Dec 232015
 
Reaktor Nukllir

Reaktor Nukllir

Teheran – Rusia mulai membangun dua reaktor nuklir di Iran pekan depan. Penandatanganan kontrak pembangunan dua reaktor di pembangkit listrik Bushehr ini telah dilakukan setahun lalu.

Pembangkit listrik itu juga dibangun oleh Rusia. Iran berusaha mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi minyak dan gas. Hingga beberapa tahun ke depan, Iran berencana membangun 20 reaktor nuklir, empat di antaranya di Bushehr.

Dimulainya konstruksi dua reaktor menandai akan dicabutnya sanksi-sanksi Barat atas program nuklir Iran, berdasarkan kesepakatan pada Juli 2015.

Dengan pembangunan dua reaktor ini, jumlah reaktor nuklir Iran yang dibangun oleh Rusia akan menjadi sembilan.

“Pembangunan dua fasilitas tersebut akan dimulai pekan depan,” ujar juru bicara badan energi atom Iran Behrouz Kamalvandi.

Pembangunan dua reaktor ini sepenuhnya dari Iran. Hubungan ekonomi kedua negara akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Serangkaian perjanjian pembangunan diteken bulan lalu, dalam kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Iran.

AFP

 Posted by on December 23, 2015

  12 Responses to “Rusia Bangun Dua Reaktor Nuklir Iran”

  1.  

    Wess hewes hewess

  2.  

    Indonesia kapan” aja udah semaput baru mikir

  3.  

    klo tujuan nuklir untuk damai, okelah silahkan dibangun….but say no nuke for war!!!

  4.  

    Kita kapan y,..

  5.  

    S400 untuk melindungi bisnis Rusia di Iran.
    Kita dapat apa ya dari bisnis Rusia di Indonesia.

  6.  

    NKRI punya cadangan uranium yg melimpah, propinsi yg Pemda nya siap segalanya, harus berani mulai membangun PLTN daripada listriknya byarpet terus. Nunggu PLN pusat mengatasi ? bisa2 sampai dobol, tetap byarpet. xixixi.

    •  

      Masalah keamanan itu hanya ulah asing lewat lsm supaya NKRI tidak bisa mandiri energi. Buktinya PLTN di serpong sudah beroperasi 25 tahun lebih juga aman2 saja, masyarakat serpong yg tinggal di seputaran puspitek juga normal2 saja.

  7.  

    mungkin saja kalo kita punya nuke plan, maka harus ada pengawalnya semacam skyshield, S400 & aligator 52