Apr 132017
 

Pada tanggal 8 April Angkatan Laut Rusia kembali menugaskan Admiral Grigorovich ke Laut Mediterania. Fregat yang berasal dari Armada Laut Hitam Rusia tersebut akan membantu meningkatkan pertahanan udara Rusia di Suriah, ungkap Admiral Vladimir Valuyev.

Menurutnya sistem senjata yang dimiliki fregat Grigorovich akan mampu menembak jatuh rudal jelajah Tomahawk yang ditembakkan AS dan memperkuat pertahanan udara dan fasilitas militer Rusia di Suriah

Sebelumnya pada bulan April, fregat Grigorovich ikut ambil bagian dalam latihan Angkatan Laut Rusia-Turki yang bersandi PASSEX di Laut Hitam.

Pengiriman fregat Grigorovich dibantah pihak Rusia sebagai jawaban atas serangan rudal Tomahawk ke pangkalan udara Shayrat Suriah.

Saat ini, gugus tugas Angkatan Laut Rusia di Mediterania timur meliputi sedikitnya enam kapal perang dan tiga kapal perbekalan.

Adm. Valuyev menyoroti pentingnya kehadiran kapal perang di Mediterania, karena menurutnya kapal perang buatan Rusia akan membantu sistem pertahanan udara di Suriah, dan salah satu senjata yang akan mampu menembak jatuh rudal Tomahawk menurut Valuyev adalah rudal permukaan-ke-udara Shtil-1.

Shtil-1 adalah sistem pertahanan udara jarak menengah terbaru Angkatan laut Rusia yang memiliki jangkauan hampir 50 km dengan kecepatan mach 4.5. Rudal Shtil-1 dirancang untuk pertahanan kapal perang dari serangan rudal anti kapal, rudal jelajah, pesawat tempur, helikopter dan drone.

Shtil-1 merupakan salah satu rudal permukaan-ke-udara tercepat didunia, hampir mach 4.5. Bandingkan dengan rudal Sea Sparrow dan Aster 15 yang memiliki kecepatan mach 3.5, dan Sea wolf yang hanya mach 2.

Kelebihan lainnya dari rudal Shtil-1 adalah daya salvo rudal yang mampu ditembakkan setiap 1.5 – 2 detik, dan mampu menyasar 2 sampai 12 target secara bersamaan.

Author : Muhidin

  63 Responses to “Rusia Akan Hadang Rudal Tomahawk dengan Rudal Shtil-1”

  1. masa?

  2. Noji mantap rusia

  3. Hihihi… Sekalian Di Test agar Battle Proven…

  4. bung jimmy rosoboron .. hrg grigorovich plus klibr plus jaming berapa hrgnya..?

  5. Bertele-tele,langsung hantam sumbernya lebih baik

  6. Bisa sih bisa, tapi bisa cegat berapa unit? Setau saya max Rudal Shtil-1 yg bisa diangkut Grigoro itu sekitar 24 unit, berarti max Tomahawk yg bisa dicegat menggunakan shtil-1 hanya 24 unit

    Btw…. saya kutip.

    “Shtil-1 merupakan salah satu rudal permukaan-ke-udara tercepat didunia, hampir mach 4.5.”

    Rudal “Sprint” mampu menggapai kecepatan 10 Mach hanya dalam waktu 5 detik setelah diluncurkan.

  7. bagus nih buat arsenal PKR kita

  8. Mulai hangat lagi…. kasian…

  9. Klu bicara rudal kapan kita bs mandiri dan swasembada rudal ya? Klu masih harap beli ya gak bs cepat perkuatan perisai udara kita!

  10. Mungkin ASU masukin Indonesia Ke Block Timur gara2 Indonesia Mengutuk Serangan Tomahawk ASU ke Suriah… Jikapun Benar Begitu Saya Maju Paling Depan Sebagai Infantri…

    #NKRI Harga Mati

  11. Hihihi… Jika Orang Yg Shoot Down Tomahawk Itu Lagi Beruntung Kemungkinan Tomahawk Bisa di Shoot Down…

  12. Bisa bung asal yang pegang Manpad Sambil Ngampet waktu nembaknya………!!!!

  13. Test…

  14. Bisa saja bung, kecepatan Tomahawk itu sekitar 250 meter/detik. Sedangkan jangkauan manpad sekelas mistral punya jangkauan efektif 6km. Berarti Manpad Mistral masih punya waktu respon sekitar 24 detik. Tapi itu hanya bisa untuk tomahawk, untuk menangkis rudal sekelas Kalibr yg punya kecepatan sampe 3 mach, rasanya mustahil Bisa dicegat manpads

  15. Jika beneran terjadi, berarti itu namanya sdh perang dong, sekalian aja perang dunia ke 3… ga ada yg larang kok, asal jgn arena perangnya di suriah, silahkan aja invasi di negara2 yg bermusuhan…

  16. Borooong coyy….

  17. Itu grigorovich..utk ngejar si pembawa tommy..jika semuanya missed..

  18. US kan gitu, gak kenal blok netral. Yg gak masuk aliansi dianggap musuh

  19. Yah klo INDONESIA hanya bisa PLANGA PLONGO DOANK SAMBIL GARUK2 KEPALA..

    Walaupun INDONESIA punya manpad rudal chiron n rudal Startreak…
    Apa ada yg berani ngadepin hujan TOMAHAWK..??

    Rusky aja kewalahan..
    Apalgi Indonesia..??

  20. Rusia dah ummach umma h indonesia masih ehem2

  21. Kalau sisa rudal nyasar kekita…nggak mempan, karena pejabatnya banyak yg kepala batu.

  22. Tes

  23. Hihihi Kaya Tomahawk Yg Akurasinya Jelek Itu Ya?… πŸ˜›

  24. RI KAPAN ?

  25. ini klo bleh tau si bung muhidin ni si irwansyah kan bung admn si pecinta wanita itu
    klo gak bleh nnya sih
    ea wis aku nyimak ajah dri jauh

  26. Tes terus

  27. Gk perlu, untuk nangkis rudal cukup SHORAD aja, macam Pantsir..

  28. Nembak jatuh tomahawk itu bukan perkara yang susah…tomahawk gak akan tau kalo sedang dibidik radar atau peralatan bidik optik, dia juga ga akan tau atau bisa mengelak ketika sedang dihadang oleh rudal hanud karena tomahawk bukan pespur yang membawa peralatan pernika.

    Yang menjadi tantangan utama adalah bagaimana bisa mendeteksi kedatangan tomahwak yang sedang terbang rendah menyusuri kontur bumi…apalagi jika konturnya berupa daerah perbukitan, lembah atau kota yang. dipenuhi oleh gedung-gedung tinggi.

  29. omongkosong rusia nongol lg, g kapok pala putin d injak2 trump rupanya.. dan benar, berita selama ini s300/400 adalah yg trbaik trnyata cm diatas kertas, karna merasa tdk mampu rusia kembali mendatangkan shtil-1 yg lg2 blm teruji kemampuanya.

  30. Mending beli rudal nuklir ajah, bisa bikin babak belur lawan ….. Haha

 Leave a Reply