Mar 252017
 

Rusia akan melaksanakan pekerjaan R&D dengan nama sandi “Arbalet” di tahun 2021-2025 untuk mengembangkan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak pendek baru, ujar Komandan Pertahanan Udara Letnan Jenderal Alexander Leonov, pada hari Jumat sebagaimana dilansir oleh TASS Defense.

“Salah satu upaya R&D dengan kode Arbalet akan difokuskan pada pengembangan sistem robotik untuk pertahanan udara jarak pendek dengan memperluas kemampuan mendeteksi dan melumpuhkan serangan senjata udara canggih, termasuk drone dan elemen persenjataan serang presisi”, kata komandan tersebut.

“Pengerjaannya direncanakan akan dilakukan di tahun 2021-2025”, kata Leonov.

Panglima Angkatan Bersenjata Rusia, Oleg Salyukov mengatakan, sistem rudal anti-pesawat jarak pendek yang menjanjikan tersebut diharapkan mulai tiba untuk Angkatan Bersenjata pada tahun 2030-2035.

Dilansir dari Sputnik News, sistem pertahanan udara jarak pendek baru akan dilengkapi dengan chassis canggih seperti tank T-14 Armata dan BMP Kurganets-25, dalam perjalanan atau selama melakukan serangan”, menurut Murakhovsky.

Sebagai tambahan, sistem baru harus mampu menembak selama dalam perjalanan, kata Murakhovsky, mengacu pada sistem rudal permukaan-ke-udara canggih jarak pendek Tor-M2, yang secara bersamaan dapat mendeteksi lebih dari 40 target, melacak dan menyerang empat dari mereka secara bersamaan pada jarak hingga 23.000 kaki (7 km) dan pada ketinggian hingga 19.700 kaki (6 km).

Rudal Sosna diharapkan untuk menggantikan sistem pertahanan udara Strela-10M yang saat ini ada dalam pelayanan dengan Angkatan Bersenjata Rusia.

Sistem unik itu akan mampu mengeliminasi segala jenis ancaman udara termasuk senjata-presisi tinggi seperti rudal jelajah dan rudal pesawat di area yang menjadi tanggung jawab sistem yaitu dalam radius 5-10 kilometer, dan pada ketinggian hingga 5 kilometer”, menurut Biro Desain Tochmash.

Bagikan Artikel :

  9 Responses to “Rusia Akan Mengembangkan “Arbalet”, Sistem Rudal Pertahanan Udara Canggih”

  1. Itu mahluk koq sangar jang!!!

  2. TOT buat bang RHan

  3. Yg bakal menggantikan Mbok-Me dan Pantsir-S sepertinya. Di design dng teknologi yg sangat modern sehingga bahkan drone yg sebesar nyamukpun bakal dieliminasi.
    Menambah tingkat kerapatan pertahanan ruang udara Rusia menjadi semakin sangat sulit ditembus, dng kehadiran system ini dipadu Mbok-3Me, S-400 dan terdepan S-500.
    Lengkap sekali. Salut dng Rusia.

    • Lebih efektif mana nih antara rudal baru tersebut dengan rudal PATRIOT terutama dalam hal ketepatan dan efisiensi harga dalam melenyapkan DRONE 😆 dan lagi apakah kira-kira rudal baru tersebut sudah dilengkapi dengan sistem pengaman “unwanted” launch protector untuk menghindari salah pencet?

  4. Gile bener! Rusia begitu mudahnya memodernisasi rudal pertahananya, ayo Indonesia dapatkan teknologinya melalui TOT.

  5. Taruh di Panser Anoa n Tank medium kita juga taruh di kapal cepat 40m dan 60m kita borong n minta TOT. Gitu aja kok repot.

  6. mantap kalo di instal di tank badak atau di tank boat..

 Leave a Reply