Rudal Petir, Cikal Bakal Rudal Jelajah Indonesia ?

69
7

inside-rudal-petir-copy1-copy

PT Sari Bahari memamerkan rudal permukaan-ke-permukaan Petir (Lightning) yang ditenagai mesin turbojet kecil dan dilengkapi sayap kecil yang mampu menjangkau sasaran yang berjarak lebih dari 45 km (28 mil). Petir menggunakan sistem bimbingan GPS untuk menyasar target statis, dilengkapi fitur anti-jamming dan berkemampuan stealth. Petir telah dikembangkan sepenuhnya di Indonesia.

Petir dapat ditembakkan dari darat atau dari kapal perang, ditembakkan dari rel peluncur dengan roket booster. Mampu terbang menjelajah pada ketinggian rendah dan kecepatan sekitar 260 km / jam. Rudal mampu membawa hulu ledak seberat 10 kg buatan PT Dahana. Total berat keseluruhan rudal Petir adalah 20 kg dengan panjang 1.85 m dan lebar dengan sayap adalah 1.55 m.

Sejumlah uji coba penerbangan telah dilakukan di Jawa Barat sejak tahun 2014 dengan menggunakan tiga kendaraan uji terbang. Versi awal dari senjata, V-101, adalah langkah pertama untuk senjata yang lebih besar. PT Sari Bahari saat ini masih mengembangkan varian rudal Petir yang memiliki kecepatan 500 km / jam (mach 0.5) dengan jangkauan 60-70 km.

Janes

69 COMMENTS

      • becanda cuy,..dan kayanya gue gak ada ngehina tuh rudal , biar bagemanapun tuh karya bangsa gue. dan gue bangga atas apapun karya bangsa gue, right or wrong its may contry..ga usah pake urat cuy…gue ikutwarjag dari 2012,.. dan gue tau nee porum emang untuk diskusi bukan harus serius kan,..rule di warjabg asal gak SARA dan menghina simbol 2 negara ( colibri dah sering ngingetin ),..selebih nya bebas,.. beunget cia nua nu rempag……

  1. Minta konfirmasi dari temen2 di JKGR kali aja ada yang tau detailnya.. barusan saja saya liat running text di TV One, bunyinya ” Indonesia menjadi negara pertama yang berinvestasi di industri kedirgantaraan Rusia”. Kalo ada berita lengkapnya, coba angkat beritanya di JKGR dong bung Diego..

  2. bung diego, bisa tolong angkat ini berita :

    Ja**P*s.com – Pratu Karyono, anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 407/Padmakusuma dinyatakan hilang sejak Senin (31/10) sekitar pukul 13.00 WIT.

    http://www.jaw*p*s.com/read/2016/11/03/61756/cek-patok-perbatasan-prajurit-tni-hilang-misterius-saat-pamit-salat-/1

    sebelumnya tolong di cek ke benarannya dengan cara bung diego sendiri ya, semoga saja berita ini tidak benar.

    terima kasih.

  3. waow brati yg di youtube pesawat tempur keluar dr dalam laut itu kmungkinan rudal petir ini yg di luncurkan dr kpal selam,. jika itu bnar mungkinkah negara kita ini sudah mengembangkan rudal sejauh itu. dan apa bila rudal petir ini berkemampuan stealth, brati kelak IFX kita bisa ngilang jg dong..

  4. Apa jadinya jika IFX nantinya bisa “dual function”. Bisa berfungsi sebagai pesawat tempur dan bisa berfungsi sebagai kapal selam.
    Rudal saja bisa meluncur dari dalam laut masa pespur gk bisa. Seri imajinasi.

  5. 500 km/jam ???? wkwkwk masih cepat saya naik motor, kwkwkwk rudal petir cuma mimpi, baling baling bambu tuh namanya kirain pakai mesin turbo jet taunya kecepatannya sama kaya pesawat turboprop. itu gambar palsu diatas hapus aja bung diego, tipu-tipu wkwkkw.

  6. Mngkin Ada teknik tersendiri knp bs jdi lambat… intinya “stealt ” td bs dilacak oleh radar atau penjejak panas…mempertahakn gaya dorong dri peluncur ..
    intinya mnurut sya dgn mmnvaatkn gaya g4avitasi didukung dgn kinetiknya alhasil si petir dpt didorong tnpa turbofan roket alhasil penjejak panas walaupun ada bs diminimalisir jdi bersifat stealt mnurut sya…

    perrlu pngembangan kdedpan nya agar rudal ini bs memiliki kcepatan yg sempurna… s3langkah dmi slngkah sesuatu itu butuh wktu..

    • Rudal cruiser memang memanfaatkan subsonic dan tercom mengikuti terrain untuk menghindari radar musuh.
      Jika memanfaatkan gravitasi itu lebih cocok ke JDAM Dimana JDAM harus dilepaskan pada ketinggian maximal tertentu.
      Rudal petir merupakan cikal bakal yg Bagus utk rudal jelajah. Terlalu jauh membandingkan dengan tomahawk.Rudal ini berat hanya 1/20 dan panjang 1/5 dari tomahawk,…
      Saya kira masih banyak ruang untuk meningkatkan kemampuannya.

  7. menurut analisa saya rudal ini memang di bentuk sayapnya lebar karena daya dorongnya kurang cepat, yaa memang itu buat keseimbangan, nanti bila kecepatannya udah bertambah otomatis sayapnya akan di kurangi saran saya bila sayapnya sudah pendek lebih baik buatlah yg bisa di lipat dan mengembang secara otomatis supaya bisa di tempatkan ke dlm tabung peluncur

  8. Seharusnya dikasih nama … Gundala Putra Petir …
    Bentuk nya Aneh ..
    Tapi ..ini baru prototype ..ya? ..
    Pasti nanti akan Ada perubahan Dan perbaikan.
    Sirip nya akan diperbaiki yang bagus ..
    Motor jet nya juga …
    Tracking …
    Propellant nya juga …
    Harus extra sabar ..
    Karena memang Tidak akan Ada Negara yang mau mengajari ….
    Harus mau mencontek …Sedikit Curi ilmu …
    Kreative ….sabar …dll….

LEAVE A REPLY