Mei 112019
 

Pesawat tempur F-16C Refurbished Indonesia © US. Air Force / Alex R. Lloyd

Kementerian Pertahanan Rumania telah mengirim permintaan resmi kepada Pemerintah Amerika Serikat untuk bisa membeli pesawat tempur F-16 refurbished yang dapat dikeluarkan AS, rilis dokumen resmi yang dikonsultasikan oleh Profit.ro.

Setelah membeli 12 pesawat tempur F-16 dari Portugal, Rumania berencana membeli lagi 5 unit F-16 tambahan dari Portugal, Sedangkan dari negara-negara NATO lainnya tidak ada yang siap menjual pesawat tempur semacam itu.

Pada 2012, Dewan Pertahanan Tertinggi Rumania (CNAS) memutuskan untuk mengembangkan tiga skuadron tempur yang masing-masing dilengkapi dengan 16 pesawat tempur multirole.

Rumania pada tahun 2013 menandatangani kontrak dengan Portugal senilai EUR 628 juta (termasuk Pajak) untuk akuisisi 12 pesawat tempur F-16. Biaya termasuk perbaikan pesawat oleh perusahaan dirgantara Lockheed Martin dan pelatihan pilot Rumania. Rumania masih harus membeli sekitar 36 pesawat tempur lagi untuk menyelesaikan tiga skuadron yang diusulkan.

Kementerian Pertahanan Portugal secara resmi mengkonfirmasi pada Juli 2018 akan menjual lima pesawat tempur F-16 lainnya ke Rumania, tetapi Rumania belum dapat menemukan pemasok untuk 31 pesawat tempur lain yang dibutuhkannya.

Romaniainsider

  3 Responses to “Rumania Ingin Membeli F-16 Refurbished dari AS”

  1.  

    pesawat baru tp bekas.heeeee

  2.  

    Kok mahal ya portugal jualnya…