JakartaGreater.com - Forum Militer
Aug 102017
 

Helikopter Serang AH-1Z Viper. © Bell Helicopter Textron Inc.

Kementerian pertahanan Rumania telah menandatangani sebuah Letter of Intent mengenai harga dan ketersediaan untuk akuisisi helikopter serang AH-1Z dari produsen Bell Helicopter, Amerika Serikat, menurut keterangan pemerintah Rumania pada hari Kamis, seperti dilansir daro laman Defense News.

Berdasarkan rencana tersebut, produsen helikopter asal AS tersebut akan membentuk usaha patungan dengan anak perusahaan pertahanan milik negara Romarm, untuk memproduksi helikopter di Rumania. Pabrik yang tengah dirancang tersebut diharapkan bisa menghasilkan helikopter serang bermesin ganda AH-1Z Viper. Namun berapa nilai kontrak tersebut masih belum diungkapkan.

“Keputusan ini akan berdampak cukup besar terhadap pembangunan ekonomi negara kita, sekaligus merupakan generator keamanan di daerah tersebut”, kata juru bicara pemerintah Rumania.

Niat untuk membeli helikopter serang itu didasarkan pada rencana pengadaan senjata yang baru-baru ini telah disetujui oleh Dewan Pertahanan Nasional, CSAT.

Helikopter serang AH-1Z Viper pertama kali masuk layanan dengan Korps Marinir AS pada tahun 2011 . Saat ini telah dioperasikan di beberapa kondisi terberat di dunia untuk menahan kondisi cuaca buruk.

Helikopter serang AH-1Z Viper memiliki 85% kesamaan komponen utama dengan helikopter utilitas Bell UH-1Y sehingga meningkatkan kemampuan pengerahan dan perawatan, dan juga sekaligus mengurangi persyaratan pelatihan dan jejak logistik antara dua platform yang pada akhirnya menurunkan biaya total siklus hidup dalam hal akuisisi, operasi, pemeliharaan dan servis.

Helikopter AH-1Z Viper ini dilengkapi dengan pengamatan helikopter paling jauh dan akurat. Sistem Pengamatan Penargetan Viper (TSS) buatan Lockheed Martin itu mampu memberikan keuntungan penting dengan mengizinkan pilot untuk secara positif mengidentifikasi dan juga melacak beberapa target musuh pada jarak di luar jangkauan maksimum yang dimiliki oleh sistem persenjataannya untuk mendapat dan menghancurkan target.

Bagikan:

  3 Responses to “Rumania Ingin Akuisisi Helikopter Serang AH-1Z Viper”

  1.  

    Wuih keren! Boleh jg nih dibeli, Gandiwa gmn hasil pengembangannya kok senyap aja gak ada kabar berita!

  2.  

    operasi AS a/n NATO berhasil gulung karpet regional eks pakta Warsawa

 Leave a Reply