Feb 232018
 

Jet tempur F-16 Angkatan Udara Rumania di Pangkalan Udara Fetesti, Oktober 2016. © Victor Cozmei via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Rumania ingin melengkapi skuadron F-16 dengan 4 pesawat lagi dan telah mempertimbangkan akuisisi jangka panjang tambahan 36 pesawat tersebut, menurut Menteri Pertahanan Rumania, Mihai Fifor pada hari Selasa, seperti dilansir dari laman Romania Journal.

“Saat ini kita berdiskusi dengan Angkatan Udara Rumania. Kami ingin melengkapi skuadron F-16 dengan 4 pesawat lagi saat ini. Proyeksi lain adalah untuk menambah 36 jet tempur F-16 sehingga kami meminta AS untuk menginformasikan kepada kami mengenai kemungkinan untuk membelinya. Kami menunggu jawaban karena tidak akan membeli F-16 dilain waktu”, kata Menteri Pertahanan Rumania dalam konferensi pers.

Fifor juga mempresentasikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengakuisisi jet tempur F-16. Yang pertama dilakukan adalah meminta informasi tentang apakah F-16 tersedia dan, jika ada, harganya berapa. Setelah itu, negosiasi baru akan dimulai, tutur Fifor menjelaskan.

Di sisi lain, Menteri Pertahanan Rumania Mihai Fifor juga mengatakan bahwa program akuisisi kapal selam saat ini sedang diperiksa oleh Angkatan Laut dan akusisi tersebut dapat dimulai setelah tahun 2020.

“Ini adalah program jangka menengah dan panjang. Menurut kami, pembelian semacam itu bisa dimulai setelah tahun 2020 tapi semua dilakukan melalui dialog yang kompetitif, karena kami ingin keuntungan sebanyak mungkin untuk Rumania”, jelasnya.

Fifor menyebut bahwa dialog kompetitif berarti transparansi maksimum, sesuai dengan ketentuan hukum Rumania dan Eropa dan, pada akhirnya, akan sangat tertarik dengan offset kontrak semacam itu, seperti halnya dengan Corvette, di mana offset yang ada digunakan untuk memodernisasi fregat Angkatan Laut Rumania.

Berbagi

  7 Responses to “Rumania Ingin Tambah 40 Jet Tempur F-16”

  1.  

    Bungkus

  2.  

    Laris manis jg pespur plg banyak unitnya didunia.

  3.  

    Nunggu Berita dr Bung TN ttg Pembelian 48 F16V beserta 65 % Offset & Seperangkat Avionik dr Info Global

  4.  

    Dan 32 unit FA 50 pengganti Hawk 100/200,,,padahal hawk belum tua2 amat,,,lbh baik fa50 aktif dna hawk aktif jg,,,lbh banyak pespur kita,,.

 Leave a Reply