Rumania Ingin Percepat Pembelian F-16 Bekas Portugal

Bucharest ā€“ Jakartagreater.com – Rumania bergerak maju untuk mengakuisisi pembelian pesawat tempur F-16 bekas dari Portugal, lansir Seenews.

Rumania telah menyiapkan rancangan undang-undang untuk pembelian lima pesawat tempur F-16 dari Portugal yang direncanakan dengan harga 333,2 juta euro (US$ 369 juta), sebagaimana tertulis dalam dokumen pada hari Selasa.

Draf RUU akan dibahas oleh majelis rendah parlemen Rumania, rilis data yang diterbitkan di situs Chamber of Deputies.

Menurut rancangan undang-undang, pengiriman empat F-16 dijadwalkan pada tahun 2020, sedangkan pesawat jet tempur kelima akan dikirimkan pada tahun 2021.

Pembelian yang dimaksudkan pertama kali diumumkan pada Juli 2018.

“Jika kita tidak mendapatkan hak pilih dan kontrak ditandatangani pada akhir tahun ini, seluruh proses harus dilanjutkan pada tahun 2020. Dengan demikian, seluruh jadwal akan tertunda dan ada kemungkinan kerugian finansial,” kata Menteri Pertahanan Nicolae Ciuca yang disiarkan televisi pada hari Senin.

Pada bulan Oktober 2017, Rumania menerima tiga jet tempur F-16 bekas dari Portugal sebagai bagian dari program Bucharest untuk menggantikan armada jet tempur MiG era Soviet dengan pesawat tempur yang sesuai dengan standar NATO. Pada tahun 2016, Rumania menerima sembilan jet tempur F-16 pertama dari Portugal di bawah program yang sama.

Total biaya satu skuadron jet tempur F-16 adalah 628 juta euro, kata kementerian pertahanan Rumania.

Romania, yang bergabung dengan NATO pada 2004, berencana untuk membelanjakan total 9,8 miliar euro sampai 2026 untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya

Tinggalkan komentar