Jun 132017
 

Personel TNI Angkatan Udara melakukan pemeriksaan mesin pesawat jet tempur Sukhoi yang dipamerkan dalam Pameran Dirgantara 2017 di Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (20/4). (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)


Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa Rusia berencana membangun pabrik suku cadang pesawat Sukhoi di Indonesia. Hal itu merupakan imbal dagang dari pembelian pesawat tempur Sukhoi antara Indonesia dan Rusia.

“Mereka (Rusia) akan buat pabrik di sini untuk suku cadang. Jadi enggak usah dibawa ke Rusia, mahal itu,” ujar Ryamizard kepada kompas.com saat ditemui di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (12/6).

Menurut Ryamizard, Indonesia akan mendapat keuntungan jika rencana tersebut direalisasikan. “Jadi nanti yang punya Sukhoi seperti Malaysia, perbaikannya akan sama kita,” kata Ryamizard.

Rostec: Pesawat Tempur Su-35 akan Dikirim ke Indonesia

Kontrak untuk pengiriman jet tempur Su-35 Rusia ke Indonesia telah disepakati, ujar konglomerasi industri dan pertahanan milik negara Rusia, Rostec, pada Selasa (6/6).

“Kontrak untuk pengiriman Su-35 ke Indonesia telah disepakati dan akan ditandatangani tahun ini,” tulis kantor berita TASS mengutip pernyataan Viktor Kladov, Direktur Rostec bagian kerja sama internasional dan kebijakan regional.

Nilai kontrak dan waktu penyampaian tidak disebutkan.

Kantor berita RIA Novosti melaporkan bahwa Rusia tertarik dengan karet alam dan kelapa sawit Indonesia dengan imbalan pesawat tempur.

Sebelumnya, media Indonesia melaporkan bahwa negara tersebut bermaksud untuk membeli 10 pesawat Su-35 dari Rusia untuk menggantikan armada F-5E Tiger II buatan Amerika.

Sumber: kompas.com dan xinhuanet

  17 Responses to “Rusia Akan Bangun Pabrik Suku Cadang Sukhoi di Indonesia”

  1. Baguslah kalo emang bener mau bangun pabrik suku cadang dimari

    • Almadulillah, ada pabrik suku cadang untuk jet tempur utama kita. bisa belajar dan tidak perlu khawatir kekurangan suku cadang dan embargo lagi. Teman lama akan selalu mengerti, beda dengan negara super dower yang suka dengan kata HAM.

  2. beli ngga ada 1 skuadron dibayar make karet dan minyak sawit tapi bisa gini ya :D
    cuman Indonesia yang bisa kaya gini :D

  3. kok bisa ya??sukhoi 10 biji kapal selam 10biji

  4. wah jadi curiga nih sudah diimbal dagang sama karet dan kelapa sawit masih ditambah mau investasi pabrik sucad. jangan jangan….. au..ah.

  5. Bung Tukang Ngitung mana nih….. :ngacir2 coba diitungin brp SU 35 tg dibeli, kok rusia mau bikin pabrik suku cadang disini ?

    :tkp

  6. Wah hebat nih pakde jokowi. Bisa jd perwakilan sukhoi di asia tenggara. Kedepan biaya service dan suku cadang bisa utk kembalikan duit beli su 35. Jg nambah lapangan kerja di sini…
    Klo gak pakde jokowi gak bakal bs kaya gini.
    Yg kemaren bs nya beli aja.

  7. Supaya Mandiri..creative and….bisa Beli lagi yang banyak …Sukhoi 27/30/35 …

  8. Wah dikita akan ada teknisi sukhoi kedepannya..ada penyedian part sukhoi..mantap nian…(biasanya orang indonesia kalo udah bisa,mlah mikirin ke modif…biasanya lho..hehheh)…

    • Ati ati bung.. Biasanya kalau sudah dipertegas dgn artikel begini beserta narasumber terpecaya bisa2 teknisi sukhoi, narasumber dan komentator disini malah2 bisa admin jkgr di amuk massa GI, yg komandonya Si DR.
      Mati kita :ngakaks :ngakaks
      :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir2 :ngacir2

  9. Semoga cepet terealisasi..

  10. Pasti ada sesuatu kontrak yg luar biasa Krn sampai mau dibangun pabrik suku cadang Sukhoi di Indonesia.

 Leave a Reply