Jan 112016
 

Su-35S_Russian_Air_Force

Departemen Pertahanan Rusia akhirnya menyetujui kesepakatan dengan perusahaan Sukhoi, United Aircraft Corporation (UAC), dengan kontrak lima tahun untuk memasok 50 pesawat tempur Su-35, yang mulai berlaku pada tahun mendatang, kata “Vedomosti” orang dekat dengan Kementerian Pertahanan.

Kesepakatan yang dilakukan akhir Desember 2015 itu, bernilai kontrak lebih dari 60 miliar rubel. Rencana itu seharusnya ditandatangani pada bulan Agustus 2015 selama MAKS-2015, namun, karena kesulitan perencanaan definisi parameter kontrak, akibatnya kontrak diselesaikan dan disetujui hanya setelah Presiden Vladimir Putin menandatangani undang-undang tentang anggaran federal untuk tahun 2016, katanya.

Namun, di tahun-tahun sebelumnya, kontrak utama untuk penyediaan peralatan militer kepada Departemen Pertahanan telah diselesaikan pada hari-hari terakhir bulan Desember.

Su-35 adalah modifikasi terbaru dari Su-27 dan dikembangkan dengan dana ekstra-anggaran, yang melibatkan pinjaman dari Vnesheconombank dan bank lain. Kontrak pertama untuk penyediaan 48 pesawat jenis ini ditandatangani pada tahun 2009 dan dilaksanakan sepenuhnya pada tahun 2015.

Tahun lalu telah diselesaikan tahap berikutnya dari pengujian pesawat tempur yang akan menempatkannya bertugas tempur di garis depan kombatan.

Selain itu, setelah bertahun-tahun melakukan perundingan, akhirnya disetujui kontrak untuk memasok 24 jet tempur Su-35 untuk Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China.

Menurut manajer perusahaan Sukhoi, United Aircraft Corporation, UAC, yang disampaikan pada akhir 2016, juga ada negosiasi aktif untuk penyediaan 12 Su-35 untuk Angkatan Udara Indonesia, kontrak dapat ditandatangani pada akhir tahun ini, kata sumber “Vedomosti”.

Rencana bisnis menyerukan kembalinya proyek pengiriman 72 mesin, kata seorang mantan manajer. Sekarang total perintah pembuatan pesawat sebanyak 124 unit, yang diproduksi di pabrik pesawat di Komsomolsk-on-Amur.

6 Januari 2016, blog Aljazair Menadefense melaporkan bahwa pada awal 2016 kontrak telah ditandatangani untuk memasok Aljazair 12 pembom Rusia Su-32 (versi ekspor dari Su-34 pembom), tetapi Aljazair berencana membeli hingga 40 pesawat, mengambil bagian aktif dalam operasi videoconference Rusia di Suriah. Menurut orang dekat “Rosoboronexport”, kontrak belum ditandatangani, tapi negosiasi pada pasokan pesawat ini secara signifikan telah diselesaikan.

vedomosti.ru

  98 Responses to “Rusia Bersiap Produksi 12 Jet Tempur Su-35 Indonesia”

  1. Punye kite semua tu!

    • Pertamax setelah sekian lama . Allahuakbar!

      • kayak mau perang aja,, dpt prtamax bilang allahuakbar. 😛

        • Trs kalo pertamax bilangnya ” BEHA…BEHA..” gitu..hahahaha..koplax lu.
          !!

        • bung@Bakul nasi…….wakekekekekekeke,wakikikikikikikiki,wakokokokokokoko……

        • Gw heran….emang Allah maha besar..masalah buat lo…kalo lo mau ucapkan..kebesaran agama lo juga ga masalah di sini…gw tersinggung nih..pengucapan ke agamaan diatur2…jangan takut…Islam harus bangga dengan ke islamannya…siapa yg bisa cegah orang membesarkan agama Islam…palingan para poli tikus yg takut di bilang ga nasionalislah..takut ga kepilih..wkwk..Islam tuh lebih besar Dari nasionalis..

        • Bung Tomo aja bilangnya begitu. Masa tidak boleh ditiru.

      • Assalamualaikum
        anda salah mempersepsikan jika mengaitkan allahuakbar (allah Maha Besar/Maha Agung) dengan suatu ormas.
        allahuakbar di ucapkan untuk menambah semangat dan untuk mengagungkan allah SWT (Tuhan YME), terlepas dari siapapun orangnya dan dari ormas manapun, bagi orang-orang muslim perkataan itu mempunyai makna yang sangat dalam namun bagi orang-orang yang menyalahgunakannya perkataan itu hanyalah olok-olokan.

        pemikiran anda sangat dangkal bila selalu mengaitkan allahuakbar dengan suatu ormas, anda sama seperti orang-orang yang mengaitkan perang timur tengah dengan islam yang sebenarnya terlepas dari keyakinan agama, yaitu tentang sumber daya yang terbatas (minyak).

        mungkin dia bersyukur atas posisinya yang pertama kali berkomentar di artikel ini. Namun setidaknya dia bangga atas jati dirinya sebagai seorang muslim, sama halnya saya mengatakan assalamualaikum, saya mengetiknya karena saya bangga atas identitas saya sebagai seorang muslimin walaupun hal itu tidak menunjukkan tingkat keimanan saya/seseorang.

      • wenak bacanya bung Z haha,..
        wassalamualaikum

      • Tolong dihapus donk bung admin….

      • Bung Admin mana ni kok ga dihapus komen kayak gini

      • indon memang poor,sadnes,hopeless,baku antam macam munyit buduh rebut akan bontot bertandas…..hhaahhaay…indon…indo…berbilang pintar otakkeh macam pungong ditandas…..

  2. Kpn jadinya ?

  3. Masih lama datangnya

  4. Alhamdulillah….semoga lancar…biar kaum…resmiyah..juga bisa membuka mata…saya heran juga kalau ada artikel yang BURDEN OF PROOF nya kena gt…mereka kok ndak muncul?

    Kadang kadang saya pikir memang masalah nya adalah MENTAL PESIMISTIS…bukan masalah realistis atau ndak sih

    • Haahaaa,,ini orang aneh, yg harusnya membuka mata itu kaum ghoibiyah, yg katanya sudah dibayar lunas, bahkan barangnya sudah dimari, lucu sekali, bahkan tanda tangan kontrak belum dilakukan,,,baca artikelnya dulu,,,

      • Bung Anta, anda tidak nasionalis dan orang pesimis !! Su35, Rafale, Typhoon, Mistral, Astute, DZP, OHP, Pzh 2000 Semua sudah disini bung !!! Satelit? kagak liat, intelijen barat? kagak liat, Media? ini apalagi. Kita itu nomer satu urusan ghoib, jangan ditanya bagaimana semua pembelian bisa lolos dari dunia. Kagak percaya? Berarti anda tidak cocok jadi orang Indonesia.

        Xixixixi…

    • Selama kagak ada perjanjian hitam di atas putih, berarti belom sah. Masih belom fix, bisa nambah, berkurang, atau batal.

      Bagi saya kaum ghoibiyah itu sama aja kayak bocah2 alay pengangguran gajebo yg koar2 pacaran sama Raisa. Ngomong ga ngaca realita, cuma khayalan halusinasi.

    • 12 unit ,TOT…bikin knalpot racing di kalimantan

      • Minta 16 dapat 12…..?
        Ini barang kagak moncerrr………..!!!!!
        Muehehehehehehe.. …..
        Coba kalau beli F-16 viper beli 16 pasti dapat 32.
        Muehehehehehe…………
        Russia yang pelit kok malah di dekati.
        Amerika akan bagi apa saja kalau kita minta. Lihatlah Amraam sudah di berikan dengan apache nya sekali.
        Terimakasih sir….. Amerika pelindung Indonesia.
        Mana tu yang katanya dapat Ka-52 Alligator….. ?
        Hidup menora………..!!!!
        Muehehehehehehe…….

  5. Pertamax

  6. semoga cepat dikirim agar para tetangga usil tdk berani usil lagii

  7. Tanda tangannya mei setelah pak joko ke moskow.

    • Itu penandatanganan yang lain mengenai kerjasama yang lebih besar dan menyeluruh. Bukan tugas seorang presiden cuma ttd beli pespur harus datang ke moskwa.

      Ini artikel tahun lalu, jadi desember yang dimaksud adalah bulan lalu….

  8. Mudah2an lancar,tak ada kendala penjegalan.

  9. Mantap….jayala negeriku..

  10. Beneran nich cuman 12 ..???
    Oiya sech.. Masing2 nya punya kembaran ya..
    Qiiqiqiqiqiqiii….

    • Ini barang kagak moncerrr….. …!!!!
      Minta 16 dapat 12……?
      Uda tahu Russia pelit kok malh di dekati.
      Coba kalau merapat ke Amerika, minta F-16 viper 16 biji pasti dapat 32.
      Bukti kemurahan hati Ameruka dengan memberi Aphace dan Amraam.
      Terimakasih sir.. ….Amerika mau membantu Indonesia.
      Mana tu yang katanya dapat Ka-52 Alligator….. ?
      Hidup menora……. .!!!!
      Muehehehehehehe…….

  11. http://jakartagreater.com/tag/runtuhnya-kerajaan-majapahit/

    ini kenapa dihapus ya..?

    ada yg sanggup menjawab.?

  12. Salah meneh

  13. Mohon ditambahi 4 lagi biar genap 1 skuadron, saya pernah lihat videonya katanya kita mau beli 180 biji betul nggak min. Mohon pencerahannya. Salam damai NKRI harga Mati.

  14. klimaksnya lama amat, udah diujung ini keburu geli

    • Kalo bung Raftel aja keburu geli, pegimane dengan formiler China yang harus nungguin 8 tahun dari wacana sampe tandatangan bung? he..he…

  15. wuihhh….penyediaan 12 su 35 bwt angkatan udara indonesia, ini kabar bikin ane senyum2 aja….mantap lanjooottt

  16. Makin bingung ,kontrak akan ditanda tangani akhir tahun ? tahun kemaren atau akhir tahun 2016 ? artikel ini kapan dibuat ?.

    Yang bikin juga tidak jelas KnaAAPO atau irkut ?. artikel sepotong memang selalu bikin senewan ?

    • akhir tahun kemarin mungkin maksudnya, typo dibagian RI kali.
      Su 35 digarap KnAAPO, diartikel kan dah ditulis Komsomolsk-on-Amur (KnAAPO) . .

      • Makasih penjelasannya Bung Raftel maklum ngk ngerti bhs Rusia.

        Kalau KnAAPO ,Ya versi standar lagi dong,sama dengan SU30 lalu ,nggak bisa di utak atik alias costumized .

        • bung @komerat, untuk saat ini Su 35 emang digarap KnAAPO bung, gak tau kedepannya Irkut ikutan garap apa gak.
          Untuk saat ini memang adanya cuma, Su 35 S, dan BM, Kalo untuk kedepannya diupgrade ya bisa aja bung, tinggal minta aja ke KnAAPO, atau minta dr awal buat varian spesial untuk RI, contoh Su 30 ya MKK untuk China

  17. Gagal paham…(Judulnya)

  18. wahhh… om Open pasti tersenyum bahagia nih…

  19. Apa cuman Su35 yg di Tanda tangan…?
    Ada yg disembunyi in nieh…curiga nya…spt Destro…
    Hehe

  20. Inilah negeri dongeng.dikasi dongeng terus supaya pada senang.kemarin saya sudah cakap bahwa indon mau beli 12 sukhoi su 35. Eh ditulis hari ini juga 12. Beginilah negeri fantasi tapi SELAMAT atas su 35 yang masi terus di KAJI. Di kaji dikaji dikaji sampai anak cucu su 35 nya masih terus dikaji

  21. Pastinya makin cetaarrrrr endonesia

  22. moga lancar dan terus nambahhhhh

  23. Tanda tangan kontrak sepulang JKW pulang dari Moscow bersama pembelian 3 KS KILO..

  24. pantesan si om maren minta sawit ma ikan…

  25. su35 membuat kekuatan TNI di asia smakin di perhitungkan lawan….
    agen2 asing sdh mulai gelisah terutama negra2 tetangga kt…..
    ingat bila ingin mka persiapkan drimu untuk perang

  26. BUDAYAKAN KOMEN CERDAS DAN NO RASIS !!!

    Kangen ama artikel2 bermutu dan terupdate JKGR, komentar cerdas untuk mewujudkan indonesia mandiri dan hebat, saling sharing, tidak saling menjelek jelekan negara orang lain. Kritik boleh saja asal bermanfaat.

    Sudah artikel beritanya itu2 saja,belom tentu kebenarannya terkesan banyak hoaxnya. trus yg komentar saling menghina,menjatuhkan, mengadu domba bikin bosen yg baca.

    Biarkan malon disini komen g jelas dan tidak bermutu, karena kita tahu malon tong kosong nyaring bunyinya. Mereka belom puas klo belom rusuh tidak jelas komentarnya. Anggap saja orang gila di sini hahaha…..

    Mereka ingin mengacak2 forum militer kita, karena forum militer mereka, kita acak2 terlebih dahulu dan akhirnya ditutup [Topix]. Gara2 ada korban keganasan debat perang makian indonesia sampai syaraf otaknya putus. Hahahaha…..

    Maaf cuma pengen menghimbau saja buat penduduk warjager, maklum lagi mabuk kecubung jd otak rada kesleo sedikit.

    • hihihihi..bung tsunami rupanya pernah meng invasi topix juga kaya’nya..pd dasarnya sy setuju tdk membuly berukers..tp maaf klu mereka mendahului ya apa blh buat..satu komen mereka akan direply puluhan warjager..salam kenal bung tsunami..

    • Sudah jelas bung, mau beli tapi gk ada uang, sampai2 mau nyewa. Tapi mereka masih punya senjata andalan “kita masih negara serumpun”

    • ia himbauan dari anda dan yg laen nya diterima dgn senang hati bung….,tapi maaf sekali lg maaf,untuk saat ini,kami tak bisa mengabulkan keinginan/himbauan/dan saran anda,untuk tidak membalas ataupun mengolok olok sang malon,,beruukkkk,malay^_-muehehehe…anda tau kenapa ???

      nanti akan saya berikan alasan,di waktu dan hari atay tema yg berbeda tapi di tempat yg sama ^_- wkwkwkw

      ttd:#booth_coment
      hidup menorak….
      muehehehehe -_-

    • Kyk Virus aja bung yg harus dimusnahkan. Hahaha…..

    • Ane mah ga ngehina maloners bung…cuman ngegodain pake Kata Kata kasar dn ga sopan…gitu doang bung…wkwkwk

    • Waahhh… ngomong2… soal topix malaysia udah ditutup yaa….?? saya dulu ikut bagian dri invasi ke sana tahun 2008..
      Tp tidak pernah kembali lagi kesana….

  27. monceerrnibarang..

    kayanyaniberitabuatjamaahresmiyahwalpicturiyahbinpesimisiyahbintiamblesiyahpastipadagirang..^.^

    sedanguntukjamaahghoibiyahberitasemacaminiudahbiasadanbukanberitayangxetarmembahenoollll..^_-?

    hidupmenorak….
    muehehehehemuehehehehe-_-

    • betulkalituhmoncerbarangnyabangalkaeakfaafiafkalkjfalieiji;’adaodja’;aodofaeohga[ao;je’;toa’ojdaojkfadjkjfaoijfa’j’;ojfa;’jf9aojef;loajfijaij’fjaojojgfhja;ohfdiodjl;oiajlg;aiod’djog’aog’sa;ijg’;aldj;aoijfd;lajiodf;oai’;faoidj;ljal’oijfdiao’;ldjfa;ldiofj;laijfl;iajl;iagl;igj;lailg;iajl;idf

  28. Gahaaaar…ni capung

  29. beli becak aja gak usah beli SU35 biar gak kelamaan nunggu .a dan hemat bahan bakar, asal dikasih rudal terus yg ngejokiin pemerintah pasti jd macan wkwkwk!!!!!

  30. Daripada beli 16 pesawat lebih baik 12 pesawat tapi full senjata terbaru. Klo dihitung2 pinjaman 3miliar $ sisa banyak ,belom ditambah anggaran militer kita. Tapi saya yakin pasti beli lebih dari 1 skuadron. Jika dibeberkan semua pasti negara tetangga segera bikin rencana antidotenya.

  31. mudah2an pesanan Indonesia benar2 termasuk yg di dalamnya,,,,
    utk kawan2 malaysia haters,,,, sudahlah jgn berkomentar provokatif,,,, mereka jg manusia, bukan beruk,,,, jadilah tuan rumah yg baik,,,, supaya kita di hormati,,,,
    haruskah saya panggil Ibu Puan,,,, hehehe,,,,, supaya kalian di revolusi mental? kalau kalian benar2 mendukung program pemerintahan Presiden Joko Widodo, seharusnya kalian rubah cara berkomentar kalian,,,,, salam perubahan,,,, Indonesia Jaya,,,,

  32. SU35 pengembangan dari SU 27 dan salahsatu penyandang dana dari sumber lain.MUNGKINKAH Indo.salah satu penyandang dana tersebut ?

  33. Hitung hitungan jumlahnya ntu dah dibeberin ma bung @tukang hitung.phd masih menganggap shukoi su35 pesawat hoax? Jumlahnya kali yg hoax?
    Sejak kapan berita pengadaan alutsista TNI yg gahar dipublikasi dlm jumlah aslinya? Nah bagian yg ghoib ntu yg coba di telusurin para warjager’s… Sudah kebiasaan TNI selalu senyap dr pemberitaan dlm hal pengadaan alutsista dan itu hak pembeli dr penjual dan boleh secara UU militer Indonesia untuk keamanan negeri ini sebagai efect detterance dan effect shocking. Contohnya : pespur dr israel, jumlah tank dr Jerman, jumlah changbogo dan improve tot nya, lfx, radar OTH sm BVR, dan yg paling ngeselin sam s300 variant dan kilo class, buat apa jg coba dibahas smpe mendalam ma TNI ampe bertahun2 klo TNI blm punya… Cara yg plng mudah buat menutup suatu kejutan adalah dgn menanyakan kembali kejutan tersebut. Emang sangat kesal banget rasanya klo denger dan baca artikel : “dikaji…dikaji…dibahas…gk ada dana…kata2 blekece lainnya” namun satu hal yg sllu menjasi kata kunci dr jajaran TNI yakni :
    “dikaji, gak ada dana, dibahas, dijajaki, cocok”
    InsyaAlloh proses tender dlm penunjukan langsung sedang terjadi, hanya saja mengenai ToT yg membuat negosiasi menjasi lbh alot dan ulet, krn penjualan dgn tot berarti penelanjangan alutsista sdng terjadi, emang siapa yg mau ditelanjangi inti alutsistanya?
    Tugas kita mencoba membaca dan menganalisa kebutuhan TNI dr berbagai berita dan artikel militer dunia yg nongol tiap hari…
    Selamat menganalisa…capek banget loh…

    • 12 unit dulu tidak apa untuk 5 tahun ini. Tetapi itu yang diumumkan. Yang tidak diumumkan ? Lebih banyak.

      Diumumkan dulu 12 unit untuk jaga keseimbangan kawasan.

      Bisa jadi diumumkan lagi tambah 28 unit lagi 2019-2024.

      Lalu diumumkan lagi 28 unit lagi 2024-2029.

      Lalu tambah lagi 6 unit lagi 2029-2034.

      Jumlah ?

      12 + 28 + 28 + 6 = 74 unit.

      Itu untuk Su-35 saja.

      Belum yang lain2.

      xixixixi….

      kan sudah disinggung bakal ada 504 pespur di 2034.

      Butuh waktu untuk produksi seluruh pespur ini. Jadi sabar.

  34. Tunggu jokowi pulang dari russia mei -juni 2016 aja…kabar gembira deh……

  35. Ditunggu aja Mei – Juni 2016..ada kabar apa gerangan Jokowi ke Rusia…
    VLADIMIR PUTING MENGUNDANG JOKOWI KE RUSSIA..UTK DINNER…AKAKAKKA

  36. terus oleh-oleh kemarin dari Amerika ketemu sama Obama apa ya ? …

    • Gk ada hadiah,..no deal,…no happen…

      All junk being offered but rejected…..

      No MADE IN USA krn gk ada kredit ekspor diberikan…taukan ASU LAGI BANGKRUT BUTUH DANA CASH..UTANGNYA USD 14 TRILYUN,, RESESI+INFLASI=STAGFLATION..MIRIS DAH…….

  37. Ada yg panggil nama aku ghoib….

  38. berdoa mulai

  39. amiiinnnnnnnn. .. ………..

  40. Rosoboronexport..

  41. itulah bapak-bapak kita..kebanyakan RAPAT, ANALISA, itung-itungan njlimet, sok tau ( padahal blm pernah pegang pesawat tempur ), tuduh sana-sini, RAPAT lagi..ujung-ujungnya NGGAK JADI dengan 1.000.000 alasan..

 Leave a Reply