JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 022018
 

Jet tempur siluman generasi kelima F-35i Angkatan Udara Israel (IAF). © Major Ofer (IAF) via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Rusia telah menepis laporan media yang mengklaim bahwa jet tempur F-35 Israel berhasil menembus sistem radar pertahanan udara Rusia di Suriah dan melakukan pengintaian udara di sana, tutur seorang sumber di kementerian tersebut, seperti dilansir dari laman Sputnik.

“Informasi yang diterbitkan oleh sejumlah media yang mengutip sumber asing mengklaim bahwa jet tempur Israel telah mengecoh radar Rusia dan melakukan pengintaian di dataran tinggi adalah sesuatu yang tidak masuk akal. Setiap pesawat jadi lebih mudah dilihat dan rentan terhadap radar di sebagian besar negara jika terbang di ketinggian tinggi”, katanya.

Pertahanan udara Suriah telah terbukti lebih dari sekali mengenai kemampuan mereka untuk mendeteksi dan di atas itu semua, melumpuhkan rudal udara-ke-permukaan, yang mana memiliki area refleksi efektif yang jauh lebih kecil daripada jet tempur F-35, kata sumber itu.

“Sebagaimana pertahanan udara Rusia di Suriah, mereka memberikan perlindungan yang dapat diandalkan untuk fasilitas pertahanan Rusia di Tartus dan Hmeymim”, lanjutnya.

Menurut narasumber yang mengklaim dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Kuwait Al-Jarida bahwa dua pejuang F-35 Israel telah berhasil melakukan pengawasan udara di ruang udara Iran awal bulan ini setelah melintasi wilayah Suriah dan Irak tanpa diketahui.

Bagikan:

  91 Responses to “Rusia Bantah F-35 Israel Kecoh Pertahanan Udara Buatan Rusia di Suriah”

  1.  

    Klo pny rusia susah utk dikecoh

    •  

      Sdh pernah keserempet s200 jadul…awas kesenggol s400 gk laku jualan nya nanti..hehehe

    •  

      .. lucu baca komentar2nya..
      1.tanker nyamar sipil
      .. setiap pesawat yg terbang damai (militer /sipil)wajib harus nyalain transponder nya agar terdeteksi flight radar..jika terasa ada yg aneh tentu mereka akan bertindak selanjutnya pikir sendiri..kenapa gak boleh bilang sekalian tanker nya stealth juga hehe
      2. terbang mode siluman
      .. f35 etc supaya siluman harus terbang mode siluman jg..
      .. yaitu terbang rendah kecepatan tinggi diantara gunung2 sebisa mgkin menghindari radar secara lgsg.. itulah knp pesawat perlu lincah dan bertenaga..(ini yg konon Israel lakukan untuk fasilitas nuklir tetangga) ..
      .. terbang tinggi nempel pesawat lain(sipil) sehingga reflexes nya tersamarkan cuma satu(sipil flight terdaftar) .. ini formasi standar pespur(di radar tampak satu ternyata 2-3).. itulah knp setiap ada pasawat mencurigakan perlu dikirim pespur pencegat untuk identifikasi visual..
      3.klo bisa beneran menyusup kemungkinan pake metode ke 2 trus tanker numpang punya koalisi di perbatasan irak Suriah
      .. gak tau jg yg mana yg benar

      •  

        Satu lagi, kemampuan Siluman bukan berarti terbang rendah dg kecepatan tinggi. Kalo hanya segitu, F-111 Aardvark juga bisa.

        •  

          .. @agato banyak2 membaca dulu ya, exs majalah angkasa (yg dulu terbatas untuk anggota tni au) .. klo langsung ngetik gini bingung akh yang mau bales nya
          .. ngomong sama kamu harus dijelaskan detail nya sampe bgt.. kamu kayak newbie didunia military..
          .. point yg dimaksud adalah menambah kestealtan nya.. pilot pesawat biasa dilatih gitu, utamanya untuk melatih membaca sensor benturan..
          pilot stealth diatas pesawat stealth jg latihan terbang stealth.. lo kira pespur stealth terbang kayak angkutan umum trus gak terdeteksi radar? termal, sonic, nya? frequency radio nya? berapa banyak pilot berani terbang mode manual silent tanpa elektronik..
          setau yg aku baca (jgn tanya link) bahkan f22 klo terbang normal bisa dideteksi radar, cuma blm bisa dilock klo mw di tembak.. dah males ngobrol sama orang ngeyel doang

          •  

            Teh Lovatika yg cantik dan terhormat, justru melatih pilot untuk terbang rendah jauh lebih sulit daripada terbang dg mematikan sensor radar (kalo terbang tanpa menyalakan elektronik tuh pespur 100% bakal jatuh ketanah ?). Walopun pesawat dilengkapi dg Terrain Following Radar (TFR) sekalipun, akan sangat susah untuk menghadapi G-level yg tinggi di permukaan, cuaca yg buruk di permukaan dsb. Terbang rendah memang sangat membantu untuk tidak terdeteksi radar musuh, tapi menjalani pertempuran udara dan penyerangan udara ketika terbang rendah adalah hal yg paling konyol, mereka tetap harus keluar dari persembunyian untuk melakukan serangan, disisi lain, terbang low to low jelas selain akan mempercepat habisnya bahan bakar juga memperpendek jangkauan, membawa konformal tank untuk bahan bakarnya tambahan pun akan lebih beresiko karena menambah daya berat apalagi ketika menghadapi G-level tinggi di ketinggian rendah.
            Itulah kenapa pespur pengebom seperti F-111 Aardvark dan Su-34 Fullback dibuat dg konfigurasi yg lebih melebar kesamping agar mengurangi drag dan G-level yg tinggi, memudahkan untuk terbang ketinggian rendah dg jangkauan yg jauh. Pespur modern tidak dibuat seperti itu, makanya agar lebih tidak terdeteksi dibuatlah pesawat siluman. Begitu, Teh. Nggeus nyaho, nte??

          •  

            Jgn loe tanggapi maksud ngaur agato itu lovatika, nanti bisa tambah yg loe gendong itu

            Hahhaahaaaa

          •  

            Ente tuh yg ngawur, apa2 dikaitin Ama RAM, Sono ente pake RAM dulu biar kalo ngawar ngiwir gak keliatan. Hhhhhhhhhh

      •  

        Agato Sugimura adalah Lol

      •  

        Agato sugimura adalah Lol

    •  

      Kementerian Pertahanan Rusia telah menepis laporan media yang mengklaim bahwa jet tempur F-35 Israel berhasil menembus sistem radar pertahanan udara Rusia di Suriah

      >> Jika 59 BIJI Tomahawk berhasil menembus pertahanan udara Rusia di Suriah dibantah gak oleh Kementrian Pertahanan Rusia???

  2.  

    Rusia dan Israel lagi pingin petak umpet

  3.  

    Di Forum diskusi di sono sudah dibantahkan klaim F35 ini.

    Jarak Israel-Suriah-Irak-Iran-kembali lagi ke Israel adalah sangat JAUH, tak mungkin F35 terbang tanpa re-fueling di udara. Masak iya Pesawat Aftur segede gambreng seperti itu tidak juga ke-detek di radar ??

    Pertanyyan mengenai JARAK TEMPUR F35 ini hampir tidak ada opini F35 yang bisa menjelaskan klaim Israel tersebut.

    •  

      Jika Bung SP pernah membaca tentang pengalaman serangan udara Israel ke Osirak-Irak dan reaktor nuklir Suriah, maka Anda akan tau bagaimana cara Israel mengakali radar dan hanud mereka.
      Ada dua kemungkinan yg terjadi, semuanya melibatkan tanker udara.
      1.) Tanker milik Israel berkamuflase sebagai pesawat sipil, sehingga tidak akan dicurigai oleh pengawas udara Irak/Suriah. Jalur bisa saja berbeda dan terbagi dalam 2 misi, pertama kearah Suriah, misi kedua ke Iran dg melewati Yordania dan Irak.
      2.) Israel menggunakan tanker milik USA yg terbang diatas Irak. Asal tau aja, zona selatan wilayah udara Irak masih dikontrol oleh pihak USA. Hal itu lebih memudahkan untuk meluncurkan misi ke Iran tanpa bisa diketahui pihak manapun.

      •  

        1. Radar Rusia ataupun Iran akan mendeteksi jalur anomali “pesawat sipil” jika tidak melalui jalur pesawat komersial. Jika menumpang melintasi jalur pesawat komersial, mustahil tidak dideteksi “darto” pesawat lain.
        2. Wilayah udara dikontrol oleh amerika bukan berarti tidak bisa dijangkau radar Rusia maupun Iran, baik “radar” di bumi maupun luar angkasa.

        •  

          Sudah bung, gak perlu di debatkan, kemarin saya yg kantongi itu F-35 trus saya lempar ke Suriah, setelah itu saya kantongi lagi… 😀 karena tak puas saya lemparkan lagi ke Iran. dah 😆 case closed

          •  

            cerdas ente bung, langsung skakmat sales tanpa otak yang gak pernah percaya buatannya amburadul bahkan sebelum terbang…

        •  

          Bung, ada yg namanya pesawat sipil berjadwal dan tidak berjadwal. Kadang, pesawat sipil tak berjadwal bisa melewati rute tertentu selama disetujui oleh otoritas setempat yg wilayahnya dilalui oleh pesawat tersebut. Tetap akan percuma dideteksi oleh Rusia dan Iran (kalo radarnya mampu) sekalipun.

        •  

          maaf komen anda aneh setiap radar memiliki daya jangkau yg terbatas bahkan ada peraturan bahwa radar negara tetangga di boleh masuk ke negara sebelahnya kecuali utk kasus2 unik radar negara suriah atau iran ga boleh menjangkau irak arab saudi (apa lagi saudi sama iran musuhan)dan yordania
          kl di lihat kasus pemboman reaktor nuklir irak mungkin itu tangker lewat yordania atau arab saudi yg sudah jafi rahasia umum punya hubungan rahasia dgn israel
          jadi fans boy boleh tapi bukalah sedikit logikanya jgn terlalu keras hati

      •  

        Hoax

      •  

        Berita F35 Israel bisa riwa-riwi dari Tel-Aviv melintas Suriah lalu ke Iran pulang pergi adalah mustahal bin ajaib bin ngapusi alias ngedabrus….tidak ada lagi jalur bebas penerbangan sipil semenjak perang berkecamuk di Syria dan Irak, hanya jalur penerbangan militer saja. Dulu Israel bisa nyusup karena memanfaatkan jalur penerbangan sipil dan F16 mereka di modif dobel tanki, sekarang mereka tidak bisa lagi.

      •  

        Malah bung Agato bikin berita baru lagi…

        http://www.jpost.com/Middle-East/Report-Israeli-stealth-fighters-fly-over-Iran-547421

        He underlined that the fighter jets can travel from Israel to Iran twice without refueling.

        Ini berita asalnya, kenapa tiba2 ditambah ada air refueling???

  4.  

    Biasa Israel suka buat opini sendri, suka-suka sendiri klaim sendiri, betul Bung SP. F-35 butuh re-fueling dan juga jarak jangkauannya pendek untuk F-35.. untuk pesawat Aftur nya juga tidak ada teknologi siluman nya.. seharusnya pihak Rusia langsung sambit pakai Rudal supaya Israel malu sendiri dan juga buat jatuhin kesombongan F-35 AS..

  5.  

    Hoaksxxxx

  6.  

    maklum lha yg bikin berita kan mantan fansboy sebelah, jadi masih terasa euforia, atau nuansa hoax nya……..
    klo dilihat pakai pandangan komentator senior yg asal jeplak,,,keknya ini berita hoax…….
    bagaimana bisa pulang pergi tanpa bantuan pesawat tanker…..dan hebatnya tanker ini tidak terdeteksi oleh radar,,,
    keknya lebay banget deh buat apa 2 pesawat siluman cuman nonggol di negara orang…

    kalau pun israel mau menyerang iran pasti mereka lebih hati2 dalam merancang sebuah misi, apa lagi jika misi tsb melibatkan pespur siluman.

  7.  

    Itu F35 mampu terbang tanpa re-fueling dan mampu mengecoh S400, kemungkinan besar berkat bantuan pespur canggih, Tejas…..

  8.  

    Buat Russian Fanboys, kalo kalian percaya berarti kalian mengimani yg ghoib2, kalo tidak percaya berarti kalian tidak percaya rukun iman.

    F-35 dikata kena S-200, RF banyak yg percaya. Begitu ada berita F-35 memperdaya S-400 yg dioperasikan Rusia, kalian menolaknya. Russian Fanboys are always right. Hhhhhhhhhh

  9.  

    Bukankah Israhell selalu mengklaim pihaknya yg terbaik punya!he3.

  10.  

    Akan kah f35 bisa bolak balik ke Iran tanpa Refulling?

  11.  

    namanya juga israel
    suka² dialah

  12.  

    KALENG SARDEN

  13.  

    F35 israel bisa menerobos pertahanan Rusia? Nah kalau dia dan kakaknya itu asli memang tukang ngibul tulen

    😎

  14.  

    sy berdoa dan mudah2an terjadi,,,suatu hari siroil bakal digebuk Rusia karena kesembronoannya.

  15.  

    Sebenarnya biang kerok dunia itu British

  16.  

    Jarak tempuh yang jauh tanpa air refueling jelas adalah kekonyolan, mampu mengelabuhi sistem radar Russia jelas dipertanyakan, terlebih pesawat siluman itu tidak 100% siluman dari semua sisi hanya dari beberapa sudut saja benar2 memiliki kemampuan siluman yang maksimal… dan melintasi sebuah sistem radar jelas akan sulit untuk menghindar dari kemampuan deteksi…

    •  

      Sistem radar Rusia termasuk S-400 tidak menjangkau seluruh wilayah Suriah khususnya di ujung timur dan tenggara.
      Kemungkinan F-35 Adir akan melambung melewati wilayah udara Yordania, Irak, baru ke Iran. Radar Iran ane rasa belum secanggih Rusia walopun sudah dibekali dg S-300.

      •  

        Dari mana informasi itu, hoaaahx lagi

      •  

        Kata siapa? S-400 cover lebih dari 75% wilayah Suriah..
        Cover S-400:

        http://www.understandingwar.org/sites/default/files/S-400%20Radius%20Map_1.pdf

        Ini memang perisah rudal yang mantap kecuali menghadapai Tomahawk wkwkwwk

      •  

        Nah… kalau begitu analisanya bergeser ke jarak Israel – Iran…

        https://www.distancefromto.net/distance-from-israel-to-iran

        “Menurut “sumber informasi” yang berbicara dengan Al-Jarida, awal Maret ini, dua jet siluman Aidr terbang tanpa terdeteksi atas Suriah dan Irak dan menyelinap ke wilayah udara Iran, terbang dalam misi pengintaian atas kota-kota Iran Bandar Abbas, Esfahan dan Shiraz.

        Sumber itu menambahkan bahwa tujuh pejuang F-35 dalam dinas aktif di IAF telah melakukan sejumlah misi di Suriah dan di perbatasan Lebanon-Suriah. Dia menggarisbawahi bahwa jet tempur dapat melakukan perjalanan dari Israel ke Iran dua kali tanpa pengisian bahan bakar.”

        1. Ngga mungkin kalau F-35 tidak melakukan pengisian bahan bakar… apalagi ke Bandar Abbas
        2. Sejumlah misi di Suriah (mungkin termasuk yang kesambit S-200, atau itu satu2nya)… misi di perbatasan Libanon Suriah (ini sering dilakukan oleh Israel, sudah berulang kali Israel memanfaatkan wilayah udara Libanon untuk menyerang Suriah)
        3. F-35 belum masuk ke Block 3F, block yang benar2 sudah siap tempur… bahkan dalam sebuah artikel F-35 Block 2B belum siap tempur dan harus menghindari pertempuran atau memerlukan bantuan pesawat lain
        4. Disinyalir F-35 Israel pernah kena S-200 meskipun tidak jatuh… tetapi kemungkinan mengalami kerusakan yang cukup berat

        •  

          Sebetulnya ada hal yg menarik soal kemampuan F-35 khususnya F-35 Adir ini.
          1.) Jangkauan Combat Radius untuk misi serangan udara, jangkauan yg bisa dicapai adalah 1.407 km PP tanpa air refueling. Sedangkan yg biasa dicantumkan dalam berbagai sumber untuk Jangkauan terbang F-35 adalah 2.220 km. Perbandingannya adalah 126,76%. Seharusnya total Combat Radius itu sekitar 80% dari jangkauan terbangnya. Su-35 sendiri memiliki Combat Radius 1.500 km PP, dan jangkauan terbang sejauh 3.600 km, kesemuanya tanpa air refueling. Jelas perbandingan antara CR/R Su-35 adalah CRx2/R= (1500×2)/3600= 83,33%. Itu artinya bisa saja Jangkauan terbang F-35 yg asli jauh lebih jauh daripada jarak yg dituliskan karena kita tau bahwa data asli spesifikasi suatu alutsista tak pernah diungkapkan kepada publik.
          2.) F-35 Adir sudah mengadopsi CFT yg memungkinkan terbang lebih jauh. CFT biasanya dibuat mengikuti bentuk bodi pesawat dan tentunya bila digunakan untuk pesawat siluman harus bisa mempertahankan RCS F-35 yg kecil. Bahkan pada kasus F-15, D cftnya bisa membantu mengurangi drag dan membuatnya terbang lebih jauh. Biasanya 2 atau 3 CFT akan meningkatkan jangkauan terbang hingga 25%-30%. Jika radius tempur F-35 adalah 1.407 km ditambah 25% saja misalnya, maka radius tempurnya akan meningkat hingga 1.758,75 km. Itu hanya berbeda 30,25 km dari jarak Israel ke pusat Iran, itu artinya serangan bahkan bisa menjangkau Isfahan, Teheran dan Bandar Abbas sekalipun. Jadi sudah jelas bukan Bung Yuli???

        •  

          Agato sugimura adalah Lol

        •  

          Entah mengapa semakin dijabarkan sama bung Agato malah semakin absurb… semakin bombastis dan semakin tidak karu2an…
          http://www.f-16.net/forum/viewtopic.php?t=5968

          Tambahin saja terus… biar cobat radiusnya F-35 bisa mencapai 3000 Km

          Bahkan dengan perhitungan internal Fuel 8.400 Kg… combat radiusnya kisaran 740 nmi (1.407km) internal air to air configurasion…

          Saya tidak bisa membayangkan seperti apa purwa rupa F-35 gendut karena mengejar kapasitas bahan bakar internal ditambah dengan CFT….
          bahkan F-22 saja kalah…. F-15 juga kalah tanpa Tank drop…

        •  

          Dan yang paling mencengangkan ya itu… Rangenya (2.220 km) lebih pendek dari combat radius (1.407km)…. bandingkan dengan Su-35 dimana combat radiusnya 1.500 km sehingga 2×1.500 km = 3.000 km, lebih pendek dari 3.600 km sebagai jarak terjauh yang bisa dicapai dengan internal fuel… ada spare bahan bakar sebaga perhitungan dalam combat radius, semacam koreksi untuk keamanan….
          Ini sangat sulit di cerna, atau saya memang bukanlah ahli matematika sehingga kemampuan logika saya benar2 tidak masuk…

    •  

      Bisa bung. F35 nya terbang melintasi langit ke 7. Terus turun lagi di suriah/irak.

  17.  

    Agato sugimura adalah Lol

  18.  

    tak terdtksi tapi ga ngappa2in, pespurr ato layangan?

  19.  

    ternyata setelah di amati, klaim israel tembus radar rusia dan sampai ke iran 2x bolak balik ternyata bisa dipertanggung jawab kan….

    1. krn israel sudah terlampau jauh menguasai teknologi, sehingga mudah untuk merombak F-35.

    2. klaim F-35 selama ini hanya menjelaskan combat radius tidak menjelaskan maximum range dan diketinggian berapa, informasi ini biasanya disembunyikan.

    3. dengan ketinggian 50-60 ribu kaki F-35 bisa bolak-balik israel-iran tanpa terdeteksi sama sekali, dengan syarat tanpa membawa persenjataan apapun.

    4. informasi tentang kepemilikan saham israel atas kantor berita kuwait, dan juga informasi dibeberapa artikel yg hanya menggunakan feeling, kalau media kuwait dipengaruhi oleh israel adalah tidak benar.

 Leave a Reply