Jun 162017
 

Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. (Reuters)


Kementerian Pertahanan Rusia sedang memeriksa informasi bahwa serangan udara Rusia di dekat kota Raqqa di Suriah pada akhir Mei lalu kemungkinan telah membunuh pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, lapor berbagai kantor berita Rusia seperti dikutip Reuters.

Serangan udara yang menyasar sebuah ruang rapat para pemimpin ISIS itu dilancarkan pada 28 Mei, kata media massa Rusia mengutip kementerian pertahanan negara itu.

“Berdasarkan informasi yang sekarang sedang dicek lewat berbagai saluran, pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, yang dilenyapkan oleh serangan udara itu, juga hadir dalam rapat itu,” lapor kantor berita RIA mengutip kementerian pertahanan Rusia.

Serangan udara itu dilancarkan setelah pasukan Rusia di Suriah menerima laporan intelijen mengenai adanya rencana rapat para pemimpin ISIS.

“Pada 28 Mei setelah drone digunakan untuk memastikan informasi di tempat dan waktu rapat para pemimpin ISIS, antara pukul 00:35 dan 00:45, angkatan udara Rusia melancarkan serangan ke titik komando di mana para pemimpin ISIS berlokasi,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam posting di laman Facebook-nya.

Serangan itu diyakini telah membunuh beberapa pemimpin senior ISIS, selain sekitar 30 komandan lapangan dan sekitar 300 pengawal khususnya.

Para pemimpin ISIS berkumpul di pusat komando di daerah selatan Raqqa itu untuk membahas rute mundur ISIS dari Raqqa yang kini sedang digempur koalisi Arab-Kurdi.

Menurut militer Rusia, Amerika Serikat telah diberi tahu mengenai tempat dan waktu serangan itu. Namun Amerika Serikat menyatakan tidak bisa mengonfirmasi laporan Rusia bahwa Baghdadi kemungkinan tewas.

Terakhir kali Baghdadi muncul di depan publik pada 2014 di Masjid Agung Al-Nuri, Mosul, di mana dia memproklamasikan ISIS.

Terlahir dalam nama Ibrahim al-Samarrai, Baghdadi adalah pria Irak berusia 46 tahun yang memutuskan hubungan dengan Alqaeda pada 2013, dua tahun setelah Osama bin Laden terbunuh.

Sumber: Antara

  7 Responses to “Rusia Belum Pastikan Kematian Abu Bakar al-Baghdadi”

  1. Masih belum pasti

  2. perlu ditelusuri lebih lanjut

  3. walopun al baghdadi sudah mampus isis tetep exis karena aktor intelektualnya punya sokongan dana yg wah dari si anu xixixi

  4. Suka bunuh orang ko ngumpet, gentle dong…….. dasar oenta curut…

 Leave a Reply