Rusia Akan Pamerkan Pesawat Rudal Yang Unik – Ekranoplan

Jakartagreater.com – Salah satu pesawat paling unik di dunia, MD-160 Rusia – atau kadang disebut ‘Ekranoplan’ ditarik ke kota Derbent Rusia minggu lalu. Pesawat teraneh di dunia ini akan ditempatkan secara permanen di pusat pameran ‘Patriot Park’, lansir Defenseworld.

Pesawat yang dirancang pada tahun 1986 dengan fitur unik, yakni dengan enam tabung rudal yang diletakkan di atas badan pesawatnya. Dirancang untuk menyelinap ke armada kapal induk musuh di bawah jangkauan radarnya dan menembakkan rudal sebelum pertahanan kapal perang musuh bisa bereaksi.

Dirancang oleh Uni Soviet selama tahap akhir Perang Dingin sebagai pesawat serang rudal anti-kapal berkecepatan tinggi, desainnya yang tidak biasa membuatnya terlihat seperti pesawat ruang angkasa dari Star Wars. Pesawat kini akan dipamerkan di Patriot Park di kota Derbent di republik Dagestan Rusia yang akan dibuka untuk umum pada akhir tahun ini.

Saluran TV Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan pada 31 Juli 2020 bahwa ‘ekranoplan,’ telah tiba di Derbent, Dagestan setelah menempuh perjalanan selama 14 jam ke selatan dari pangkalan Angkatan Laut Rusia di Kaspiysk, yang juga di terletak di Dagestan.

Pesawat sudah tidak beroperasi sejak akhir tahun 1990-an. Butuh waktu sehari untuk menyiapkan pesawat untuk ditarik dalam perjalanan ke rumah barunya.

Konstruksi pesawat MD-160 dimulai pada tahun 1986 dan selesai pada tahun 1991. Tidak pernah diketahui apakah pesawat pernah melakukan penerbangan misi tempur.

Pesawat menggunakan delapan mesin turbofan Kuznetsov NK-87 untuk daya angkat, dengan masing-masing mesin memiliki daya dorong maksimum 28.600 pound, dengan empat mesin yang terpasang di sisi kiri dan empat mesin di sisi kanan bagian depan badan pesawat.

Pesawat kedua, yang disebut ‘penyelamat ekranoplan’ dibangun, tetapi tidak pernah keluar dari pabrik perakitannya di Kaspiysk. Pesawat masih ada di pabrik dalam kondisi mothballed. Pesawat ekranoplan kedua dibuat di tahun 90-an dan untuk menyamarkannya, Rusia menyebutnya sebagai pesawat pencarian dan penyelamatan (SAR), dari istilah inilah nama ekranoplan ‘penyelamat’ muncul, Tapi dalam kekacauan Rusia tahun 90-an, pengerjaannya terhenti di 75% dari kesiapan pesawat.

Menyusul jatuhnya Uni Soviet, rencana untuk membangun tujuh pesawat MD-160 dibatalkan. Satu-satunya pesawat ekranoplan dipindahkan ke Kaspia Sea Flotilla tetapi sebagian besar tetap tidak digunakan dan tidak pernah diketahui apakah telah dikerahkan bahkan dalam sebuah latihan.

Pesawat ekranoplan, bagian dari pesawat tempur Lun class dilengkapi enam rudal anti-kapal Moskit P-270, NATO memberi nama sandi sebagai Sunburn SS-N-22. Rudal-rudal ini dipasang berpasangan di atas tengah badan dengan sudut ke atas sekitar 30 derajat. Radar pencarian permukaan yang besar dipasang di bagian ekor. Tujuan dirancangnya pesawat ini adalah untuk meluncurkan serangan kecepatan tinggi pada armada kapal perang besar musuh seperti kapal induk.

Pesawat ekranoplan berukuran panjang 73 meter, dengan lebar sayap 44 meter. Kecepatannya mencapai 500 km / jam, dengan jangkauan jelajah – hingga 2.000 km, dan berat lepas landas maksimum adalah 380 ton.

2 pemikiran pada “Rusia Akan Pamerkan Pesawat Rudal Yang Unik – Ekranoplan”

Tinggalkan komentar