Apr 212017
 

Patriot, sistem pertahanan rudal dan udara buatan AS. © Raytheon

WASHINGTON – Negara Rumania telah meminta untuk membeli sistem pertahanan rudal dan udara “Patriot” dari pemerintah Amerika Serikat, tidak rincian lebih lanjut, sebagaimana dilansir dari Defense News.

Rumania telah mengumumkan bahwa mereka berniat untuk meningkatkan sistem pertahanan dengan menyediakan sistem rudal Patriot, dan hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Raytheon dalam sebuah pernyataan.

“Raytheon mempunyai hubungan jangka panjang dengan Rumania, serta akan bekerja sama dengan pemerintah AS dan Rumania untuk dapat memastikan agar mitra NATO ini mencapai tujuan pertahanannya”, kata perusahaan itu.

Menurut laporan Reuters pada hari Kamis, 20 April 2017, sistem rudal Patriot akan menjadi bagian dari sistem pertahanan udara terpadu yang mencakup enam jet tempur F-16 yang baru dibeli oleh Rumania. Akuisisi tahun ini bisa membawa negara tersebut sesuai dengan standar pengeluaran pertahanan NATO sebesar 2 persen dari PDB (produk domestik bruto). Rumania belum bisa mencapai tujuan itu pada tahun 2016 lalu.

Rumania telah menjadi anggota NATO sejak tahun 2004, dan merupakan tuan rumah sistem radar pertahanan rudal Aegis berbasis darat yang dibentuk untuk menciptakan suatu perisai terhadap ancaman rudal Iran. Radar tersebut dibuat pada tahan 2015.

Polandia juga sedang dalam proses formalisasi kesepakatan yang mencakup pada peran serta industri pertahanan utama Polandia bersama Raytheon yang membeli 8 baterai sistem Patriot seharga US $ 7,6 miliar, dengan harapan akan diselesaikan pada akhir tahun ini.

Polandia sama seperti Rumania, direncanakan akan menjadi tuan rumah Aegis berbasis darat, yang saat ini sedang dalam pembangunan dan diharapkan mulai beroperasi pada akhir 2018.

Sebanyak 13 negara memiliki sistem Patriot, termasuk 5 anggota NATO.

Pengadaan Rumania, akan memberikan kontribusi pada meningkatnya jumlah sistem patriot yang dimiliki oleh asing, terutama di wilayah Eropa, karena ancaman agresi Rusia di daerah tersebut, sehingga terus mendorong dan memotivasi permintaan akan kemampuan Patriot.

Baterai rudal Patriot AS tersebar tipis di seluruh dunia, dan unit yang menjalankan sistem ini telah lama diterapkan di seluruh armada. Angkatan Bersenjata AS selama ini telah berusaha untuk meringankan sebagian beban operator rudal Patriot dengan meningkatkan peran serta mitra asing yang dapat berkontribusi dengan sistem mereka sendiri.

Komentar Facebook :
Bagikan Artikel:

  6 Responses to “Rumania Ingin Membeli Sistem Rudal Patriot”

  1. ping! pong!

  2. woww

  3. Ini ”Drone Killer” Harganya Gk Bersahabat Banget 250Jt-1.1Milyar USD… 😛

  4. Gara-gara ikut Nazi dalam operasi Barbarosa, Rumania jadi musuh Russia selamanya..

  5. Miris dengan isu ancaman agresi Rusia maka beramai-ramailah NATO dan bekas anggota Uni Soviet membeli Sistem rudal patriot dan alutsista lainnya dr AS. Dgn modal rumor dan penciptaan perang dmn2 lakulah jualannya si Samiri!

  6. Lah…Rumania yg miskin bisa beli kok…yg penting itu niat mau beli itu kuat.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)