Jul 092017
 

Main Battle Tank T-90SK. © UVZ

Perusahaan UralVagonZavod (UVZ) dari Rusia telah menandatangani kontrak pengadaan 64 unit tank tempur utama T-90S generasi ketiga untuk Angkatan Bersenjata Vietnam, seperti terungkap dalam laporan tahunan perusahaan tersebut pada hari Selasa.

Dilansir dari laman Defence Blog yang menyebutkan bahwa laporan tahunan perusahaan itu mengidentifikasi pemenuhan kontrak luar negeri termasuk di antara prioritasnya, “kontrak dengan Kontraktor 704 untuk mengirimkan 64 unit tank T-90S/SK”.

Berdasarkan standar kode nasional negara Rusia, nomor 704 adalah referensi untuk  negara Vietnam.

Tank Tempur Utama (MBT) T-90S adalah sistem senjata hi-tech generasi baru yang khusus dikembangkan dengan memanfaatkan pengalaman selama satu abad yang diperoleh industri pembuatan tank Rusia, pelajaran yang didapat dari penggunaan tank di berbagai negara di seluruh dunia, studi dan analisis layanan lapangan serta uji coba intensif dilingkungan yang paling parah.

T-90S adalah kendaraan tempur berantai dengan persenjataan mematikan, sistem kontrol penembakan canggih, perlindungan armor berat dan kemampuan manuver yang tinggi.

Persenjataan utamanya adalah meriam smoothbore 125 mm yang telah ditingkatkan dengan sistem boresighting terintegrasi dan laras pelepas cepat. Senjata tersebut distabilkan di dua bidang dan diisi oleh pemuat otomatis (autoloader).

Autoloader akan memastikan kecepatan tembak yang tinggi (7 – 8 amunisi per menit) yang membedakan T-90S dari sebagian besar MBT asing. Kapasitas amunisinya meliputi amunisi APFSDS, HE dan HEAT yang berkemampuan tinggi.

Kemampuan meriam tank ini untuk melibatkan target darat dan udara tingkat rendah telah ditingkatkan melalui penggunaan sistem peluru kendali seperti rudal HEAT dipandu laser.

Sebuah senapan mesin 12.7 mm dibagian atapnya memungkinkan komandan untuk memberi titik tembak tepat sasaran di udara dan darat menggunakan aktuator kendali jarak jauh.

Tank ini dilengkapi dengan sistem kendali tembak otomatis yang memungkinkan penembak dan komandan untuk secara efektif melepaskan tembakan dari senapan mesin koaksial dan senapan mesin anti pesawat pada saat berhenti dan bergerak, baik siang dan malam.

MBT T-90SK tersebut dirancang untuk memberikan komando dan kendali terhadap unit-unit di bawahnya, memfasilitasi komunikasi dengan komandan yang lebih tinggi, serta dapat melakukan operasi sebagai bagian dari unit dan sub unit.

Tank komando ini merupakan turunan dari tank T-90S, dan yang membedakannya adalah set peralatan radio R-168-100KBE HF, peralatan navigasi TNA-4-3 dan set pembidik optik  PAB-2M.

Spesifikasi dasar T-90SK setara dengan model dasar T-90S. Sistem persenjataan komando, sistem proteksi, pembangkit tenaga listrik, transmisi, persneling, perangkat penglihatan, kit mengarungi perairan dalam, peralatan kamuflase dan peralatan penyapu ranjaunya mirip dengan T-90S.

Bagikan:

  15 Responses to “Rusia Akan Memasok MBT T-90S/SK Ke Vietnam”

  1.  

    wadaw jossss tuh MBT nya….excelent…

  2.  

    pemerintah vietnam tau, apa yg rakyatnya mau…
    pemerintah indonesia tau, apa yg rakyatnya ga mau…
    KONTRAS 100%…..aka Berbanding Terbalik!!!

  3.  

    Baru apa seken ya?

  4.  

    Nggak keren ya modelnya…

  5.  

    Bagemana dg Indonesia..ada rencana beli MBT gk…

  6.  

    Mantap, untuk lawan MBT Cina!

  7.  

    Waduh bikin iri aja..

  8.  

    wah wah wah…
    pasti Vietnam belinya baru nih
    :rate

    •  

      belum tentu bung….di ukraina banyak tank yang akan di repro…., juga yang Kilo dari Rusia itu khan barang repro..yang akan dibeli Indonesia tapi ngga jadi…, kayaknya vietnam kejar kwantitas alutsista…hueheh

  9.  

    Apapun itu pemerintah vietnam sangat memperhatikan militer nya karena negara vietnam di apit oleh negara2 yg lumayan rakus dan vietnam gx akan kecolongan lagi pada saat PD II itu sbab nya negara itu sanggup belanja boros untuk memperbaharui dan menambah kekuatan tempur nya,, begitu juga rusia tak tanggung2 untuk bekerjasama dgn negara2 yang meminati Alutsista nya, Indonesia pernah di tawari T90 ini tapi Indonesia menolak nya..

  10.  

    Sama kyk pendekar sebelahh :matabelo

  11.  

    Yg 2nd hanya casingnya doang…gak papa…asal mesin,isian,laras baru..

  12.  

    T-90s sudah ada active protection systemnya ya? beda jauh sama leopard kita A4, kalo ribut sama pemberontak bisa jadi bulan bulanan ATGM

 Leave a Reply