Apr 192017
 

SEOUL – Korea Selatan telah menyelesaikan pengembangan rudal Tactical Ship-to-Ground Missile (TSGM) atau Rudal Kapal-ke-Darat Taktis baru yang akan meningkatkan kemampuan untuk menyerang peralatan dan fasilitas utama militer Korea Utara, menurut keterangan pers badan pengadaan senjata negara pada hari Selasa, 18 April 2017, seperti dilansir dari Yonhap News.

Korea Selatan akan mulai memproduksi rudal TSGM secara massal dengan dua jenis sistem peluncuran yaitu peluncur miring (ILS) dan peluncur vertikal (VLS). Produksi massal rudal TSGM tersebut dijadwalkan tahun depan setelah 7 tahun proyek yang dipimpin Badan Pertahanan dan Pengembangan, menurut Defense Acquisition Program Administration (DAPA).

Rudal tersebut telah memenuhi semua persyaratan kemampuan operasional yang dibutuhkan dalam sebuah pengujian yang dilaksanakan baru-baru ini menggunakan oleh frigat generasi berikutnya, tambahnya. Hulu ledak rudal tersebut dapat menembus kendaraan lapis baja dan menghancurkan area seukuran dua kali lapangan sepak bola dalam sebuah tembakan, kata agensi tersebut.

Pengujian rudal TSGM melalui platform VLS. © Yonhap

Kapal perang Korea Selatan sebagian besar bergantung pada rudal anti kapal atau rudal anti pesawat terbang. Namun keberhasilan dalam pengembangan rudal TSGM baru tersebut akan meningkatkan kemampuannya untuk menyerang target darat.

Terutama, versi rudal TSGM dengan platform peluncuran vertikal yang bisa digunakan oleh berbagai kapal perang Angkatan Laut Korea Selatan yang akan mulai beroperasi pada tahun 2019. Rudal tersebut didasarkan pada teknologi untuk dapat menghindari rintangan dengan cepat dan efektif serta mempersingkat waktu yang diperlukan untuk menciptakan lintasan, menurut DAPA.

Pengujian rudal TSGM melalui platform ILS. © Yonhap

Teknologi ini bisa diterapkan pada program rute penerbangan drone atau robot yang akan dikembangkan oleh militer dan sektor sipil, tambahnya.

“Korea Selatan telah mampu melakukan penyerangan dari laut tidak hanya markas utama musuh di lapangan tetapi juga fasilitas inti, termasuk yang terkait dengan peluncuran rudal balistik”, kata Lee Sang-moon, kepala tim pengembangan senjata berpemandu DAPA.

Rudal baru tersebut akan menjadi peralatan penting untuk sistem serangan pre-emptive “Kill Chain” melawan provokasi Korea Utara, tambahnya.

Rudal TSGM ini akan dipasang ke kapal selam, dimana kapal perusak utama Angkatan Laut Korea Selatan sudah dilengkapi dengan rudal jelajah serangan darat dengan jangkauan lebih dari 300 kilometer.

Spesifikasi rudal serang darat TSGM Korea Selatan. © Spacebattle

Render 3D rudal TSGM diluncurkan dari kapal perang. © Spacebattle

Render 3D rudal TSGM menuju sasaran. © Spacebattle

Render 3D rudal TSGM menghantam sasaran. © Spacebattle

Platform peluncur miring rudal TSGM Korea Selatan. © Spacebattle

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  27 Responses to “Rudal Serang Darat Baru Korea Selatan Segera di Produksi Massal”

  1. Nanti Cintia yang akan mengevaluasi kemampuan rudal TSGM Korsel itu apakah cukup memadai untuk membungkam provokasi Korut.
    Dan kita juga akan lihat apa yang mampu diperbuat USA untuk nakut-nakuti Jong Un.
    https://international.sindonews.com/read/1198310/42/as-bantah-kerahkan-2-kapal-induk-tambahan-ke-semenanjung-korea-1492560543

  2. Petromak

    • ente gak usah mimpi petromax segala, juru kunci sdh pegang kuncinya. Jng ente mau kudeta sang Pragota

      • Ha Ha Haaa…
        Tumben tadi tuh kolom komentar lama banget lowong. Sempat saya biarin lama tadi. Saya pikir warjag udah pada berangkat nyoblos.

  3. ngopi dulu biar gk panik

  4. Miawww

  5. Cuit cuit cuimiaouw…

  6. indonesia darurat T.o.T RBS-15 mk 3

  7. mbeeeekk…mbeeeeekkk…mbeeeeeekkk

    lebih baik tabung peluncurnya miring daripada tegak keatas

  8. bila di akuisi dengan PTDahana agar Rudal TSGM by Korea ini menjadi andalan TNI boleh yang type ILS atau type VLS sama baiknya dari pada mengembagkan C705 yang tidak cocok di perairan laut ZEE indonesia.

  9. Wah ini… bisa kayaknya d pasang d Changbogo…. ato d pasang d frigate Indonesia… sapa tahu dpt ToT jg… Korsel kan g pelit k Indonesia….

  10. Lebih Bagusan Produk Saya Kalibr…

    • Tapi kalibr gk pake cluster bomb 🙂

    • yg d harapkan bisa dpt ToT bung… kayaknya susah akan dpt ToT kalo beli kalibr… apalagi kerjasama Indonesia Korsel selalu baek selama ini… berharap dpt ToT tdk terlalu berlebihan kayaknya…

      • Klau Belinya Banyak Pasti Saya Kasih ToT… Lha Ini Belinya Sedikit… Minta Dah Gitu Minta Diskon Gede Gedean… 🙁

        • Yg jelas Korsel tdk terlalu ribet spt yg laen… dr mulai LPD hingga Kapal Selam… semua d sertai dg ToT & produksi dlm negeri… LPD 2 d bikin d korsel 1 d Indonesia… Kapal Selam jg gt… 2 d bikin d korsel 1 d bikin d Indonesia… terbukti skrng Indonesia malah bisa export SSV dr dasar LPD ToT dr korsel…

  11. Enak ya kalo bisa buat rudal sendiri..mau bikin utk sasaran apapun bisa….mau diisi bakwan,bakpao,onde2 bisa..

  12. Test

  13. Klu semua kunci teknologi sudah dikuasai tgl buat mengembangkan alutsista apapun jd lbh mudah dgn didanai secara maksimal!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)