Apr 242018
 

Sistem pertahanan udara S-300PMU Rusia. © Kremlin.ru via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Rusia secara teknis mampu menyediakan sistem rudal S-300 ke Suriah dalam waktu satu bulan, menurut sumber-sumber militer dan diplomatik seperti dilansir dari laman TASS.

Sumber tersebut menambahkan bahwa untuk peluncur S-300 yang belum dipakai oleh Departemen Pertahanan Rusia mungkin dapat dipergunakan setelah rekonfigurasi yang diperlukan.

Menurut pejabat pertahanan Rusia, ada dua opsi pengiriman S-300 ini ke Suriah. Salah satunya adalah Rusia dapat memberikan sistem rudal S-300 sesuai konfigurasi ekspor kepada Suriah. Dalam hal ini Suriah akan mendapatkannya dalam 18 hingga 24 bulan dari sekarang.

Kemungkinan lainnya adalah sistem S-300 yang tersedia dapat diambil dari cadangan Departemen Pertahanan. Mereka yang digantikan oleh S-400 dalam layanan tentara Rusia juga bisa digunakan.

“Secara alami, sistem S-300 yang mungkin dikirim kepada Suriah harus dikonfigurasikan agar sesuai dengan standar pertahanan udara Suriah. Pekerjaan ini mungkin memakan waktu sekitar satu bulan”, menurut sumber itu.

Sebelumnya, harian Kommersant mengatakan bahwa Pemerintah Rusia dalam waktu dekat mungkin akan memulai pengiriman sistem pertahanan udara favorit S-300 ke Suriah.

S-300 untuk Suriah

Staf Umum Rusia menyatakan bahwa mungkin untuk mengajukan pertanyaan sekali lagi tentang penyediaan sistem S-300 ke Damaskus tak lama setelah Amerika Serikat, Inggris dan Prancis menyerang Suriah dengan rudal jelajah.

Perjanjian dengan Suriah untuk menyediakan S-300 telah ditandatangani tahun 2010 namun akhirnya dibekukan karena adanya keberatan dari Barat dan Israel.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada tanggal 16 April lalu mengatakan Rusia mungkin telah siap untuk mempertimbangkan semua langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Suriah, termasuk memasok sistem S-300.

Pada 23 April, Lavrov mengatakan bahwa masalah memberikan S-300 ke Suriah masih belum diselesaikan, tetapi Presiden Rusia Vladimir Putin telah membahas kemungkinan tersebut dengan Kementerian Pertahanan dari sudut pandang untuk mencegah situasi dimana Suriah tidak cukup siap untuk serangan agresif, seperti yang terjadi tanggal 14 April.

Bagikan :

  12 Responses to “Rusia Bisa Kirim S-300 ke Suriah dalam Waktu Sebulan”

  1.  

    Kalau di kirim ke indonesia bisa berapa hari ya.

  2.  

    s 300 siap di ujicoba di medan sesunggunya..wah patut di tunggu kesiapaan israel cs nerbangin pespurnya di suriah..

  3.  

    S-300 itu jadul……..saya mau S-300 yg bisa berubah menjadi optimus prime.

  4.  

    S-400 Triumf – Air Defence Missile System

    https://www.youtube.com/watch?v=q4ncll2gNps

  5.  

    S-300, kalau sudah terpasang dan mulai di aktifkan….saya yakin, F16, F18 dan F35 pasti akan balik kanan dan lari terbirit-birit….

  6.  

    Hahaiiiii…. akhirnya Rusia yg kecipratan efek positif dr serangan Barbarika dkk…. ? ? ? ? ?

  7.  

    Dibekukan karena keberatan barat dan Israel sementara pihak yg berkeberatan bebas menjual kpd sekutu2nya dikawasan, sesudah serangan kermaren baru dipertimbangkan kembali bakal tambah sewot nih Israel mega proyek Israhell raya bs terkendala.he3

  8.  

    Barang lama aja mau dikirim ke suriah. Kok israel nggak boleh ya. Kenapa ya?

  9.  

    kirimkan kesuriah segudang

    hahhaahaaaa

 Leave a Reply