Dec 242015
 
Ilustrasi

Ilustrasi

Pada awal tahun 2016, Pemerintah Amerika Serikat (AS) dilaporkan siap untuk menguji coba senjata laser berkekuatan tinggi miliknya. Proses uji coba itu akan dipimpin oleh Komando Operasi Khusus Angkatan Udara AS (AFSOC).

Menurut Kepala AFSOC, Letnan Jenderal Bradley Heithold, pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan General Atomic, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industry teknologi militer.

Nantinya, senjata laser baru yang dinamakan High Energy Liquid Laser Defense System (HELLADS) itu akan disematkan pada pesawat tempur besar AS yang dijuluki Lockheed AC-130.

“Mengapa saya menginginkan teknologi senjata laser itu nantinya disematkan pada AC-130, alasannya karena pesawat tempur itu memiliki kapasitas angkut senjata yang besar,” ujar Jenderal Heithold, seperti diberitakan Sputnik, Kamis (24/12/2015).

“Dengan begitu tambahan senjata laser akan sangat melengkapi keganasan pesawat tempur itu. Ditambah, saya menginginkan pesawat AC-130 menjadi mesin tempur yang dapat melumpuhkan targetnya secara diam-diam,” sambungnya.

Sementara itu menurut pihak General Atomic, senjata laser bernama HELLADS itu memiliki laser listrik berkekuatan 150 kilowatt. Tidak seperti senjata laser tradisional biasanya, badan perangkat HELLADS dianggap cukup ringkas dan ringan sehingga dapat ditempatkan pesawat udara, kapal perang, dan kendaraan militer lainnya.

“Saya sangat sadar bahwa perusahaan negara-negara lain juga sudah ada yang mencoba mengembangkan senjata laser. Kami pun berkomitmen untuk menciptakan senjata laser yang lebih mutakhir,” ucap Jenderal Heithold.

Sebelumnya, pihak AU Amerika juga menyatakan siap melengkapi jet tempur mereka dengan senjata laser buatan General Atomic dalam jangka waktu lima tahun ke depan.

Bagikan Artikel :

  12 Responses to “Tahun 2016 AS Uji Coba Senjata Laser”

  1.  

    Indonesia jgn ampe ketinggalan nih
    Moso indonesia thn 2020 masih pake F-5, Mamarika udah pake laser…
    Maju terus pantang mundur….

  2.  

    pertimax (¬?¬)

  3.  

    Wuiihh,mantab…

  4.  

    Senjata laser dolanan bocah.. sebenarnya Indonesia sdh punya Gundala dan Ki Ageng Sela pakar laser yg terlupakan.

  5.  

    berharap 10 tahun ke depan IFX di persenjatai laser yg bisa nembak depan & belakang 🙂

  6.  

    INDONESIA harus kuasai ilmu RUDAL… mau laser kek, mau apa kek, rudal lebih oke…. gak ada matinya….!!!

  7.  

    efek kebanyakan nonton star wars jadi pola pikir pengembangan senjata jadi ikut2an karena film. sebentar lagi ada senjata kimia yang bikin org jadi zombie

  8.  

    Yang dibutuhkan sekarang adalah dukungan yang besar dari pemerintah untuk mendorong industri-industri
    dalam negeri untuk terus berkembang dan berinovasi dalam hal penguasaan teknologi yang didukung oleh lembaga-lembaga riset, baik dikalangan industri itu sendiri maupun di seluruh perguruan tinggi teknologi.
    Dan yang paling penting mind set kita harus dirubah menjadi bangsa yang percaya diri dan cinta pada produk dalam negeri.
    Kalau itu belum berjalan dengan baik, jangan bermimpi dengan kata- kata semoga dan sebagainya.

  9.  

    Teknologi laser sudah menyebar di tanah air…
    Buktinya sunatan sistem laser sudah sampai di pelosok desa…
    Tinggal alih penggunaan saja…beres!!!

  10.  

    KELEMAHAN SENJATA LASER YAITU PANTULANX BS SNJTA MKAN TUAN

 Leave a Reply