Mei 012017
 

Kendaran tempur infanteri Rusia, Kurganets-25. © Vitaly Kuzmin

Rusia akan memulai produksi massal kendaraan tempur lapis baja infanteri, Kurganets-25 canggih pada tahun 2021, menurut keterangan Yury Borisov, Wakil Menteri Pertahanan Rusia pada 26 April 2017, seperti dilansir dari Defence Blog.

“Produksi massal akan dimulai pada 2021, tapi itu tidak berarti kita meninggalkannya. Kita punya waktu untuk mengidentifikasi semua kebuntuan, menguji, melindungi semua risiko teknis yang terkait dengan pengembangan mesin, transmisi otomatis dan sistem pencitraan, kata Yury Borisov.

Kurganets-25 adalah platform modular 25 ton terbaru yang dikembangkan oleh Rusia untuk Angkatan Daratnya. Kurganets-25 akan memiliki pelindung lapis baja modular yang dapat di tingkatkan sesuai dengan ancaman tertentu.

Ada dua versi kendaraan tersebut, yakni sebuah kendaraan tempur infanteri bersenjata berat yang membawa antara 6-7 tentara dan APC ringan yang mampu membawa hingga 8 tentara. Varian lain yang diusulkan untuk Kurganets termasuk ambulans lapis baja, pembawa mortir Vasilek 82 mm, kendaraan anti tank, kendaraan pemulihan lapis baja, kendaraan pengintai, kendaraan komando dan kendaraan rekayasa lapis baja.