Mar 132018
 

Peluncuran sistem rudal pertahanan udara S-400 Rusia © Russian MoD

JakartaGreater.com – Rusia akan mempercepat pengiriman sistem pertahanan udara S-400 ke Turki sesuai dengan permintaan terakhir, menurut Vladimir Kozhin, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Berbicara dengan saluran TV, Rossiya 24, Vladimir Kozhin, ajudan kerjasama militer dan teknis untuk presiden Rusia, mengatakan bahwa Pemerintah Rusia berencana untuk mulai mengirimkan sistem pertahanan udara S-400 pesanan Turki pada awal 2020.

“Kontrak telah ditandatangani dan hal itu akan terpenuhi. Pihak Turki terus mengekspresikan keinginannya untuk mempercepat pengiriman dan kami telah menemukan opsi yang optimal disini: kami bertemu mereka untuk mempercepat kontrak”, kata Kozhin pada hari Senin.

Sebelumnya, Sergey Chemezov, kepala perusahaan negara Rusia, Rostec mengatakan bahwa Turki telah membeli empat divisi S-400 dengan biaya $ 2,5 miliar.

Pada bulan November 2017 dilaporkan, mengutip Menteri Pertahanan Turki Nurettin Canikli, bahwa Rusia akan mengirimkan unit pertama sistem pretahanan udara S-400 pada akhir tahun 2019. Chemezov juga mengatakan bahwa Rusia akan mengeluarkan kredit untuk Ankara yang mencakup lebih dari separuh biaya kontrak.

Pada tanggal 10 Maret, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pun mengatakan bahwa Turki memerlukan sistem pertahanan udara segera karena negara tersebut saat ini tidak memiliki satupun.

Pekan lalu, kepala Komando Tertinggi Eropa dan Panglima Tertinggi Sekutu Eropa Curtis Scaparrotti mengatakan bahwa Amerika Serikat berharap bahwa Turki akan mengubah keputusannya untuk membeli sistem S-400 Rusia dan memperingatkan bahwa Ankara mungkin akan menghadapi konsekuensi atas tindakan pembelian tersebut.

Kesepakatan S-400 Turki itu telah menjadi perhatian utama NATO. Awal bulan ini, Wakil Sekjend NATO Rose Gottemoeller mengatakan bahwa S-400 tidak terintegrasi dengan sistem hanud NATO, sementara Ketua Komite Militer NATO Petr Pavel memperingatkan bahwa meskipun negara-negara anggota memiliki kedaulatan dalam hal pengambilan keputusan, mereka juga “berdaulat dalam menghadapi konsekuensi atas keputusan tersebut”.

Bagikan:

  47 Responses to “Rusia Akan Mempercepat Pengiriman S-400 Turki”

  1.  

    YUNANI ANGGOTA NATO SUDAH LAMA MEMILIKI S-300. GILIRAN TURKI BELI S-400 DI PROTES. JIKA TURKI KELUAR DARI OTAN DAN BALIK GABUNG KE RUSIA MAKA BARBARIKA DAN OTAN KEHILANGAN AKSES MENUJU KE LAUT HITAM. WASSALAM.

    •  

      Sangat kecil kemungkinan Turkiye keluar dari ke-anggota-an NATO…

      Saya melihat dalam kasus ini, Turkiye sedang menaikan posisi tawar untuk di akui sebagai anggota penuh Uni Eropa dan bukan sekedar anggota Kemitraan Istimewa.

      Saran saya, Turkiye sebaiknya tahu diri dan percaya diri karena tanpa menjadi anggota Uni Erooa-pon Turkiye sudah setara dengan negara maju Eropa.

      •  

        KITA LIHAT BERSAMA SAMA APA YG AKAN DI LAKUKAN TURKI JIKA BARBARIKA JADI MEMBERI SANKSI ATAS PEMBELIAN S-400. TURKI JANJI AKAN MEMBALAS SANKSI.

        TURKI BARU BARU INI MENGELUH. OPERASI ZAITUN TURKI DI AFRIN TANPA ADA SATUPUN NEGARA NATO YG MAU MEMBANTU.

        YUNANI DAN ARMENIA MEMPROTES KONGRES BARBARIKA UTK SEGERA MEMBATALKAN PEMBELIAN 100 JET F-35 TURKI.

        •  

          Kasian Turkiye, seperti anak tiri di NATO….. padahal ancaman terhadap salah satu anggota berarti ancaman terhadap anggota yg lain….. hmmm…. uhuk.. uhuk…

          Yunani dan Turkiye terlibat dalam sengketa di Cyprus, Armenia pernah mengalami genoside rezim Ottoman…. tambah numpuk aja ranjau di jalan Turkiye….

          Yg bikin saya heran, kenapa pemerintah Suriah dgn sokongan penuh dari militer Russia se-olah2 tutup mata terhadap operasi militer Turkiye + FSA di Afrin yg notabene wilayah kekuasaan sah rezim Assad !!??….

          •  

            @bung Colibri… saya juga curiga dan berusaha mencari clue nya bung… sepertinya memang dibiarkan gara2 niatan USA yang ingin membangun tentara perbatasan yang sepertinya memang bertujuan untuk memecah antara Suriah dan Kurdi, sekaligus bisa memasukan unsur pasukan FSA… jelas saja dengan ulah Turki rencana itu menjadi pisau bermata dua untuk USA…
            1. Rencana utama menjadi kacau gara2 ulah Turki, dan situasi menjadi rumit dan USA sedikit banyak konsentrasinya terpecah
            2. Kurdi yang merasa kewalahan karena USA seperti kasus Kurdi Irak yang membuat referendum dan dilawan oleh Irak dengan operasi militer, dan USA tidak memberikan bantuan apapun untuk melawan gerakan Irak, begitu juga ketika Turki masuk menyerbu Kurdi, bahkan justru membuka peluang Suriah untuk masuk dalam wilayah Kurdi ketika Kurdi sadar hanya bisa minta tolong kepada pasukan Suriah…
            Bagi Suriah dan Russia, justru kondisi ini semakin membuat kacau rencana USA dan koalisinya, dan justru malah Suriah memfokuskan diri di Ghouta sehingga semakin tidak karuan sisi mana yang menjadi fokus USA dan koalisinya, sedikit banyak juga menyadarkan suku Kurdi kalau mereka tidak mendapatkan support yang sesungguhnya ketika mereka benar2 tertekan dan jelas itu bukan USA…
            Saya yakin USA tidak mengira kalau Turki bakalan seagresif seperti sekarang…
            Untuk itulah S-400 benar2 harus segera dikirim… karena Turki bisa di jadikan target operasi militer oleh sekutu berikutnya…

          •  

            Sepertinya asumsi bung Yuli benar, kemungkinan ada perjanjian rahasia antara Suriah dan Turki difasilitasi Rusia untuk menekan Kurdi agar tdk memerdekakan diri.yg namanya politik apapun bs berlaku.he3

    •  

      Analisis ngawur tak berdasar. Jika Turki mampu menghadapi Kurdi di Afrin, tak Mungkin Erdogan meminta langsung bantuan militer dari NATO. Saya sepakat dg Bung Colibri bahwa Turki hanya ingin menaikkan posisi tawar mereka pada Uni Eropa. Erdogan tak menyebut penggunaan Artikel 5 dalam traktat perjanjian NATO.

      Sebuah negara anggota NATO akan resmi mendapatkan bantuan jika pemerintahnya benar2 mengaktifkan Artikel 5, jika masih dalam tahap verbal maka belum akan diputuskan.

      Masalah Turki-Kurdi-Assad lebih kompleks dari yg ada. Turki membenci Kurdi dan Assad, Kurdi membenci Turki dan Assad, sedangkan Assad juga membenci Kurdi dan Turki. Assad saat ini sepertinya diam saja saat Turki memasuki Afrin, hanya saja anehnya mereka menempatkan pertahanan udara di Allepo yg secara langsung Jangkauannya juga mengkover Afrin yg ada di utaranya. Hal ini membuat galau Turki yg akan melakukan serangan udara. Jika Turki dan Suriah secara resmi bekerjasama untuk menghadapi Kurdi maka jawabannya akan jelas. Aliansi Suriah-Turki dibantu Iran-Rusia akan menghadapi Kurdi yg dibantu oleh USA-NATO dan juga Liga Arab termasuk Saudi. Sudah lama Negara2 Arab Teluk membenci Suriah/Assad yg Syiah dan Turki. Arab membenci Turki karena selain Turki adalah basis Ikhwanul Muslimin (IM), juga karena pengaruh pada masa Turki Usmani. Negara-negara Arab teluk merdeka karena ingin melepaskan diri dari Usmani. Melihat Turki bertindak lagi tentu akan membuat Arab teluk alergi lagi dan bila itu terjadi, kesepakatan bisnis alutsista antara Rusia dan Arab Teluk akan terganggu.

      Jalan keluarnya adalah Assad akan diam dan Turki lebih baik mundur dari Afrin. Turki bisa menghadapi Kurdi Turki dan PKKnya, selama masih di wilayah Turki. Tapi bila Turki berani menghadapi Kurdi di luar wilayahnya maka bukan hanya Kurdi yg akan akan dihadapi oleh Turki tapi seluruh kekuatan besar regional di Middle East.

  2.  

    Ke indonesia tahun 2020 s 400

  3.  

    Pembelian S400 oleh turki jg dpt tekanan dr AS,,.setali tiga uang dgn Nusantara,,.

  4.  

    $2,5 miliar dollar dapat 4 divisi. Kalau 1 divisi 2 batrei.. berarti 4 divisi 8 batrei. Benar ngk seh.??

  5.  

    Saya rasa keputusan turky sangat tepat dari kasus timur tengah sudah bisa di simpulkan konflik timur tengah dari irak,libya,mesir, yaman,syiria, bisa jadi arah konflik mengarah ke turky dan dia tenggarai ada campur tangan usa jadi opsi tandingannya hanayala bermitra dgn rusia

  6.  

    eh bray ada film baru ttg spec ops.
    Putin disebut mau menggarap film ruski office nya, film tersebut akan diberi judul “Putin”….

    waow tadi gw pikir judulnya bakalan ada rambo russia. atau scorpion three…..xixi

  7.  

    Sukro 35s + S 400 sudah teken kontrak belum..?

  8.  

    Daripada mahal lebih baik diam2 kita beli rudal hwasong korut yg berjangkauan ribuan km sekalian sama nuklirnya tpi diam2 ,tau2 punya ,kenapa seh kita kalau beli senjata diumumkan ? Diam2 aj tw2 dipamerkan jika negara dlm keadaan genting seperti negara timteng

  9.  

    Apapun yg dilakukan oleh Turki, berlaku untuk keamanan Nasional, wajarlah Rusia mempercepat pengiriman S-400.

  10.  

    mantap Turki feat Rusia XD

  11.  

    Emang tu bung yuli, si agato mmg suka ngawur ..,sifat si huha nular kali ya ke dlm diri sugigi,,xixiixi,,.

 Leave a Reply