Apr 192017
 

Jet tempur Qaher (Penakluk) F-313 diperkenalkan di Teheran pada 2 Feb 2013. © Mehr News

Pada pameran terbaru produk pertahanan Iran, Teheran memberikan bocoran lain mengenai pesawat tempur siluman baru, Qaher F-313, yang sebelumnya dianggap dongeng. Mengingat minat Iran terhadap teknologi dirgantara militer Rusia, Sputnik Persia mengusulkan bila sekarang adalah kesempatan yang sempurna bagi kedua negara untuk menggabungkan upaya mereka.

Pada hari Sabtu, dalam sebuah pameran militer di Teheran yang dihadiri oleh Presiden dan Menteri Pertahanan Iran, para perancang pesawat Iran menawarkan sekilas dari jet tempur siluman baru, Qaher F-313, yang diyakini sebagai hoax oleh para analis pertahanan Barat.

Prototipe pesawat itu melakukan taxi di sepanjang landasan pacu dalam rekaman yang dirilis oleh media lokal, namun belum lepas landas.

Menteri Pertahanan Hossein Dehghan mengatakan kepada media bahwa produksi pesawat siluman Iran, Qaher F-313, bersama dengan pesawat latih canggih Iran yang baru Kowsar, adalah sebagai awal dari produksi pesawat berat masa depan di negara ini. Qaher F-313, yang dirancang sebagai jet tempur siluman berkursi tunggal, membuat heboh ketika pertama kali diperkenalkan pada awal 2013 oleh Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.

Para pejabat Iran sejak saat itu telah menjelaskan bahwa pesawat tersebut dirancang untuk memiliki tanda tangan radar sangat rendah, kemampuan terbang altitude rendah, tangguh dan mudah perawatannya, serta memiliki daya muat 2x bom 2.000 pon, atau jumlah lebih banyak bila membawa rudal udara-ke-udara dan udara-ke-darat.

Selama bertahun-tahun setelah diperkenalkan, sebagian besar analis Barat dan wartawan mengejek pesawat itu, menyebutnya sebagai model replika murahan dari pesawat Amerika. Analis Israel bahkan menyebut pesawat tersebut sebagai hoax.

Mengomentari demonstrasi taxi akhir pekan lalu dari pesawat siluman Iran, Qaher F-313 ini, para staf penulis Sputnik Persia menekankan bahwa pengamat militer tidak perlu menunggu waktu yang lama, karena Iran sangat serius dan tegas berusa mencapai tujuannya menjadi produsen jet tempur.

“Mengingat kecepatan yang telah ditetapkan Iran di sektor pertahanan, pesawat tempur berat akan segera dipamerkan, dan kemudian masuk ke layanan berasama angkatan bersenjata negara itu. Dari semua itu, Teheran menganggap sangat penting untuk memperkuat dan mengisi kompleks industri pertahanannya”, tambah mereka.

Selanjutnya, Sputnik Persia mencatat, meskipun Iran telah menetapkan tujuan menciptakan sendiri raja tempur langitnya, Iran tidak menolak untuk bekerjasama dengan mitra lama dan terpercaya di bidang kerjasama militer-teknis di masa depan.

Emad Abshenas, analis politik dari surat kabar Iran Press, mengatakan kepada Sputnik Persia bahwa minat yang kuat pihak Iran pada teknologi dirgantara Rusia dan kerjasama yang sukses antara kedua negara di sektor pertahanan dapat dikombinasikan. “Hasilnya bahkan mungkin produksi bersama model ekspor pesawat militer”, kata Abshenas.

“Kerjasama antara Iran dan Rusia menjadi aa kemitraan strategis asli dan aktif lama,” jelas pengamat. “Selama kunjungannya ke Moskow dan pertemuannya dengan Presiden Vladimir Putin, Presiden Rouhani menekankan perlunya untuk mengembangkan kerjasama dalam produksi senjata. Seperti kita sangat menyadari, Rusia memiliki pengalaman yang sangat kaya di daerah ini. Industri pertahanan Rusia memiliki beberapa senjata yang paling maju di dunia antara aset. Tentu, Iran yang tertarik menggunakan pengalaman Rusia, teknologi dan bantuan dalam penciptaan persenjataan.”

Selanjutnya, analis tersebut menyebut bahwa saat ini, negosiasi sedang berlangsung untuk pembuatan tank modern dan pesawat tempur Rusia di Iran. Saya pikir bahwa dalam waktu dekat kita akan melihat semua ini mulai membuahkan hasil. Kerja sama tersebut tidak hanya memenuhi kebutuhan kompleks pertahanan Iran, tetapi akan menjadi kesempatan yang baik untuk ekspor senjata Rusia ke negara-negara lain melalui Iran.”

  19 Responses to “Pengembangan Pesawat Siluman Qaher F-313 Iran”

  1. Bisa saja, tetapi setelah rusia memeras iran habis-habisan…

  2. tes

    • KEMAJUAN DIBIDANG MILITER REPUBLIK ISLAM IRAN RAYA SANGAT PESAT. INILAH BENTUK KEMANDIRIAN. IRAN BEKERJA KERAS UNTUK MEMPERKUAT MILITERNYA DEMI MENJAGA KEDAULATANNYA DARI ANCAMAN AMERIKA DAN ZIONIS ISRAEL.

  3. Meras gimana justru rusia berterima kasih klo mmg benar apyg ditunjukkan iran karena rusia sangat butuh pesawat siluman , karna terhambatny proyek dafa

  4. Apa maksud Iran dng pesawat hoax ini ?

  5. semoga berjalan mulus.. paling tidak bisa membantu Iran hingga mampu menerbangkan Qaher F-313 nya..

  6. Iran akan makin serius berihtiar menyelesaikan pesawat silumannya karena dia gak mau dianggap sebagai negara penyebar hoax. Ibarat baju yang sudah basah – ya sekalian mandi saja.

    Namun kita sudah tahu bahwa membuat pesawat siluman itu sangat sulit, membutuhkan waktu lama dan juga biaya yang sangat besar.

    Adalah wajar jika Iran mencari mitra berpengalaman untuk merancang pesawat siluman. Waktulah yang nanti akan membuktikan apakah Iran mampu membuat pesawat siluman.

    Lalu kalau kita lihat Qaher yang hanya bisa wira wiri di landasan tanpa terbang. Ada pertanyaan, apakah PT DI kita bisa membuat casing pesawat siluman dan melengkapinya dengan mesin jet supaya bisa wira wiri di landasan tanpa terbang?

    Salam

    • Jika memang 313 ini merupakan pespur beneran (bukan propaganda) maka kemungkinan masih dalam tahap TD/PD, jd masih bnyk tahap yg harus dilalui.

      • Saya berpikir positif saja bahwa proyek Qaher sudah dimulai dan ia dibuat untuk memompa semangat Iran supaya mandiri membuat pesawat siluman.

        Mengenai keseriusan proyek qaher ini cuma Iran yang tahu. Dari pengamatan visual memang sayapnya tidak proporsional dan mungkin saja ada hal-2 lain yang bisa menjadi pertanyaan. Jadi nanti kita akan lihat apakah Iran sukses menjadi negara pembuat pesawat siluman atau Iran adalah negara penyebar propaganda.

        Salam

    • POLA PIKIR ANDA SANGAT OPTIMIS DAN MAJU.

  7. Test…

    .
    ….

  8. Nah loh…
    Rusia pelit tot gak???
    Kalo rusia dihargai dan gak dipandang sebelah mata,rusia pasti kasih tot. Biarpun blm yg terbaik setidaknya dasar2 bikin alutsista atau komponen2nya bisa dijarin.
    Sama seperti kita,misal anoa dibeli 8 biji lantas negara pembeli minta tot,sdg panser dari negara lain dibeli 100 jg dimintai tot. Kira2 perasaan kita sendiri gimana,apa gak diremehkan. Jdnya pasti gak bakalan dikasih.

  9. Apa cuman saya yang melihat kalau pesawat ini terlalu kecil ? sepertinya lebih kecil dari Gripen..

 Leave a Reply