Feb 192017
 

International Institute for Strategic Studies (IISS), salah satu lembaga riset pertahanan terkemuka di dunia menyatakan, dalam domain pertempuran udara, dua rudal buatan militer China, yakni rudal udara-ke-udara jarak pendek PL-10 dan rudal udara-ke-udara jarak jauh ‘misterius’ bisa membuat ancaman yang serius bagi pesawat militer NATO.

Hanya segelintir negara yang mampu merancang dan memproduksi rudal sejenis dengan PL-10 dan rudal misterius tersebut, yang memiliki kemampuan seperti rudal K-100 Novator buatan Rusia dengan jangkauan 300 km.

Tidak hanya memiliki kemampuan luar biasa dan menimbulkan ancaman bagi pesawat militer Barat dalam konflik bersenjata bukan hanya dengan China, karena Beijing juga menawarkan untuk mengekspor persenjataan militernya tersebut, yang akan “mempersulit operasi militer Barat” di mana saja diseluruh dunia.

“Ketika mulai memasuki layanan, rudal baru ini akan menimbulkan resiko serius bagi target bernilai tinggi seperti pesawat tanker dan pesawat AWACS, platform yang sejak dahulu sangat aman penerbangannya karena berkeliaran di luar jangkauan senjata udara-ke-udara saat ini,” ungkap director IISS, John Chipman Chipman.

Menurutnya modernisasi militer China yang terus berlanjut dan ekspor sistem persenjataan canggihnya keluar negeri menjadikan China sebagai aktor penting yang harus diperhitungkan bagi penyebaran militer AS dan NATO.

WWW.RT.com
Editor : Muhidin

  10 Responses to “Rudal PL-10 dan Rudal Misterius China Menjadi Ancaman Serius NATO”

  1. tes

  2. Makanya kalo jualan jangan suka pilih2 pembeli. Pembeli harus begini begitulah kalau tiongkok yg penting ada uang ada barang haiyaaa …boloong eh borooong

  3. Dari jarak 300 km dihantam sama ini rudal .Takkan ada pesawat yang bisa luput dari terkamannya . Layak di beli buat sukro kita.

  4. jiah rudal siluman, paling cuma rudal kopi rasa pastel dari rusia, R-37/AA-13.
    dan dikasih kode PL-15, yg masih berbentuk ghoib.

  5. As ama nato baru nyadar ya jika militer china maju pesat? Tp ada satu negara yg sangat berani sm china, bahakan negara ini sempat nembaki coast guard china di laut natuna….yaitu indonesia!!, ya hanya indonesia yg brani lawan china….xixixixi

  6. Dimulai dari Plagiator bermutasi ke Inovator..itulah china…

  7. Biar pun banyak orang mengatakan china adalah the king of copy paste tapi mereka mbktikan klu mereka mampu membuatnya asli dalam negri…
    Saya berharap insinyur indonesia mampu seperti insinyur china….
    Itu menurut pendapat saya ya…
    Kalau menurut bung2 yang ada di JKGR mgkin berbeda dengan saya…

    • hanafi @ kemungkinan teknologi rudal misterius itu di dpt cina dr rangkuman2 teknologi rudal lain yg di copi paste, terlepas dr itu semua langkah cina ini termasuk bagus, usaha keras untuk belajar demi masa depan bangsanya, terbalik dgn kita,yg bisanya cuma demo terus2an, kapan majunya bangsa kita,

  8. Hadeuh bicara rudal ujungya Pilkada kyk kurang kerjaan aja! China boleh ditiru positifnya tp jiwa negatifnya ya jangan! Pemerintah klu gak didemo bs seenaknya dewe tanpa kontrol publik! Toh demo gak melanggar UU, klu pemerintah sudah cukup baik gak bakalan ada demo!

 Leave a Reply