Feb 282019
 

Jet tempur siluman generasi kelima Su-57 Rusia © Moscow Times

JakartaGreater.com – Rusia siap untuk mengadakan dialog dengan India soal pengiriman jet tempur generasi kelima Sukhoi Su-57 ke India, kata Direktur Kerjasama Internasional dan Kebijakan Regional di perusahaan teknologi tinggi milik negara Rostec Viktor Kladov seperti dilansir dari laman TASS pada hari Senin.

“Dari pihak kami, kami siap untuk melanjutkan pengiriman pesawat generasi 4+ dan 4++ serta untuk pengiriman pesawat generasi kelima. Disaat yang sama, Angkatan Udara Rusia adalah prioritas utama bagi kami. Pesawat baru telah diuji dalam kondisi tempur di Suriah dan pengirimannya ke pasukan Rusia telah dimulai”, kata pejabat Rostec.

India telah menunjukkan minatnya pada Su-57 tetapi negara itu perlu membentuk konsep lebih lanjut tentang Angkatan Udara, kata Kladov.

“Angkatan Udara India harus menentukan seberapa besar pesawat baru ini cocok dengan konsep umum mereka, apa yang harus menjadi fokus mereka serta pada apa uang yang harus dikeluarkan untuk memperoleh beberapa model pesawat generasi berikutnya atau membangun secara signifikan jumlah Su-30MKI bagi para pilot India”, menurut pejabat Rostec.

Jet tempur multiperan Su-30MKI Flanker-H © USAF via Wikimedia Commons

Wakil Direktur Layanan Federal untuk Kerjasama Militer dan Teknis Anatoly Punchuk mengatakan dalam pertunjukan udara Aero India 2019 bahwa India telah mengajukan permintaan pengiriman 21 unit jet tempur ringan MiG-29.

Rusia sebelumnya memasok lebih dari 200 jet tempur multiperan Su-30MKI, sebut harian Kommersant pada awal Februari, mengutip Layanan Federal untuk Kerjasama Militer dan Teknis, bahwa India telah mengajukan permintaan baru untuk lisensi merakit pesawat-pesawat ini.

Su-57 merupakan jet tempur multi-peran generasi kelima yang dirancang menghancurkan semua jenis target udara pada jarak jauh dan jarak pendek termasuk target darat dan laut, mengatasi kemampuan pertahanan udara lawan.

Su-57 terbang perdana pada 29 Januari 2010. Dibandingkan dengan pendahulunya, Su-57 menggabungkan fungsi pesawat serang dan jet tempur dengan memakai bahan komposit dan teknologi inovasi serta konfigurasi aerodinamis pesawat tempur memastikan tingkat tanda tangan radar dan inframerah yang rendah.

  2 Responses to “Rusia Bersiap Membahas Pengiriman Su-57 untuk India”

  1.  

    Pakistan lihat ginian….mundur….

  2.  

    Keren….