Apr 242019
 

ilustrasi: Kapal Selam Borei class Rusia. © Kemhan Rusia

Severodvinsk, Jakartagreater.com  – Kapal selam khusus bertenaga nuklir Proyek 09852 Belgorod akan menjadi yang pertama dalam membawa Drone bawah air strategis Poseidon. Kapal selam ini diluncurkan di Sevmash Shipyard di Rusia Utara pada Selasa, 23-4-2019 ujar TASS melaporkan dari tempat kejadian. Presiden Rusia Vladimir Putin menyaksikan upacara peluncuran kapal selam melalui tautan TV.

Seperti yang dikatakan Kepala Sevmash, Mikhail Budnichenko, pada saat upacara pengeluaran kapal selam, “pembuat kapal perusahaan akan memenuhi semua tugas membangun kapal dalam jangka waktu yang ditetapkan dan dengan kualitas tinggi.” Setelah itu, Kapten Komandan Kapal Anton Alyokhin secara tradisional membenturkan sebotol sampanye pada papan kapal.

Konstruksi kapal selam kini telah terapung. Sebuah sumber di industri pertahanan sebelumnya mengatakan kepada TASS bahwa tes reaktor nuklir kapal selam dan uji coba dermaganya dijadwalkan untuk tahun ini. Belgorod akan melakukan uji coba laut pada tahun 2020, setelah itu akan dikirim ke Angkatan Laut pada akhir tahun itu, sumber tersebut mencatat.

Sumber lain di industri pertahanan mengatakan kepada TASS bahwa kapal selam baru akan dapat membawa 6 pesawat bawah laut strategis. Kapal selam bertenaga nuklir Belgorod awalnya dibangun di bawah Proyek 949A ‘Antey.’ Kapal selam itu disiapkan di Galangan Kapal Sevmash pada 24 Juli 1992. Pada 20 Desember 2012, kapal itu disipkan kembali di bawah Proyek 09852.

Operasi yang tepat karakteristik dari kapal selam bertujuan khusus dirahasiakan dan tidak diketahui saat ini. Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan pada November 2018 bahwa kru kapal selam Belgorod telah dibentuk. Drone bawah air yang kemudian bernama Poseidon diluncurkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dalam Pidato kenegaraannya kepada Majelis Federal pada 1 Maret 2018.

Pemimpin Rusia mengatakan bahwa Rusia telah mengembangkan Drone yang mampu bergerak pada kedalaman dan pada jarak antarbenua dengan kecepatan berlipat ganda melebihi kecepatan kapal selam, torpedo paling canggih dan semua jenis kapal permukaan.

Seperti yang dikatakan oleh presiden Rusia, Drone ini dapat dipersenjatai dengan amunisi konvensional atau nuklir, yang akan memungkinkan mereka untuk menyerang berbagai sasaran. Drone Poseidon akan menampilkan jangkauan operasi yang tidak terbatas dan kedalaman operasional lebih dari 1 km.

  12 Responses to “Rusia Apungkan Kapal Selam Nuklir Pembawa Drone Poseidon”

  1.  

    efek gentar kawasan pasifik

  2.  

    Gawat amerika & sekutunya
    😆 😆

  3.  

    Torpedo Kanyon tak bisa dipake sembarangan kecuali kalo Presiden Rusia menginginkan kiamat nuklir lawan USA dan sekutunya. Kalopun begitu, USA juga punya platform sejenis yg bisa diisi hulu ledak nuklir setara dg bisa diisi oleh Kanyon.

    Yang buat ane tertarik itu kalo aja Rusia bisa buat torpedo Kanyon yg bisa diperkecil serta bisa diekspor jelas bakal menjadi ancaman mengerikan buat armada USN. Bisa menyelam hingga 1000 meter, jangkauan dikurangi hingga 100 km dg kecepatan 100 knot. Itu udah lebih dari cukup buat menjadi ancaman kapal induk.

    •  

      Kanyon adalah drone torpedo bawah air lengkap dengan senjata termonuklir berkekuatan 100 megaton, memiliki kecepatan 100 knot, jangkauan 6.200 mil, dan kedalaman maksimum 3.280 kaki. Kanyon emang mengerikan jika Rusia berkehendak. Tapi nyatanya Rusia tidak akan pernah memulai kecuali jika diserang.

      Klo emang USA bisa menciptakan platform sejenis yg bisa diisi hulu ledak nuklir seperti Kanyon, coba ente sebutin contohnya???

      •  

        Contohnya Orca buatan Boeing-Lookheed Martin. Dengan dimensi dan spesifikasi yg hampir mirip, Orca jauh lebih multifungsi daripada Kanyon. Orca selain bisa digunakan untuk misi mata² juga bisa dipersenjatai dg berbagai torpedo dan ranjau. Memungkinkannya untuk menyerang armada kaprang atau Kasel musuh dan bahkan bisa menangkal Kanyon sebelum tuh torpedo bisa menyerang pantai USA dan sekutunya.

        Kanyon bisa menyelam sedalam 3.280 kaki, Orca bisa menyelam hingga 11.000 kaki. Kanyon bisa menyelam sejauh 6.200 mil, Orca bisa menyelam sejauh 6.500 mil. Dengan harga Orca yg seharga USD 40an juta dan anggaran militer USA bisa lebih dari 800 milyar, bayangkan berapa banyak Orca yg bisa diproduksi dalam setahun?? 5% anggarannya aja bisa dibuat 1000 Orca dalam setahun. Itu dah lebih dari cukup untuk membuat armada Rusia dan China sembunyi di Pangkalannya sendiri. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

        •  

          hla jelas tujuanya beda… drone ya drone… torpedo ya torpedo… fungsinya lain… dan yang paling berbeda jelas sumber tenaganya…Poseidon bisa meluncur dengan jangka waktu tak terbatas… dan untuk apa menyelam terlalu dalam kalau fungsinya memang untuk menyerang musuh???

        •  

          tuh asalnya dari Voyager… itu adalah drone… bukan torpedo…

          That boat is an unmanned diesel electric submarine launched and recovered from a pier

          jelas kalau fungsinya ya kayak kapal selam…

          How much Orca will improve upon the tech already inside Echo Voyager is unknown. U.S. Naval Institute News says the Orca will be capable of, “mine countermeasures, anti-submarine warfare, anti-surface warfare, electronic warfare and strike missions.” Orca could carry sonar payloads, sniffing out enemy submarines and then sending location data to friendly helicopters and surface ships.

          Orca could even pack a Mk. 46 lightweight torpedo to take a shot at an enemy sub itself. It could also carry heavier Mk. 48 heavyweight torpedoes to attack surface ships, or even conceivably anti-ship missiles. Orca could drop off cargos on the seabed, detect, or even lay mines. The modular hardware payload system and open architecture software ensures Orca could be rapidly configured based on need.

  4.  

    Kalau di lihat body kapal selam Borei, model begini di fungsikan guna melenyapkan kapal induk dan pertahanan laut

  5.  

    yg jelas kasel imi guuuuuideeee banget.
    gmn perbandingan kl di sandingin dgn 401 kita ya.