Nov 032016
 

inside-rudal-petir-copy1-copy

PT Sari Bahari memamerkan rudal permukaan-ke-permukaan Petir (Lightning) yang ditenagai mesin turbojet kecil dan dilengkapi sayap kecil yang mampu menjangkau sasaran yang berjarak lebih dari 45 km (28 mil). Petir menggunakan sistem bimbingan GPS untuk menyasar target statis, dilengkapi fitur anti-jamming dan berkemampuan stealth. Petir telah dikembangkan sepenuhnya di Indonesia.

Petir dapat ditembakkan dari darat atau dari kapal perang, ditembakkan dari rel peluncur dengan roket booster. Mampu terbang menjelajah pada ketinggian rendah dan kecepatan sekitar 260 km / jam. Rudal mampu membawa hulu ledak seberat 10 kg buatan PT Dahana. Total berat keseluruhan rudal Petir adalah 20 kg dengan panjang 1.85 m dan lebar dengan sayap adalah 1.55 m.

Sejumlah uji coba penerbangan telah dilakukan di Jawa Barat sejak tahun 2014 dengan menggunakan tiga kendaraan uji terbang. Versi awal dari senjata, V-101, adalah langkah pertama untuk senjata yang lebih besar. PT Sari Bahari saat ini masih mengembangkan varian rudal Petir yang memiliki kecepatan 500 km / jam (mach 0.5) dengan jangkauan 60-70 km.

Janes

Bagikan:

  69 Responses to “Rudal Petir, Cikal Bakal Rudal Jelajah Indonesia ?”

  1.  

    Waw

  2.  

    semoga kedepan lebih baik lagi ya ….

  3.  

    Utk platform ujicoba peluncuran memang pake peluncur ya ga pake tabung?ada yang bs menjelaskan?trima kasih.

  4.  

    Rudal bentuknya kayak drone ujicoba ada sayabnya, lumayan buat ngecoh.. hihihi

  5.  

    jangan takut jangan khawatir…
    itu kentut bukan petir…xixixi salam sore warjag

    •  

      Keq muka kau kek kentut kan?.
      Baek baek kau ngomok lae..

      •  

        becanda cuy,..dan kayanya gue gak ada ngehina tuh rudal , biar bagemanapun tuh karya bangsa gue. dan gue bangga atas apapun karya bangsa gue, right or wrong its may contry..ga usah pake urat cuy…gue ikutwarjag dari 2012,.. dan gue tau nee porum emang untuk diskusi bukan harus serius kan,..rule di warjabg asal gak SARA dan menghina simbol 2 negara ( colibri dah sering ngingetin ),..selebih nya bebas,.. beunget cia nua nu rempag……

    •  

      Klu gak mampu beri koment yg baik, lebik bagus DIAM.
      Sekecil apapun hasil karya seseorang, itu lebir berharga daripada tidak berbuat apapun.
      Karya yang besar, selalu diawali dari hal yang kecil.

  6.  

    Awalnya bikin petir.. Klo dikembangin lebih dahsyat jd guntur.. Nyaingin brahmos ama tomahawk..

  7.  

    Pelan banget . .

  8.  

    Msh kalah ng3but sama rio haryanto…

  9.  

    Minta konfirmasi dari temen2 di JKGR kali aja ada yang tau detailnya.. barusan saja saya liat running text di TV One, bunyinya ” Indonesia menjadi negara pertama yang berinvestasi di industri kedirgantaraan Rusia”. Kalo ada berita lengkapnya, coba angkat beritanya di JKGR dong bung Diego..

    •  

      bener bung gue jg lihat moga para senior kasih contekan hehehe

    •  

      yup, anak perusahaan pt wika yang masuk sebagai investor

      •  

        MiG, sukhoi, atau ilyushin bung defcon..? Berapa persen kah jumlah sahamnya..?kali aja punya bocoran.. hehehe..
        Ada yg tau keuntungan buat RI dengan investasi ini..? Apa hanya keuntungan materi atau keuntungan intelektual juga dapet yah..? Contohnya kita jadi punya akses teknologi pesawat MiG gitu..?

    •  

      Copas dari bung Yayan jika kurang jelas bisa coba diskusi dengan beliau di FB

      ROSNANO, MILIK SIAPO..?
      Waktu pihak Russia mengumumkan bahwa Indonesia akan meningkatkan investasinya di sektor industri dirgantara Russia, saya sangat terkejut dan bangga..! Terbayang, bahwa insinyur kita dari PTDI akan dikirim ke Russia..!
      Namun saya sadar, bahwa ini bukanlah bagian dari sebuah transfer teknologi..! Ini murni soal investasi, jadi siapapun boleh berinvestasi, bukan hanya PTDI..!
      Maka muncullah nama perusahaan Indonesia yang belakangan ini sangat saya tunggu-tunggu..! Sempat berpikir bahwa perusahaan yang akan membeli saham perusahaan strategis Russia itu adalah perusahaan strategis nasional kita, namun ternyata justru perusahaan konstruksi kitalah yang melakukannya..!
      Ya, PT Wijaya Karya adalah perusahaan konstruksi nasional yang prestasinya tidak diragukan, bahkan project-project yang dikerjakannya sudah bersifat lintas benua..! Tidak heran jika perusahaan konstruksi plat merah ini memiliki dana segar dalam bentuk USD yang cukup untuk membeli perusahaan teknologi tinggi di Russia.
      Berdasarkan kesepakatan dua negara, PT Wijaya Karya akan menggelontorkan dananya untuk membangun dan mengembangkan Rosano menjadi penyedia teknologi yang handal bagi keperluan industri dirgantara, satelit, radar, material dan system satelit yang diperlukan oleh dunia dan tentu saja Indonesia..!
      Masuknya nama Indonesia sebagai negara asing pertama yang berinvestasi di sektor dirgantara Russia telah membetot perhatian dunia, namun kemudian mereka sadar bahwa bagi Indonesia, kedirgantaraan bukanlah hal yang baru..! Kini semakin jelas, akan dibawa kemana sektor kedirgantaraan dan ruang angkasa kita selanjutnya..!
      Terima kasih PTWIKA yang telah menabur benih assetnya untuk kemajuan industri dirgantara Indonesia..!

    •  

      Investasi tahap awal 30juta euro

    •  

      Ada-ada saja cara pintar Indonesia. Bank, mengoperasikan satelit. Sekarang perusahaan konstruksi investnya di perusahaan dirgantara. Tambah bingung negara lain, menebak arah pengembangan alutsista RI.

    •  

      Saya menduga ini sengaja di lakukan sebagai konvensasi kita beli SU35 ,dan karena RUSU tidak bersedian ngasih TOT UNTUK SU35 maka di alihkan ada perusahaan patungan dalam industri senjata lainnya seperti radar /alat komunikasi ,mudah mudahan nanti rudal . Nah dari sana kita dapa tenhoilogi yang lebih luas dalam bermacam ilnu bisa kita serap sambil dagang tentunya.Sebutkah sebagai jembatan tehnologi antara rusu dan Indonesia.

  10.  

    bung diego, bisa tolong angkat ini berita :

    Ja**P*s.com – Pratu Karyono, anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 407/Padmakusuma dinyatakan hilang sejak Senin (31/10) sekitar pukul 13.00 WIT.

    http://www.jaw*p*s.com/read/2016/11/03/61756/cek-patok-perbatasan-prajurit-tni-hilang-misterius-saat-pamit-salat-/1

    sebelumnya tolong di cek ke benarannya dengan cara bung diego sendiri ya, semoga saja berita ini tidak benar.

    terima kasih.

  11.  

    Itulah klbhnnya Insinyur Indonesia,… bs diluar dugaan Asing klo udah memahami teknologinya walaupun blm bgmn???,… tp ttp is the best moga lbh canggih dan dasyattttt,… Aamiin,..

  12.  

    dari yg kecil mudah2 besok ngembangin yg bisa bawa hulu ledak 500 kg,, sekelas balistik lah..

  13.  

    Keuntungannya jika darurat berapapun aluts indo butuh russia kasih

  14.  

    waow brati yg di youtube pesawat tempur keluar dr dalam laut itu kmungkinan rudal petir ini yg di luncurkan dr kpal selam,. jika itu bnar mungkinkah negara kita ini sudah mengembangkan rudal sejauh itu. dan apa bila rudal petir ini berkemampuan stealth, brati kelak IFX kita bisa ngilang jg dong..

  15.  

    Indonesia investor pertama dirgantara rusia

  16.  

    ko bisa sampai 5 mach da,.. soalnya di sekeling kita kedepanya bakal banyak thaad yg di sebar,..
    salam dari danau di ateh….

  17.  

    Waw

  18.  

    rudal kok 260 km/ jam, kalah ama tow dgn kec. 400 km/ jam

  19.  

    tes

  20.  

    Entar versi terbarunya dikasih nama Gundala, biar larinya lebih kenceng

  21.  

    Semoga bisa berkembang menjadi rudal jelajah yang bagus. Semoga kemandirian alutsista cepat terwujud.
    NKRI HARGA MATI!!!

  22.  

    Apa jadinya jika IFX nantinya bisa “dual function”. Bisa berfungsi sebagai pesawat tempur dan bisa berfungsi sebagai kapal selam.
    Rudal saja bisa meluncur dari dalam laut masa pespur gk bisa. Seri imajinasi.

  23.  

    Buatan arek malang keren jg…..perbanyak jumlahnya, perbesar ukurannya dan pertajam presisinya …

  24.  

    Maju terus indonesiaku, sebenarnya kemampuan terbang rendah itu bagus karena bisa mengecoh radar musuh, tinggal kembangkan kecepatannya deh.

  25.  

    Saya tertarik mengembangkan ini di bidang guidance atau penuntunnya

  26.  

    Test

  27.  

    500 km/jam ???? wkwkwk masih cepat saya naik motor, kwkwkwk rudal petir cuma mimpi, baling baling bambu tuh namanya kirain pakai mesin turbo jet taunya kecepatannya sama kaya pesawat turboprop. itu gambar palsu diatas hapus aja bung diego, tipu-tipu wkwkkw.

  28.  

    Mngkin Ada teknik tersendiri knp bs jdi lambat… intinya “stealt ” td bs dilacak oleh radar atau penjejak panas…mempertahakn gaya dorong dri peluncur ..
    intinya mnurut sya dgn mmnvaatkn gaya g4avitasi didukung dgn kinetiknya alhasil si petir dpt didorong tnpa turbofan roket alhasil penjejak panas walaupun ada bs diminimalisir jdi bersifat stealt mnurut sya…

    perrlu pngembangan kdedpan nya agar rudal ini bs memiliki kcepatan yg sempurna… s3langkah dmi slngkah sesuatu itu butuh wktu..

    •  

      Rudal cruiser memang memanfaatkan subsonic dan tercom mengikuti terrain untuk menghindari radar musuh.
      Jika memanfaatkan gravitasi itu lebih cocok ke JDAM Dimana JDAM harus dilepaskan pada ketinggian maximal tertentu.
      Rudal petir merupakan cikal bakal yg Bagus utk rudal jelajah. Terlalu jauh membandingkan dengan tomahawk.Rudal ini berat hanya 1/20 dan panjang 1/5 dari tomahawk,…
      Saya kira masih banyak ruang untuk meningkatkan kemampuannya.

  29.  

    Mantap…mantaappp, yang jelas ini adalah awal yang baik…, dan tentu saja si Produsen belum akan puas dengan kecepatan yang masih Minimum…, semoga kedepannya lebih baik…
    salutt..

  30.  

    menurut analisa saya rudal ini memang di bentuk sayapnya lebar karena daya dorongnya kurang cepat, yaa memang itu buat keseimbangan, nanti bila kecepatannya udah bertambah otomatis sayapnya akan di kurangi saran saya bila sayapnya sudah pendek lebih baik buatlah yg bisa di lipat dan mengembang secara otomatis supaya bisa di tempatkan ke dlm tabung peluncur

  31.  

    Rudal petir seperti kentut? Hmmm…ide bagus kalo kentutnya dioplos sianida,bisa modarrrr lawan kalo dikentutin si petir. Wkwkwkwkwk…..

  32.  

    Iya nih Kang…kalo jalanan lurus kekejar nih rudal sama rossi…

  33.  

    Seharusnya dikasih nama … Gundala Putra Petir …
    Bentuk nya Aneh ..
    Tapi ..ini baru prototype ..ya? ..
    Pasti nanti akan Ada perubahan Dan perbaikan.
    Sirip nya akan diperbaiki yang bagus ..
    Motor jet nya juga …
    Tracking …
    Propellant nya juga …
    Harus extra sabar ..
    Karena memang Tidak akan Ada Negara yang mau mengajari ….
    Harus mau mencontek …Sedikit Curi ilmu …
    Kreative ….sabar …dll….

  34.  

    kecepatannya cuma 1/2 march??…bolehlah klo tuk anti kapal permukaan dan serangan darat….

 Leave a Reply