Rusia Ciptakan Kecerdasan Buatan untuk Pesawat Tempur Su-35

Sukhoi Su-35 (Oleg Belyakov / commons.wikimedia.org)

Rusia Ciptakan Kecerdasan Buatan untuk Pesawat Tempur Su-35 1

Dubai. Jakartagreater.com – Pesawat tempur the state-of-the-art Su-35 sudah dilengkapi dengan unit kecerdasan buatan (artificial intelligence), yang bertanggung jawab untuk memilih sendiri target utama penghancuran oleh jenis tertentu sistem persenjataan pesawat, dirilis Pravda.Ru, 13/11/2017.

Informasi ini disampaikan oleh CEO Perusahaan Rostec Corporation, Rusia, Sergei Chemezov kepada wartawan di lapangan pertunjukan Dubai Airshow 2017, Uni Emirat Arab.

Perlu dicatat, pesawat multipurpose super-maneuverable fighter Su-35 mengambil bagian dalam 2017 Dubai Airshow untuk pertama kalinya.

Menurut Chemezov, salah satu pesawat tempur yang dipamerkan di Dubai dilengkapi dengan unit kecerdasan buatan yang dapat secara bersamaan menangkap dan menganalisa enam sasaran sekaligus.

“Itu bukan dilakukan pilot, tapi kecerdasan buatan yang melakukan semuanya,” jelasnya, sambil menekankan bahwa perusahaan Rostech terus bekerja pada pengenalan kecerdasan buatan untuk on-board system dari pesawat sipil.

Sukhoi-35 adalah pesawat tempur generasi 4 ++ yang dilengkapi controlled thrust vector engines. Pesawat ini menggunakan teknologi generasi kelima yang memberikan superioritas atas jet tempur yang produksi asing (non Rusia -red) dari kelas yang sama.

Manuver yang tidak tertandingi, sistem elektronik dan sistem senjata Su-35 yang handal, membuat jet tempur ini menjadi yang terbaik bila dibandingkan dengan pesawat tempur barat, seperti F-15 Eagle.

Leave a Reply