Jun 172018
 

JakartaGreater.com – Pekerjaan pada pembangunan kapal perusak kelas-Lider mutakhir untuk Angkatan Laut Rusia dapat dimulai pada tahun 2020, menurut keterangan Wakil Panglima Angkatan Laut Rusia untuk Armament Viktor Bursuk pada hari Rabu.

“Desain awal kapal destroyer telah dibuat. Setelah melihat hasilnya, kini kami membuat keputusan yang diperlukan, pekerjaan pada desain teknisnya akan segera dimulai dan pembangunan akan dimulai setelah taun 2020”, kata Bursuk seperti dilansir dari laman TASS.

Proyek kapal perusak yang disebut sebagai Lider alias Leader ini sedang dikerjakan di Biro Desain Severnoye di Saint Petersburg. Sebagai Wakil Presiden dari United Ship-Building Corporation untuk Galangan Kapal Militer, Igor Ponomaryov sebelumnya mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan Rusia telah menyetujui rancangan konseptual dari kapal perang tersebut.

Kapal dengan panjang 200 meter dan lebar 20 meter serta berbobot 17.500 ton ini memiliki kecepatan maksimal 32 knot. Kapal perang serbaguna tersebut akan memiliki kemampuan anti pesawat terbang, anti rudal balistik, kemampuan anti-permukaan dan juga anti kapal selam.

Kapal Lider-Class ini dimaksudkan untuk menggantikan kapal perusak Sovremennyy-Class, kapal perang anti-permukaan utama Angkatan Laut Rusia, kapal jelajah Slava-Class serta kapal perusak anti kapal selam Udaloy I-Class.

Lider-Class diharapkan akan dilengkapi dengan rudal anti kapal, rudal anti kapal selam dan rudal serang darat, seperti rudal jelajah anti-kapal supersonik P-800 Oniks yang memiliki jangkauan lebih dari 300 km. Juga akan dilengkapi dengan rudal jelajah hipersonik Zirkon.

Kapal perang generasi berikutnya, juga bisa menerima sistem pertahanan udara paling maju S-500 Prometey berbasis laut atau 55R6M Triumfator-M. Kapal perang tersebut juga akan memiliki landasan pendaratan untuk dua helikopter Kamov Ka-27 atau Kamov Ka-32.