Rusia-AS Perpanjang Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis

Rudal RS 24 Yars

JakartaGreater   –  Rusia dan Amerika Serikat (AS) resmi memperpanjang Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis Baru (New Strategic Arms Reduction Treaty/New START) hingga lima tahun ke depan setelah kesepakatan terkait perpanjangan pakta nuklir penting ini mulai berlaku pada Rabu, 3-2-2021, kata Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia, dirilis Xinhua.

Dalam pernyataannya, kementerian menyebutkan pihaknya dan kedutaan besar AS sudah bertukar nota diplomatik tentang penyelesaian semua prosedur domestik yang diperlukan untuk perpanjangan perjanjian ini.

“New START akan diberlakukan sesuai dengan format yang ditandatangani, tanpa perubahan atau penambahan apa pun, hingga 5 Februari 2026,” imbuh kementerian itu.

Disebutkan pula bahwa percakapan via telepon antara presiden Rusia dan presiden AS pada 26 Januari lalu menjadi kunci bagi kelanjutan perkembangan ini.

“Kami berharap pemahaman yang dicapai bersama Washington tentang nasib perjanjian penting untuk keamanan internasional ini akan membantu mengatasi kecenderungan yang terlihat dalam beberapa tahun terakhir akibat kebijakan AS yang destruktif terkait pelanggaran mekanisme nonproliferasi dan kontrol senjata,” demikian kementerian itu menekankan.

Pihak kementerian juga menambahkan Rusia siap melanjutkan dialog konstruktif dengan AS demi menghasilkan hal-hal baru baru yang akan memperkuat stabilitas strategis di dunia.

Leave a Reply