisasi entah berantah?
    Sampai saat ini dlm lingkungan internal tidak ada rencana sama skali pembelian sprti itu. Apa lagi sampe menempel foto dan langsung di kasih nama “Rudal AS 17 Kripton Indonesia”.

  3. Daftar belanja TNI: (SIPRI Arms Transfer Database/ 19 March 2012)

    http://www.flickr.com/photos/jakartagreatercom/7235211168/in/photostream/

    (Terkirim: 10 rudal Kh 31P (AS 17 Krypton)

  4. 9 negara pengguna rudal AS 17 Krypton, termasuk Indonesia

    Link: http://en.wikipedia.org/wiki/Kh-31

  5. Wiki dipercaya…

    Data disitu kan bs diupdate oleh siapapun.

  6. Jangan hanya baca wikipedia. Wikipedia itu hanya sumber kedua. Coba tanya- tanya kepada TNI AU. Rudal Krypton hanya salah satu jenis, dari rudal yang diusung oleh SU 27/30 TNI AU.

  7. belum jelas indonesia punya krypton, di wiki tdk disebut indonesia sebagai operatornya, kalau malaysia punya, mereka pernah mengadakan static show yang menampilkan rudal kh-31 dan kh-59

  8. Ya, saya sudah lihat, sumbernya dari flickr, bukan dari pihak-2 resmi yang terkait seperti kemenhan dan TNI-AU. Sebagian dari kita juga meyakini bahwa sukhoi kita sudah bersenjata, termasuk saya. Tetapi saya lebih suka menganggap & memposisikan “belum ada” sampai pihak terkait sendiri yg merilis. Ingat saat ujicoba maverick akhir2 ini ? Saat itu saya juga meyakini bahwa sebenarnya F-16 kita sudah punya senjata, hanya karena AU tdk membuka informasi tersebut dan kita juga tidak pernah mengadakan static show spt para tetangga-2 saya juga anggap maverick cs “belum ada”, sampai ada beberapa latihan yg melibatkan persenjataan tersebut, ditambah pernyataan resmi dari pejabat terkait di media baru saya percaya F-16 kita sudah bergigi. Kita yg sipil ini jangan ikut-2an pakai analisa intelijen lah, ranah intelijen adalah ranah rahasia negara, selama negara masih merahasiakan demi kepentingan keamanan jangan kita malah membukanya

  9. Rudal AS 17 Krypton bukan rahasia negara, karena di”publish” oleh pihak pembeli/penjual di SIPRI.
    Lagian saya tidak punya kemampuan untuk mem”publish” rahasia negara dan tidak akan melakukannya.

    Jual/Beli terkait rahasia negara, biasanya ditulis dalam dokumen publik dengan nama “Alutsista Strategis”, tidak disebutkan nama produknya secara terang benderang. Blog ini hanya mengumpulkan informasi yang telah di”publish” oleh pejabat/ instansi terkait.
    Terima kasih masukannya Bung Puguh. Salam

  10. sebenarny bagi ane banyaknya informasi yang simpang siur ditambah berita2 “lebay” soal alutsista ngga terlalu masalah bagi ane. Soalny secara tidak langsung membuat dispute mengenai kekuatan TNI yang sesungguhnya bagi negara-negara tetangga. Semakin banyak informasi yang simpang-siur yang kadang muncul dari asumsi banyak orang-orang dengan menjamurnya blog-blog dan situs-situs yang memabahs masalah alutsista TNI, semakin aman informasi yang sesungguhnya ada di TNI sendiri. Negara tetangga pun jadi bingung misal jumlah rudal Yakhont yang kita punya, apakah 4 ato 10 ato malah ada yang bilang 50?blum lagi informasi-informasi lain terkait PKR, pembelian NR class, n so on. Kalo ane sediri sih tetep pegang prinsip ainul yaqin, yang terlihat ya yang dipercayai…CMIIW

  11. betul para sedulur utk komen2 semcm ini terkdng kt memang prl yg falid ktka kt blm tau kbnrnnya tp dgn bnyk membc dari situs2 maupun comen2 dr berbgai sumber tentunya kt juga bs brskp bijak dlm menyikapi keadaan yg ada biarkan semuanya berkata/bersua tp kbnrn tetap pada yang punya otoritas jadikan aja sbg wawasan bhwsnya ada yg lbh aktif mencari sumber krn keingin tauannya kt yg males tinggal nyaring2 aja…bgt sedulur

  12. info yg menarik…walau tdk bisa dianggap akurat…krn…TNI AU belum mengumumkan secara resmi….fotonya juga belum ada….minimal foto saat demo statik….berharap sekali bisa segera…sama juga halnya dg berita soal akuisisi missil exocet MM40 milik TNI AL….

  13. gak bener tuh blm datang

  14. Klo sy sich seneng2 aja mmbaca berita blog2 militer wlo itu benarr aatau nggak, krn situs resmi dari dephan atau tni jelas tidak ada, makanya blog2 miiliter byk mengambil dari data luar kayak sipri/wikipedia jd tidak ada yg salah tp kadang banyak yg sok jago mengetahui semua daripada tni sendiri….

  15. Masak beli pesawat tempur mahal-mahal tidak dilengkapi senjata. Untuk apa dong ?. Saat ini pertahanan udara kita mengandalkan SU, disaat F-16 sedang….

    Rudal KH- 31P alias AS 17 Krypton, standar utk SU 30.

  16. Bravooo..TNI, perkuat teruuuss.. peralatan tempur kitaaa.., TNI jaga keutuhan NKRI, Malaysia Jual kita beli, jangan takut TNI, Sejarah perebutan Kemerdekaan beda dengan Malaysia, Indonesia merebut dari penjajah, Malaysia merdeka dikasih dengan penjajah Inggris, pokoook..nya Rakyat beserta TNI bersatu dalam perang, kata orang Banjarmasin ” Waja Sampai Kaputing ” Dan ” Haram Manyarah “, kalau sudah perang yaaa…Perang sampai tetes darah penghabisan, dalam peperangan diharamkan untuk menyerah. yeees…Jayalah Indonesiakuuu..

  17. Ya beginilah enaknya main tebak-tebakan, kalau SIPRI itu udah kelas dunia, jadi 90% bisa dipercaya, bahkan saya lebih percaya SIPRI dari pada pejabat TNI, foto juga bisa dimanipulasi dengan mudah, namun mohon diartikan data SIPRI yang dikurung () itu apa ?
    udah beli / masih rencana / MOU / udah kontrak ?

  18. sebenarnya ini masih kalah canggih sama malaysia, dengan sukhoi mkm’nya, sistem avionik dan persenjataanya jauh mengungguli sukoi indo

  19. Dewan Pimpinan Ranting PARTAI AMANAT NASIONAL Pondok Karya Pondok Aren Tangerang Selatan Banten berharap agar juga TNI.AU dapat memperkuat skadron latih tempurnya dengan YAK.130,MIG.AT,atau bisa juga dapat menerima hibah skadron F.5 E/F Tiger II dari TAIWAN,Korsel,atau menerima hibah pesawat tempur latih/patroli perairan dari china,MIG.21-nya.Hibah F.16 AMERIKA dapat TNI.AU terima,kenapa hibah dari negara lain ditolak?.aneh?…lebih baik beli MIG.31,atau SU-35 BM,F.16 yang baru dan layak terbang.

  20. Wah kader PAN ya ???

    Yang beli Alutsista itu Pemerintah atau PAN ya ???

    Menerima hibah itu mudah, yang tidak mudah itu RESIKONYA, di dunia ini tidak ada yang GRATIS, pasti ada BATU dibalik UDANG, nah itu yang harus kita cari tahu……

  21. Nih dah ada foto-nya di pabrik Vympell…. http://oi46.tinypic.com/b5smzq.jpg

  22. keren bgt jktgreter.
    jadi tambah bangga sama TNI n negri ini.
    ndh mdhan kedepanya negri ini bertambah maju lg

  23. Dulu sewaktu ketemu blog ini saya juga sempat berpikir bahwa informasi yang disampaikan to good to be true (sempat pesimis juga sih :p). Tapi begitu marsekal asal Bali itu mengundang majalah angkasa dan memamerkan sukhoi full armament persis seperti yang disampaikan di sini (baru di angkasa 2014) baru saya tersadar bahwa info tsb benar. Jadi kalau ada info yang luar binasa saya tidak langsung vonis hoax seperti kebanyakan pembaca lainnya melainkan dicermati dan dianalisa dulu.

  24. pemerintahaan sekarang terlalu banyak berangan- angan / memang sudah tradisi nya x ya….???

  25. masih ditanyakan

    mbokne
    ?@mbokne_ancuk
    @_TNIAU nak admin, mbokne tanya, Sukhoi SU-27 & SU-30 NKRI apa sudah dipersenjatai rudal R73/R77 ?
    8:18 AM – 25 Mar 2016

    Reply to @_TNIAU

    TNI Angkatan Udara ?@_TNIAU Mar 26

    @mbokne_ancuk Sudah.

    mbokne ?@mbokne_ancuk

    @_TNIAU semakin TOP

    mbokne ?@mbokne_ancuk
    @_TNIAU nak admin, rudal KH- 31P / AS 17 Krypton apa sudah melengkapi pertahanan kita ?

 Leave a Reply