Apr 022018
 

Jet tempur siluman generasi kelima F-35i Angkatan Udara Israel (IAF). 漏 Major Ofer (IAF) via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Rusia telah menepis laporan media yang mengklaim bahwa jet tempur F-35 Israel berhasil menembus sistem radar pertahanan udara Rusia di Suriah dan melakukan pengintaian udara di sana, tutur seorang sumber di kementerian tersebut, seperti dilansir dari laman Sputnik.

“Informasi yang diterbitkan oleh sejumlah media yang mengutip sumber asing mengklaim bahwa jet tempur Israel telah mengecoh radar Rusia dan melakukan pengintaian di dataran tinggi adalah sesuatu yang tidak masuk akal. Setiap pesawat jadi lebih mudah dilihat dan rentan terhadap radar di sebagian besar negara jika terbang di ketinggian tinggi”, katanya.

Pertahanan udara Suriah telah terbukti lebih dari sekali mengenai kemampuan mereka untuk mendeteksi dan di atas itu semua, melumpuhkan rudal udara-ke-permukaan, yang mana memiliki area refleksi efektif yang jauh lebih kecil daripada jet tempur F-35, kata sumber itu.

“Sebagaimana pertahanan udara Rusia di Suriah, mereka memberikan perlindungan yang dapat diandalkan untuk fasilitas pertahanan Rusia di Tartus dan Hmeymim”, lanjutnya.

Menurut narasumber yang mengklaim dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Kuwait Al-Jarida bahwa dua pejuang F-35 Israel telah berhasil melakukan pengawasan udara di ruang udara Iran awal bulan ini setelah melintasi wilayah Suriah dan Irak tanpa diketahui.