Des 162018
 

Moskva, kapal jelajah rudal kelas-Slava Angkatan Laut Rusia. Β© Kemhan Rusia via Wikimedia Commons

Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Kolonel Jenderal Alexander Fomin, mengatakan bahwa Rusia akan mengambil bagian dalam Latihan Angkatan Laut 2019 yang diselenggarakan oleh Singapura dan Korea Selatan dalam kerangka Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Hal itu disampaikan Fomin dalam sebuah pengarahan untuk instalasi asing pada hari Jumat.

Fomin mencatat bahwa Kementerian Pertahanan Rusia terus bekerja dengan negara-negara Asia Pasifik dalam format ADMM-Plus (pertemuan antara menteri-menteri pertahanan negara-negara anggota ASEAN dan mitra-mitra dialog).

“Pada Maret 2019 kami akan mengirim sekelompok spesialis Rusia (20 orang) untuk berpartisipasi dalam pekerjaan pelatihan kelompok ahli dalam kedokteran militer di bawah pimpinan Myanmar dan India. Pada Mei 2019 kami akan mengambil bagian dalam latihan multilateral angkatan laut yang diselenggarakan oleh Singapura dan Korea Selatan,” kata Fomin.

Dia mencatat bahwa dalam kerangka kerja format ini, kerja sama berkembang di bidang perang melawan terorisme, pendidikan militer, obat-obatan dan kegiatan pemeliharaan perdamaian.

“Bersama dengan Laos, Rusia adalah ketua bersama kelompok kerja pakar ADMM-Plus. Unit rekayasa Rusia saat ini berpartisipasi dalam operasi tambang di Laos. Kami juga mengajarkan pembuat sapu Laos untuk mengoperasikan peralatan insinyur yang diproduksi di Rusia,” tambah wakil menteri.

Negara-negara anggota ASEAN adalah Brunei, Vietnam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina. Mitra dialog asosiasi adalah Australia, India, Cina, Selandia Baru, Korea Selatan, Rusia, Amerika Serikat, dan Jepang.

Sumber: TASS

  15 Responses to “Rusia Akan Ikut Latihan Angkatan Laut ASEAN 2019”

  1.  

    Moskva 121.. Slava Class Cruiser..

    https://youtu.be/fjQ9HvIIv_g

  2.  

    Kalau Russia benar-benar bergabung, bisa jadi amrik bakalan kebakar jenggot nya … πŸ˜€

  3.  

    KEallaaahh, akhirΒ² ini min, komen gue hilang, apakh ini garaΒ² aming lee yg msh merahasiakn pria trsebut, karna memiliki mslh perbedaan keyakinan, jk aming lee ikut keyakinan keluarganya? Maka aming lee hrs meninggalkn hj nya & status kepegawaiannya jk dipoligami, jk tdk demikian? Yaa inilh alasan aming lee mengapa pria trsebut msh dirahasiaknnya sambil menunggu istri & keluarganya tdk ada lg kallee
    πŸ˜† πŸ˜†

  4.  

    Nah itulah bedanya pakta pertahanan/militer dengan kerjasama pertahanan. ASEAN itu meliputi kerjasama pertahanan/keamanan. Salah satu contoh lainnya adalah AARM. Nah kalo NATO, SEATO sama FPDA. Masih adakah yg gak bisa bedainnya??