Jul 082019
 

F-16 Portugal (foto:Common Wikipedia)

Parlemen Rumania dikabarkan telah menyetujui pembelian tambahan pesawat tempur F-16A / B dari Portugal pada 2 Juli.

“Menteri Pertahanan Gabriel Les mengumumkan bahwa lima pesawat tempur F-16 lainnya akan dibeli, yang memiliki konfigurasi yang sama dengan 12 pesawat yang telah dibeli,” seperti dilaporkan media BURSA.

Dilaporkan parlemen Rumania menyetujui pengadaan paket peralatan dan layanan untuk F-16 dari pemerintah A.S.

Dalam jangka panjang, Rumania berharap untuk mendapatkan pesawat tempur generasi kelima, yang kemudian akan berfungsi sebagai pengganti F-16.

Hingga saat ini, Romania membeli total 12 jet tempur F-16 Block 15 Mid-Life Upgrade (MLU) bekas (sembilan F-16AM dan tiga F-16BM) dari Portugal.

Menurut informasi saat ini, perubahan pada Blok 15 terletak pada stabilisator horisontal yang lebih besar, penambahan dua titik hardpoint di bawah inlet saluran udara, radar AN / APG-66 (V) 2 yang lebih baik, dan peningkatan kapasitas untuk cantelan bawah sayap.

F-16 Blok 15 juga mendapatkan sistem radio UHF Have Quick II. Untuk mengatasi bobot tambahan dari hardpoint baru, stabilisator horizontal diperbesar 30%. Block 15 adalah varian F-16 yang paling banyak diproduksi dengn 983 unit yang tersebar diseluruh dunia.

defenceBlog

 Posted by on July 8, 2019