JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 082014
 
Mata Uang Dollar AS dan Rubel

Mata Uang Dollar AS dan Rubel

Sebenarnya tulisan saya pribadi ini hanyalah wacana, dikarenakan saya membaca artikel Krisis Crimea, Sebuah Analisis oleh Bapak Besar, sehingga ada korelasinya, akan tetapi tulisan tersebut sangatlah Luar Biasa, bukan karena pro Rusia atau pengagum β€œbuta” Putin / Rusia / Soviet, akan tetapi semangat Rusia lepas dari jeratan itu yang membuat kita belajar. Bukankah dengan belajar sejarah kita akan menjadi bangsa yang besar ?, so mari kita sama-sama untuk belajar tentang sejarah yang membikin salut adalah paragraf dari artikel Bapak Besar adalah:

Memberlakukan penggunaan Rubel dan Yuan daam perdagangan internasional Russia.

Sebenarnya taktik ini sudah dipakai oleh China dan berhasil, yang mana China terkena dampak krisis moneter Global. Mata uangnya free floating alias bebas mengambang yang membikin sama devaluasi mata uangnya terhadp dolar AS, maka kebijakan moneter saat itu sangatlah jitu, yaitu memaksa setiap perdangan dengan China dengan memakai mata uang lokal yaitu Remimbi (RMB), sehingga AS saat itu kebakaran “jenggot” karena marah diperlakukan kurs mata uangnya dengan RMB tidak sesuai dengan nilai pasa , akan tetapi dipaksa oleh kebijakan moneter dalam negeri China yang memberikan currency patokan, dan sampai saat ini tetap berlaku.

AS pun juga dibuat tunduk. Jadi kesimpulannya mata uang mereka tidak mudah diombang-ambingkan oleh perdagngan international. Mereka pun juga didukung seluruh potensi anak bangsa, baik SDA maupun lainnya.

Bagaimana dengan Indonesia ?, tentu tidaklah sulit. Kebijakan ini secara sepihak sudah pernah dilakukan oleh Indonesia mulai dari Sistim nilai tukar tetap (fixed system) atau pematokan terhadap mata uang negara lain (pegged system) dapat dilaksanakan dengan cara biasa atau melalui suatu Dewan Mata Uang yang lebih mudah dikebal yaitu Currency Board System (CBS) / Cybor di tahun 1997 ketika krisis ekonomi sudah mulai menyerang Indonesia.

Akan tetapi sayang beribu kali sayang, sangat sedikit sekali Jiwa nasionalist di Indonesia saat itu yang setuju memakai sistim mata uang tersebut. Mereka ditakut takuti dengan bila ini diterapkan maka cadangan emas ataupun devisa Indonesia akan habis karena untuk menguatkan sistim mata uang tersebut di pasar uang / konversi, padahal China terbukti tidak kan ?.

Akhirnya banyak pemangku kepentingan “menyukai” type free floating artinya bebas mengambang. Biarkan saja mata uang beredar dan berlaku seperti di standard pasar international, akibatnya Nilai rupiah diperlakukan semena-mena oleh pelaku pasar dan dipermainkan semau “gue”, sesuai dengan supply dan demand.

Saya masih ingat ketika Mari’e muhammad, bersikeras untuk tetap menjalankan program Fixed rate, alhasil banyak yang tak suka. Tentu Barat pun ikut bermain untuk melemahkan RI melalui mata uang ini. Banyak pintu mereka lewat, bisa di Bursa, maupun Pasar Saham.

Dan contoh kecil yang pernah saya sebutkan sesuai dengan ruang kerja lingkup saya, yaitu THC pelabuhan, terminal handling charge, arusnya bisa dibayar dengan mata uang lokal, sesuai dengan mata uang negara tersebut di mana operasional itu berlaku. Sebut saja Malaysia bisa melalkukan harga THC dengan 113 RM, artinya 113 Ringgit Malaysia. Why dengan Indonesia tidak bisa ?.

Pelaku kepentingan dan pembuat kebijakan “tidak” mau melalukan pembayaran dengan rupiah, alasan utamanya adalah mereka lebih aman pegang dolar AS, dan kebijakan digulirkan bayar rupiah dibatalkan. Sampai detik ini pun pembayaran tetap memakai $ bukan IDR. Sekadar untuk diketahui tarif jasa pebuhan international IDSUB (Terminal Peti Kemas ICT surabaya), Terminal KOJA, Terminal Tanjung Priok, Terminal Tanjung Emas, Terminal Belawan 20 feet container full load $95, sedangkan 40/40 high cube $ 145.

So di mana Jiwa nasionalis sebuah anak bangsa ? .

Indonesia Bisa kok seperti China atupun Rusia, punya cadangan devisa banyak (hanya pembodohan opini saja Indonesia di informasikan neraca utang yang melambung seakan akan diidentifikasi Indonesia tidak bisa lepas dari jeratan utang sampai kapan pun). Sebenarnya dunia akan susah bila di embargo oleh Indonesia bukan sebaliknya Indonesia yang takut diembargo oleh Asing (silakan cari artikel tentang ini di google).

Menaikkan harga gas bumi dari Rusia ke negara-negara Eropa, bilamana tidak Russia mengancam akan memutuskan pasokan gas ke negara-negara Eropa.

Indonesia pun bisa, bila negara-negara barat macam-macam dengan Indonesia, tinggal harga komoditi baik curah maupun solid bisa dipermainkan. Ini adalah permainan cantik yang siapun pemeritahannya di negeri ini untuk bisa memainkan percaturan politiknya, bukannya ikut dalam percaturan politik luar / tunduk dan patuh.

Tipisnya Dolar AS dan tebalnya Rupiah di nilai yang sama

Tipisnya Dolar AS dan tebalnya Rupiah di nilai yang sama

Simak saja bisa misalkan menaikkan gas tangguh secara sepihak bila negara tersebut mulai me”ngusik” kedaulatan Indonesia maka negara Indonesia akan mengancam menaikkan harga gas secara sepihak, kedaulatan di sini tidak berarti harus wilayah maupun laut serta udara. Kemandirian diri kita sendiri dan tidak terbelenggu oleh siapapun bisa diartikan orang tersebut mempunyai kedaulatan atas dirinya, apalagi sekelas bangsa Indonesia .

Memblokir pasokan gas ke Ukraina selama belum dibayar, selama ini Ukraina menikmati fasilitas subsidi gas dari Russia.

Sekali lagi ini pun Indonesia bisa. Mau macam-macam dengan kami, akan kami nasionalisasikan tambang-tambang kalian. Sayang sebelum digertak demikian mereka (asing) pun tahu, lemahkan dulu sistem birokrasi Indonesia, sehingga point negara Indonesia mempunyai kartu truf tidak sampai mengganggu kepentingan mereka di sini (bisa diartikan setoran “lancar” masuk ke negara tersebut) meski berganti kebijakan asal ending-aya tetap menguntungkan pihak Asing / multinasional.

Jangan takut, Negara Indonesia tidak sendiri dalam melawan hegemoni barat dalam arti Ekonomi. Sebut saja Hugo Chavez – Venezuela, yang sukses menasionalisasi perusahaan tambang kala itu Chevron, karena point-point draft tidak menguntungkan Negaranya, diancam balik, yang akhirnya Chevron menyerah. Arbitrase International bahkan tidak pernah digubris.

Toh sampai saat ini perusahaan tambang tersebut exist sudah jalan milik dalam negeri (Harusnya Indonesia belajar kepada Venezuela sebelum draft perpanjangan freeport, Newmont di sign, termasuk belajar langkah, dan bagaimana menghadapinya serta masalah apa nanti bakal menghadang- , jadi potensi kerugian tidak hanya ditanggung oleh negeri ini.

(Malah dengar-dengar freeport sudah di-sign untuk 40 tahun lamanya), Ataupun belajar tentang keberanian serta harga diri bangsa oleh Argentina -Presiden Leopoldo Galtieri kala itu berani berdiri tegas dalam melawan Inggris, yang membuat negara Inggris terkejut akan keberaniannya, meskipun akhirnya kalah dalam perang Malvinas / Falkland War 1982.

Bukan taktik perang ataupun semangat perang yang kita ambil, akan tetapi semangat untuk berdiri di atas kesejajaran dengan bangsa-bangsa lain yang kita tiru.

Menuntut Perancis untuk menyerahkan kapal Mistral dengan tepat waktu, bilamana Perancis ingkar janji akan dituntut untuk membayar denda yang tidak mungkin untuk ditanggung oleh Perancis.

Changbogo molor/ tidak tepat waktu, Super Tucano datang tidak tepat waktu, ataupun pembuatan Korvet di Belanda sengaja diulur-ulur, beri denda yang cukup tinggi. (meskipun tucano akhirnya membayar denda atas keterlambatan). Tinggal Changbogo atau Korvet di Belanda (semoga tidak), sehingga memberi efek jera kepada negara lain bahwa Negara Indonesia seluas benua Eropa bisa melakukan apapun.

Kesimpulan akhir dari cerita di atas adalah, Indonesia bisa segalanya. Mari kita bangun rasa percaya diri bangsa dimulai dari meyakinkan diri sendiri serta berkarya untuk negeri ini.

oleh : Bukan Fanboy

Berbagi

  63 Responses to “Rusia Bisa, (Why Not) Indonesia pun Bisa”

  1.  

    test

    •  

      Mohon maaf sebelumnya, saya agak tergelitik “Indonesia Bisa” seperti “Rusia”, BISA seandainya atau kalau saja semua orang Indonesia mempunyai Nasionalisme yang tinggi (bukan Nasionalisme untuk diri sendiri maupun golongan yang tinggi)….buktinya kita lihat mentalitas oknum aparat dalam mensikapi setiap hal contohnya kecil anggaran jalan raya 100% menjadi susut jadi 25% demi memperkaya nasioanlisme untuk pribadi maupun golongan,..

      •  

        yach ini adalah akibat kita terlalu suka menerima bantuan asing yang tidak seberapa dan politisi kita juga suka menerima tip asing, padahal kita tau “There is no free lunch” kalau pepatah kita “ada nyamuk di balik kelambu” yang siap menghisap darah kita hingga kering. Ada pemimpin yang berani berkata “go to hell for stranger” tapi nggak dipilih majoritas, ya gimana lagi. Ayo kita mulai “Berani berkata tidak untuk campur tangan asing”

      •  

        Memang sulit tapi yakinlah kl kita bngsa indonesia mau pasti bisa…semoga

    •  

      numpang komen bung

      untuk mnjadi berani sprti rusia maupun cina, ada tahap yg harus dilakukan terlebih dahulu
      saya suka dngan artikel yg dulu
      judulnya mengembargo diri sndiri

      impor beras stop, konsekwensinya kita kekurangan pangan klo trjadi kmarau panjang
      gula stop, konsekwensinya kelangkaan
      dging sapi stop, tp ini dah dipermainkan oleh pasar yg akibatnya harga melambung, ini susah turun karna para peternak juga sudah mematok harga baru

      pmrintah kita slama ini mncari aman saja
      mnjaga stok supaya tdak kurang wlau dngan cara impor
      pdhl di cina dulu juga bnyak klaparan wlau skrng sdah tdk sparah dulu

  2.  

    pagi…

  3.  

    Harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri

  4.  

    setuja…

  5.  

    MERDEKA !!!!!

  6.  

    Setau saya di akhir2 masa pemerintahan Bpk SBY sudah ada peraturan semua transaksi yg ada di indonesia wajib menggunakan rupiah, cma waktu itu pelindo menolak klo gk salah direkturnya rj lino…

  7.  

    Rusia mulai memakai rubel karena dimulainya embargo dari usa dan eropa .. china udah lama memakai mata uang yuan lokalnya untuk transaksi ekspor import .. rusia mulai memproduksi barang2 subtitusi atau pengganti untuk barang yg diembargo dan mencari eksportir lainnya untuk pemenuhan kebutuhan barang dalam negerinya …
    Indonesia masih butuh barang2 import .. untuk memenuhi barang import dengan cara memproduksi sendiri barang subtitusi tersebut masih butuh waktu lama .. baik dari segi teknologi dan dana nya dan lndonesia sangat butuh investasi asing
    Mata uang kita belum sekuat negera tersebut diatas .. dilihat dari jumlah devisa dan kemampuan eksport kita
    Dari pemenuhan kebutuhan persenjataan pun kita masih dalah taraf bisa memproduksi senjata dengan tekhnologi menengah ..beda dengan china dan rusia ..
    india dan brazil bukan negara yg benar2 nonblok mereka dapat memajukan produk senjatanya .. china rusia adalah negara yg saling mendukung baik politik ataupun ekonomi .. USA dan eropa apalagi ada negara sekutunya yg resesi ekonomi dibantu sampai mati ..
    Pada waktu krisis timor leste bahkan john howard biang kerok ausie berujar INDONESIA ADALAH NEGARA YG JAUH DI ANTAH BERANTAH DAN TANPA TEMAN APA YG BISA DIPERBUAT MEREKA SEKARANG ..
    Menurut saya sekarang waktunya indonesia mulai berpikir untuk nge blok siapa .. jangan ,menjadi gadis manis yg dimadu di sana sini setelah ga manis dibuang … hehehe
    pandangan kaum kelas pekerja ( terima kasih ) selamat pagi

  8.  

    Iya insya ALLAH aja begitu Bung Bukan Fanboy , Tapi sebeLumnya terima kasih atas ArtikeLnya πŸ™‚

    •  

      [email protected]…yg paling ane demen..alenia “Berdasarkan hasil penelitian tambang di Mamuju, potensi uranium yang ditemukan dianggap tidak berbahaya. Sifat uranium itu hanya sebagai bahan baku untuk membangkitkan tenaga nuklir. Sehingga ia meminta Bepeten segera meneliti titik potensi kandungan uranium…” dan

      “Namun diluar itu semua, langkah paling awal yang diharapkan dari pemerintah Indonesia adalah melindungi tiap aset bumi dan laut di Indonesia dari tangan-tangan asing yang tak pernah memakmurkan rakyatnya!…”….hehe

      #salam kenal bung PCM

    •  

      Iya bung JMJM saLam kenaL juga , ituLah SDA yg berLimpah kita , pokok SDA in tidak boLeh di Lego sembarangan Sama pihak Asing binti kurangajar , sy paLing Anti pihak Asing!!!

    •  

      Sayangnya info kyk gini ga pernah resmi bung. begitu keluar resmi, biasanya sdh dimiliki oleh pma. semoga pemerintah yg baru ini bisa menyikapi scr lbh baik lg….. kekuatan kita manusia Indonesia terletak di manusia dan alamnya…. jayalah Indonesia

  9.  

    Kapan punya pemimpin berani dan tegas, banyak berharap semoga di pemerintahan baru lebih baik untuk indonesia kedepan nya.Aamiin

    Salam

  10.  

    terima kasih bung artikelnya sungguh membakar semangat
    Indonesia bisa ….
    sama sama kita tunggu keberanian dan strategi nenghadapi itu semua
    salam NKRI

  11.  

    Sangat setuju dengan apa yg dijabarkan diatas.

  12.  

    Sangat setuju dengan apa yg diutarakan diatas.

  13.  

    Indonesia bisa segalanya, termasuk menaikkan hrg BBM.
    Jika BBM subsidi masih berlanjut maka hanya menguntungkan mereka yang punya duit.

    – Orang/Rakyat yg mengunakan spd motor:
    1 ltr/hari (365 ltr/thn) => 365 x 3000 = Rp 1.095.000

    – Orang kaya yg punya mobil:
    20 ltr/hari (7.300 ltr/thn) => 7300 x 3000 = Rp 21.900.000

    (Rp.3000 besaran nilai Subsidi)

    Artinya pemerintah hanya membantu mereka yg miskin cuma Rp.1.095.000 per tahun.

    Sementara mereka yang berduit di bantu pemerintah Rp.21.900.000 per tahun.

    •  

      Mantap …..tapi perasaan motor gua seminggu cuman 3 liter. Ojeg kali sehari seliter ?
      Mobil 20 l iter sehari? Kalo avansa 20 x 15 = 300 km. Phanther 20 x 15 = 300, sama dg jarak Jakarta Cirebon, bukan mobil pribadi kali ?
      Ah jangan terlalu mendramatisir lah….
      Saya ke kantor pake mobil Katana butut jarak 15 kilo masih 4 hari sekali ngisi 100 rb….

      •  

        Bukan mendramatisir dong tp itu kan analogi biar gampang dipahami. Kalau mau lebih rinci tentunya pengeluaran anda dan saya pun berbeda. Kalau anda menempuh jarak 15 km ke kantor, orang lain mungkin bisa 30 km atau bahkan lebih dari itu. Yang kurang ajar kalau saya dari thamrin city ke kantor (thamrin) naik mobil, ini kurang ajar. Kan lebih enak jalan kaki. Yang pasti subsidi bbm salah kaprah dan tidak tepat sasaran. Saya kerja di dunia pertambangan dan rata2 para kontraktor tambang itu menggunakan bbm bersubsidi. Belum lagi di sektor lain. Dari sektor kelautan sudah dibongkar sama Ibu Susi

  14.  

    Indonesia memiliki potensi yg besar, tapi tentu saja pucuk2 pemerintahan harus dipegang oleh orang2 yg punya nasionalisme tinggi, sehingga bisa menjalankan skenario2 yg menguntungkan indonesia.

    Sekali lagi, jangan lupakan sejarah…siapa musuh kita..dan siapa kawan kita.

  15.  

    kita bisa untuk menyamai cina dan rusia. memakain mata uang rupiah untuk perdagangan internasional. asal kita sudah punya 5 squadron su35, 20 baterai s300. 20 kilo class 20 amur class. stergutchy class, kirov class, tambahan 300 leopard revolution, atau kapal induk liaoning, jitenbi, missil penghancur kapal induk. catat….!!! dengan diplomasi seperti itu baru kita bisa memakai rupiah sebagai alat perdagangan, atau kita bisa seperti irak dan libya yang mau menggunakan mata uang mereka sendiri…lalu akhirnyaaaaaaa…….the end by the 7th fleet. emangnya amerika mau mereka mengalami tsunami dollar….

    •  

      he… mungkin lebih tepat’a kita dah bisa memproduksi itu semua bung jatayu.
      kita membutuhkan $ hanya untuk membayar tagihan yg jatuh tempo, karena transaksi’a memang memakai $.
      jika kita menginginkan Rp d gunakan maka hrs menguasai export, untuk menguasai’a maka produk yg d hasilkan hrs berkualitas tinggi. karena ini formil maka contoh’a Malaysia membeli anoa hrs memakai Rp, Iran akuisisi ss2 jg hrs menggunakan Rp. apakah Us memakai peluru RI menggunakan Rp juga…??
      klo export’a menggunakan Rp, lalu bagaimana membayar tagihan import’a yg berupa $…??
      mungkin solusi’a adalah swasembada/mandiri sehingga tidak terlalu mengandalkan import.

  16.  

    tebaek.. kupasan yang menarik dan terbaek.. teruskan .. artikel seperti begini..

    satu kupasan menarik dimana .. jikalau sesebuah negara tiada kerbegantung kepada sesebuah negara .. maka dia bebas membuat keputusan untuk kebaikan diri sendiri..

  17.  

    Ngiringan Wae

  18.  

    Terima kasih Bung @Fans Boy atas artikelnya yg sangat bagus.

    Rusia memang bisa Bung tapi hanya utk perjanjian perdagangan Bilateral tidak untuk multilateral (blok ekonomi), apakah anda tau negara mana yg menjerit keras atas turunnya harga minyak dunia saat ini? Yaitu Rusia. Kenapa? Stok minyak Rusia sangat melimpah tapi harga Internasional tdk ditentukan oleh mereka & konon saat ini Rusia sedang menawarkan minyaknya ke Indonesia. Penggunaan mata uang negara dlm perjanjian perdagangan bilateral tdk lebih hanya “terobosan sesaat” utk mengurangi semakin dalamnya keterperosokan ekonomi.

    Sistem perdagangan Internasional tdk menganut prinsip “siapa yg punya barang banyak maka dialah penentu harganya” krn utk menghindari ketidakadilan negara2 internasional. Contoh sederhananya harga emas ditentukan oleh inggris yg notabene sangat sedikit sekali memiliki aset emas. Begitupun harga minyak dunia yg ditentukan amerika pdahal cadangan minyak terbesar ada ditimur tengah/arab. Yang sangat miris adalah harga CPO sawit yg nilai mata uangnya dlm perdagangan Internasional menggunakan Ringgit Malaysia/RM pdahal kebun sawit malaysia msh kalah luas dgn Indonesia & malaysia mendapatkan fee dari treding CPO yg dieksport Indonesia. Makanya ketika SBY masih menjabat sbg Presiden, Beliau berusaha mati-matian agar patokan harga trading timah Internasional menggunakan Rupiah & dgn begitu mata uang Rupiah tdk akan anjlok & menjd mata uang sampah krn Rupiah menjadi bagian mata uang utk perdagangan Internasional. Kenapa SBY melakukan hal itu krn Beliau tau bahwa Indonesia salah satu penghasil Timah terbesar dunia & harga timah belum fix menggunakan mata tertentu tapi masih menggunakan US$.

    Jadi walaupun kita melakukan nasionalisasi perusahaan asing seperti yg Bung Fans Boy sebutkan diatas krn kita memiliki SDA yg melimpah belum menjamin kemandirian bangsa, tapi jika dulu Presiden Soekarno sukses melaksanakan nasionalisasi & menjadi jiwa Bangsa yg diteruskan oleh Presiden berikutnya maka Indonesia menjadi raksasa Dunia yg tiada tandingan krn patokan harga Internasional belum tersepakati seperti sekarang ini. Sekarang situasinya sdh berubah. Rusia hanya melakukan reaksi atas embargo bukan Rusia yg mengembargo ASU & Eropa.

    Negara akan kuat Jika Militernya Kuat, Militer kuat jika ekonominya kuat.

    Terima kasih Bung @Fans Boy atas artikel Anda & jempol buat Bung. πŸ™‚ πŸ™‚

  19.  

    presidennya apa mampu….?, jadinya juga karena dibiayai pemesannya

  20.  

    kalo ga salah beberapa tahun ke belakang ada wacana untuk me-redenominasi rupiah deh. itu gimana kelanjutannya?
    apakah warjager ada yang tahu perkembangannya? mohon pencerahan.

  21.  

    Rusia bisa, Indonesiapun bisa

    Rusia tidak bisa, Indonesia bisa!!

    China bisa, Indonesia lebiih bisa!

  22.  

    usulan untuk indonesia tidak lagi berpandangan nonblok, dan beralih ke salah satu blok, saya nilai sangat terlambat untuk di lakukan saat ini.

    mengapa. di dunia ini di dalam sejarah berbangsa terbagi atau bisa di katakan ke dalam dua blok dengan pandangan ideologi nya masing2. posisi indonesia saat ini bila mengharuskan berpihak kepada salah satu blok yang berpeluang sangat besar berarti blok timur menurut hemat saya. hal ini di mungkinkan karna blok barat di kawasan sudah jelas oleh sonotan sonora dan si upil.

    bila kita (indonesia) dengan terbuka menyatakan kecondongan atau keberpihakan ideologi ke blok timur, bisa di bayangkan reaksi di kawasan, belum lagi tekanan dari dalam negri, bukan mengecilkan negri tercinta untuk urusan papua saja kita masih harus menyetorkan upeti yang sangat besar nilainya. apalagi menyatakan akan menutup diri dari blok barat…
    saya kira indonesia belum mampu.

    begitu pun bila kita jelas menentang blok timur. peran tiongkok dalam perputaran ekonomi indonesia cukup besar… yang jelas akan sangat berpengaruh bagi indonesia,

    kata terlambat lah yang menjadi penghalang untuk kita hanya memijakkan kaki di salah satu blok saja, saya kira posisi ini (nonblok) akan banyak manfaatnya juga bagi indonesia jangan takut akan di campakkan oleh salah satu blok karna negri ini terlalu besar untuk di campakkan… bermain cantiklah hingga saatnya kita (indonesia) menjadi salah satu penentu yang kebijakannya akan banyak di ikuti oleh banyak negara…

    salam maaf bila banyak salah pandangan dari pola pikir petani pekebun.
    maju terus indonesia.

  23.  

    Sayangnya negeri kita tidak punya haluan seperti GBHN di era Pak Harto dulu. Tak ayal setiap ganti pemerintahan selalu ganti kebijakan. Visi misi negara tak pernah ada yang ada hanya visi misi perorangan. 10 tahun pemerintahan Pak SBY saya tidak paham ke arah mana negara ini akan dituju. Seakan-akan semua bidang menjadi arahnya dan wacana negara auto pilotpun muncul kepermukaan. Pak Jokowi sudah mulai dengan visinya ke arah maratim dalam artian semua sumber daya dan manusianya fokus ke laut. Begitupun dengan presiden pengganti Pak Jokowi kelak..besar harapan saya bisa punya visi yang jelas seperti Pak Jokowi. Entah itu dibidang riset, pertanian perkebunan, energi alternatif, dsb

  24.  

    saya heran sejak zaman sukarno rakyat terbiasa dengan penderitaan istila beras sebenggol sehari.masih bisa hidup alutsistanya dengan sifat yg baik yaitu rela berkorban karena cinta tanah airnya. sampai sampai beli alutsistapun kita harus mengumpulkan uang dari kantong tiap-tiap daerah tuk sekedar melawan kolonialisme.tapi kenyataan sekarang terbalik…
    http://tsushima.su/forums/viewtopic.php?pid=745234

    •  

      luar biasa analisa bung: ronggolawe,sangkur,petruk,persekutuan,dan lain-lain,memang intinya semua komponen anak bangsa ini inginnya Negara indonesia menjadi selangkah lebih maju dibanding dahulu dari berbagai bidang , tidak hanya hankam tetapi ekonomi , politik, SDA

      apalagi ada yang menyarankan ( bung Jatayu ) strategi “Gunboat diplomacy” dimana kekuatan militer menjadi penentu langkah awal segalanya dari berbagai bidang seperti US

      terima kasih saran, tambahan serta kritikan tulisan singkat ini
      dan juga bung Gue , bung rojess , terima kasih tambahan gambarnya
      kemaren saya kirim artikel tanpa gambar

  25.  

    ambil kembali fir. buat pelabuhan yg besar d dekat selat malaka… royalty dr pengaturan fir dan tempat singgah barang d pelabuhan itu sangat besar

  26.  

    indonesia bisa segalanya tapi tergantung pemimpinnya πŸ˜†

  27.  

    artikel yang bagus bung @Bukan Fanboy, saya baca sambil mewek semewek-mewkenya, saya janji untuk saya balas buatkan artikel jawaban yang lebih tajam, sampai bisa membuat yang baca jadi emosi baik terbakar semangatnya atau pengen nempeleng…. πŸ˜€

  28.  

    Setuju, Dari kmrn kmrn sy udh komen ttg Indonesia yg mengembargo, bukan yg diembargo.

  29.  

    ..artikel menarik. sjujurnya,mmg itu smua sdh menggumpal didalam dada, memenuhi isi kepala,wacana dari dulu ke dulu yg kita pahami namun tak pernah trlaksana. Kapan akan trrealisasi?.. Knapa sulit dilaksanakan?.. Knapa ide2 ini sperti, “Masuk telinga kiri,keluar telinga kanan!”.. Kita hanya bs berharap, smoga saat pak jokowi lg nyantai dn pikirannya tenang, tiba2 ia melihat artikel ini,membacanya dgn serius.. Membenarkan dlm hatinya lalu esoknya memanggil seluruh jajaran trkait utk merumuskan kebijaksanaan2 yg prnah mengganjal didada rakyat indonesia… Mari kita brdoa,smoga kedepan langkah kaki nusantara lebih tegap,percaya diri utk sejajar/unggul dari bangsa2 lain didunia.. Semoga. Amin ~

  30.  

    100% Indonesia tidak berani,krna pemimpinya mlempem………..

  31.  

    like:D bung [email protected] ,

    kekurangan dn kelebihan dr artikel diatas itu menjadi sempurna memberi ruang para warjag berdialok dan makin matang dgn komen2 ya lain..lancruutkan

    bung bpk [email protected] ini cuma saran = klu bisa dlm setiap artikel baik,kewiraan,militer,politik di akhir tulisan di selipkn selalu kata2 nasionalisme yg memperkuat kesatuan dn itulah misihnya ..mf klu salah

    nkri harga mati

  32.  

    Lha… koq gitu bukannya putin yang ngebet ketemu jokowi? grogi…. atau persediaan otak di warung padang abis?

  33.  

    dollarrrrrrrrrrr….harum

    •  

      bung frans sebentar lagi dollar bakal bau bangkai, perlahan lahan dollar akan ditinggalkan. bung frans mau nanya diartikel diatas kok bisa ya amerika yang super power dipaksa cina ?

  34.  

    bung @senopati.Sudahlah bung muak saya dengernya, please lah diskusi dgn fakta dan data yang ada jgn terlalu mengedepankan nafsu belaka. Ini adalah formil bung, untk mempersatukan bangsa bkn sebaliknya. Mohon lah jgn pancing2 ke hal2 yg provokatif.

    •  

      @kujang , mungkin yang dimaksud bung senopati ( apa ndak hebat tuh , negara besar sekelas Rusia pemimpinya ingin bertemu langsung , berarti negara Ini benar-benar dibutuhkan , jadi ingat pula artikel JKGR sebelumya juga bahwa Indonesia sebenarnya tidak takut untuk di embargo , justru merekalah yang takut ) terlepas dari bung senopati “niat” memancing / prvokasi , mari kita sambut positif saja , saya yakin kok sudah forum ini sudah berkurang untuk ha-hal demikian , malah kita bersyukur para sespuh sudah mulai datang kembali ( ane yakin kok meski SR , padahal sdh ane pancing-2 lewat artikel .

      @Stmj + @Poerboyo,
      sangat bagus analisa anda , silakan ditambahkan dan dikoreksi bila masih ada yang kurang , ane dsini juga belajar kok..

      @PCM , dari beberapa artikel , ane pantengin , saya salut dan kagum pada anda,
      kenapa demikian , meski melayani pelanggan Coto makassar , anda masih sempat bertanya rumit, bahkan memberi ulasan mengenai kondisi pespur dengan details
      ane belajar mengenai ini … ( karena hanya tahu fisiknya , tanpa tahu speknya )

      terakhir mari kita diskusi dengan sehat dan santun , dimulai dari diri ane sendiri

      CMIIW

      Salam NKRI dari sabang sampai merauke

  35.  

    Tidak semudah itu….
    Meski pemimpinnya setegas vladimir di Indonesia Ini Tapi yang perlu digaris bawahi bahwa Indonesia masih banyak tergantungnya ke Barat.. Kalo seandainya Indonesia lakukan itu Bisa Bisa perekonomian Indonesia Bisa di Bikin SKAK MAT Hati2 kalo melakukan tindakan dan kebijakan.. kalo Rusia Sih negara Super Bisa di bilang ADIKUASA Ke dua setelah Amerika Makanya Rusia berani melakukan Hal tersebut Maaf Hanya Pendapat Orang Awam πŸ˜€

  36.  

    Artikel Keren,,,!!!

  37.  

    Slam buat semuanya, Saya disini sbagai warga pendengar yang baru mohon ijin menyimak

  38.  

    Artikel yang sangat bagus Bung bukan Fan Boy dan tanggapan yg sangat bagus dari Bung Ronggolawe , Bung STMJ, Bung Patech. saya sangat setuju. Sedikit menambahkan dengan bbrp poin strategi :
    1. Khusus soal nilai tukar mata uang ada sedikit catatan, sebenarnya sungguh gampang sekali secara teori pemerintah menaikan (apresiasi) mata Rupiah terhadap mata uang USD saat ini, namun seperti komentar diatas, saya setuju bahwa salah satu tujuan Rupiah lebih lemah relatif terhadap mata uang USD adalah supaya besaran ekonomi Indonesia (market share) menguat, ditandai dengan murah dan kompetitif nya harga2 produk ekspor kita sehingga produk2 kita akan semakin laku di pasaran dunia dan ekonomi kita semakin besar (menyumbang output)
    2. Terkait kita melemahkan secara relatif Rupiah terhadap USD, sebenarnya ini adalah salah satu jalan penguasaan ekonomi suatu negara oleh negara lain (sudah dipraktikan China dgn membanjiri produk2 murah ke pasaran dunia). cara ini bisa kita tiru.
    3. Untuk merebut kontrol terhadap indikator penetapan harga pasar (seperti CPO, Timah dll) Perlu dilakukan analisa pemetaan supply chain terhadap produk2 strategis dimana bahan baku hulunya secara dominan hanya ada di tanah Indonesia atau Indonesia menguasai pasokan market share dunia. manakala industri kita siap maka langkah selanjutnya adalah perlu diterbitkan peraturan nasional untuk mendorong penguatan dan penguasaan industri di kawasan produk2 ini (contoh CPO sudah terjadi). sehingga langkah selanjutnya adalah mematikan (mengatur) supply bahan baku hulu tersebut dengan menerbitkan peraturan shg memaksa supaya pasokan hanya ditujukan kepada industri2 dalam di dalam negeri (contoh UU no 4 2009 Minerba sbg instrumen soft barrier), jika ini dapat terlaksana secara konsisten maka hanya soal waktu saja bahwa Indonesia dapat merebut kontrol penetapan harga pasar atas komoditi2 tersebut dan bukan pialang dari negara2 yg secara teoritis tdk menguasai pasokan.
    4. Semua strategi no 1 sd 4, sangat dibantu oleh modal kita yg sangat besar yaitu sbg negara netral bebas aktif, sehingga hal tersebut diatas tentu akan sangat terbantu dengan doktrin politik LN kita dan selanjutnya perlu digalakkan deal G to G (untuk meminimalisir peranan pialang).
    5. Maka manakala ekonomi kita sudah besar (asumsi produk2 RI menjadi “candu” dari konsumen dunia) tentu bukan hal yang sulit untuk memaksa negara lain menerima IDR sbg alat tukarnya.
    6. Sebagai suatu strategi penguasaan perekonomian dunia tentu perlu dibantu dengan eksapnsifnya lembaga2 pembiayaan nasional (perbankan, leasing, asuransi dll) untuk go Internasional menopang “gempuran” produk2 nasional untuk mendunia. Jika tidak disertai dengan lembaga keuangan nasional, tentu itu semua no 1 sd 5 hanyalah mimpi kosong belaka di siang hari.

    Silahkan baca strategi china untuk penguasaan pasar dunia yg selalu menyertakan sistem lembaga keuangannya dalam setiap “serbuan” ke pasar baru. semoga semakin menghangatkan diskusi kebangsaan kita. Selamat berakhir pekan warjagers semua. Just my Imho πŸ™‚

  39.  

    Iya [email protected] fanboy mohon maaf saya sudah mengotori artikel anda. Tadi saya habis baca tread sblumnya, sangat miris sekali lihat rakyat indonesia seperti itu.
    Sekali lagi saya minta maaf bung.

  40.  

    betul, jadi inget artikel beberapa bulan lalu saat berita konflik israel palestin lagi ramai ada warjager yg getol mengajak embargo zionis tapi sayang masih ada yg ketakutan kalau kita balas diembargo, entah karna mereka takut negara2 pujaannya perlahan lahan hancur (bila embargo diikuti banyak negara pasti berdampak besar),entah mereka ga mau negeri kita mandiri, atau ? ane yakin kalau pun kita diembargo hasilnya kita bisa punya pejabat2 bersih, ilmuwan bakal tumbuh subur dan dihargai.

  41.  

    bung stmj hugo chavez apa negaranya punya militer yg kuat? kok bisa ya menasionalisasi perusahaan amerika?
    bung stmj emas aja yg dijadikan alat tukar dunia, seperti mata uang zaman dulu seperti dinar

  42.  

    hahaha.. aku kemarin debat sama temanku dia pengagum berat barat & partai penguasa saat ini..

    saya memberi contoh tentang krisis crimeria pemberlakuan ruben dan yuan.. sama persis dengan apa yang saya utarakan (mungkin kita sehati) hehehe..

    tetapi teman saya tetap ngotot itu teori dan indonesia tidak mampu dan tidak bisa.. karena indonesia sudah salah urus selama 5 tahun kemaren

    Duh Gusti.. mungkin beginilah mental bangsa indonesia bung @ bukan fanboy
    jiwa nasionalisme kurang, terlalu skepstis dan jika ada masalah langsung cari kambing hitam..

    mungkin mental bangsa ini memang harus ditata..

    Salam NKRI

  43.  

    Setuju….. Saya yakin indonesia bz, tinggal pelaksanaannya….

  44.  

    betul bung kita memang sudah dikuasai asing, kalau saya lebih baik negeri ini diembargo sekalian biar kita punya alasan untuk mengusir perusahaan asing, embargo akan membuat kita mandiri dan sda kitalah yg menguasai, embargo juga ga akan membuat kita kelaparan, laut kita luas dan tanah kita subur

  45.  

    Baik rakyat dan pemimpinnya harus percaya diri. Dgn keuntungan sda dan letak yg strategis, indonesia pasti bisa apalagi indonesia mrpkan penghasil komoditas dan bahan mentah yg sgt diperlukan oleh industri di dunia dan indonesia jg. Pasar atas industri tsb.

    Indonesia hrs bisa mengembargo thd diri sendiri krn kebanyakkan impor yg dilakukan indonesia adlh brg konsumtif bkn bahan mentah. Indonesia bisa hidup tanpa bahan konsumtif tsb.

    Yg hrs diperkuat skg adalah ketahanan pangan dan energi. Perbanyak alternatif resources yg ada spt pangan, kita bisa menciptakan sejuta hektar sawah dan irigasi, kembangkan sagu, sorgum, ubi, jagung dll sbg pangan alternatif. Begitu pula energi, selain menciptakan energi alternatif, indonesia jg bisa mengembangkan energi lain yg selama ini potensial tp terabaikan spt energi gelombang laut dan nuklir. Drpd uranium dijual keluar negeri lbh baik dikembangkan spy bisa bernilai tambah dan berguna bg bangsa ini. Jgn takut utk memulai sesuatu dimana bangsa lain jg sdh byk yg mengembangkan. Utk mengurangi konsumsi bbm, buatlah transportasi massal yg nyaman dan hemat bahan bakar spt kereta api.

    Nilai rupiah bisa naik kalau didukung oleh ketegasan pemerintah dan didukung rakyat. Mari ciptakan transaksi kita dalam mata uang rupiah, jgn hanya melihat keuntungan semata. Stop impor barang2 yg bisa diproduksi sendiri. Paksa negara lain agar bisa memproduksi di indonesa. No WTO, no free liberalism. Kembangkan pelabuhan2 di indonesia, rebut FIR dari singapura. Tingkatkan kerjasama dgn negara2 yg sehaluan. Korea, jepang, cina, india dan iran bisa maju krn banyak rakyatnya lbh mencintai buatan lokal drpd luar negeri.

  46.  

    setuju bung…sudah saatnya kita mengembargo diri kita sendiri, dan berupaya berdikari dengan segala SDM dan SDM kita, saya yakin kita bisa dan mampu untuk menjadi lebih kuat dan besar dari yang sekarang

  47.  

    Makanya jangan Salah pilih Pemimpin…….!!!

    Kemarin ada calon pemimpin RI yang berani mengangkat akan menasionalkan perusahaan asing di indonesia…..!!!
    tapi sayang……calon idolaku itu kalah tipis sama si Pion….!!!

  48.  

    Terima kasih Bung dan Bu semua.

    Kedepan, siapa yang menguasai ekonomi pastiakan menguasi dunia.
    Itu lah sebabnya USA menetapkan $ sbg mata uang global. Mereka tau
    Ekonomi adalah kuncinya. Tp tetap smua mengikuti siklus kehidupan
    tdk akan kekal. Slalu roda itu berputar, trims smua.terima kasih indonesia q.

  49.  

    semua yg saya pake bikinan negri ini ..nasionalisme saya juga tinggi… saya sedihkalo mendengar negri ini di sepelekan …

 Leave a Reply