Nov 142017
 

Sukhoi Su-35 (Oleg Belyakov / commons.wikimedia.org)

Dubai. Jakartagreater.com – Pesawat tempur the state-of-the-art Su-35 sudah dilengkapi dengan unit kecerdasan buatan (artificial intelligence), yang bertanggung jawab untuk memilih sendiri target utama penghancuran oleh jenis tertentu sistem persenjataan pesawat, dirilis Pravda.Ru, 13/11/2017.

Informasi ini disampaikan oleh CEO Perusahaan Rostec Corporation, Rusia, Sergei Chemezov kepada wartawan di lapangan pertunjukan Dubai Airshow 2017, Uni Emirat Arab.

Perlu dicatat, pesawat multipurpose super-maneuverable fighter Su-35 mengambil bagian dalam 2017 Dubai Airshow untuk pertama kalinya.

Menurut Chemezov, salah satu pesawat tempur yang dipamerkan di Dubai dilengkapi dengan unit kecerdasan buatan yang dapat secara bersamaan menangkap dan menganalisa enam sasaran sekaligus.

“Itu bukan dilakukan pilot, tapi kecerdasan buatan yang melakukan semuanya,” jelasnya, sambil menekankan bahwa perusahaan Rostech terus bekerja pada pengenalan kecerdasan buatan untuk on-board system dari pesawat sipil.

Sukhoi-35 adalah pesawat tempur generasi 4 ++ yang dilengkapi controlled thrust vector engines. Pesawat ini menggunakan teknologi generasi kelima yang memberikan superioritas atas jet tempur yang produksi asing (non Rusia -red) dari kelas yang sama.

Manuver yang tidak tertandingi, sistem elektronik dan sistem senjata Su-35 yang handal, membuat jet tempur ini menjadi yang terbaik bila dibandingkan dengan pesawat tempur barat, seperti F-15 Eagle.

  120 Responses to “Rusia Ciptakan Kecerdasan Buatan untuk Pesawat Tempur Su-35”

  1. Slmt siang bung Diego..
    Slmt siang semua..

  2. Borong …
    Saatnya goreng xixixi

  3. kelincahan dan kegesitan menjadi kekuatan pespur Sukoi

  4. Sudah bgt canggihpun masih aja ada yg meragukan dan meremehkan! Klu untuk TNI AU ini yg terbaik karena dr yg lain gak bakal dikasi beli jg rawan embargo! Cuma semakin canggih alutisista dgn AI bs jg eror klu tembus kena Jammer atau kena Hacker!he3

  5. Seharusnya judul diatas berbunyi sbb : “Rusia ciptakan kecerdasan buatan untuk pesawat tempur sukhoi-35, sehingga bisa memilih sendiri mana konsumen yang layak dilayani dan mana konsumen yang bertele-tele”

  6. F35 semakin tertinggal jauh…
    Semoga jangan sampai ada yg ngompol berdiri, dengar kehebatan su 35

    Huehuehue
    😎

  7. Mungkin ini yang ditunggu TNI, makanya belum di ttd pembelian SU 35 nya…… Ha.. Ha.. Ha.. Ha… Ha…

    • Tandatangan tahun 2018 sekalian nonton piala dunia

    • ‘Sukhoi-35 adalah pesawat tempur generasi 4 ++ yang dilengkapi controlled thrust vector engines.

      Pesawat ini menggunakan teknologi generasi kelima yang memberikan superioritas atas jet tempur yang produksi asing (non Rusia -red) dari kelas yang sama’.

      Generasi kelima? Mungkin mesinnya sudah fitur stealth dgn mesin kembar, dgn begini, jika trbang diatas f35 pilotnya hanya berkata ‘itu pespurnya itu pespurnya’, tapi sistemnya tidak mnjwb apa apa.

      Apa lg terbang diatas f22? Mungkin f22 butuh teknologi baru kalleee

      Hahhaahaaaa

      • Su-35 yg pake teknologi generasi kelima itu cuma Avioniknya. Yg lainnya ya masih teknologi generasi keempat. Bahkan walopun bodi Su-35 ditutup cat penyerap dan pemantul radar seperti milik pespur generasi kelima, tapi karena body struktur nya tidak didesain memantulkan gelombang radar maka hanya mengurangi RCS Su-35 hanya menjadi 2 m2, diartikel lainnya hanya menyebut RCSnya sampe 1,5 m2. Beda jauh dg F-35 yg walopun kualitas silumannya dibawah F-22 tapi RCSnya masih dibawah 0, 05. IRST Su-35 baru bisa mendeteksi F-35 dari jarak 50 km. Sebelum masuk jarak segitu Tentunya Su-35 sudah disalvo sama AIM 120 AMRAAM.

        • Mau dimana loe salvo kalau su35 itu sudah full stealth, yg tidak memancarkan apapun, hanya menyerap apa yg diaktifkan f35, secara otomatis itu f35 ketahuan, tinggal atur posisi ajja utk menarget balik f35,
          antara tidak sayang & sayang loe dgn f35, jika sayang siap2 ajja loe disalvo brsama f35 mu itu, jika tidak sayang? Maka segera angkat tuas kursi pelontar

          Hahhaahaaaa

          • Kalo Su-35 udah full siluman, berapa RCSnya sekarang? Ane mau tau, kalo bisa kasih linknya. Lagian kalo Su-35 udah siluman kenapa Su-57 ttp dikembangkan?? Kan percuma aja.

            Hhhhhhhhhh

  8. Su-35 baru mengembangkan AI untuk kontrol tuh pesawat dg penurunan kinerja dari awalnya mampu me lock 30 sasaran menjadi hanya 6 sasaran.

    Nah kalo F-35??? Ehemm, F-35 dari awal memang dikembangkan untuk bisa digerakkan oleh AI dan bahkan AI tersebut juga bisa menggerakkan drone tempur dari 10 hingga 100 buah dimasa depan. Sekarang QF-16, Reaper hingga Global Hawk sudah mulai dikembangkan untuk bisa terbang bersama F-35 dalam suatu simulasi tempur. Bahkan bukan tidak mungkin F-15 SE atau F-15E/F serta varian F-teen series lainnya bisa digerakkan oleh F-35.

    Kedepan hanya dg mengandalkan beberapa orang di ground control, sudah bisa menggerakkan seluruh pesawat tempur milik US Navy, US Marine dan USAF dalam satu ritme jaringan global. Mirip dg Red Alert atau Command and Conquer. Rusia dan China sekalipun kalo menghadapi lebih dari 20 ribu pesawat secara bersamaan bisa saja hancur apalagi ditambah serangan dari Alutsista laut, darat dan luar angkasa.

    Hhhhhhhhhh

    • Nah mulai keluar American Style nya… makanya tidak aneh ketika Russia menyatakan USA membuat Raqqa seperti Dresden Jerma yang hancur lebur… mengapa setiap hal selalu dianggap sebagai perang frontal??? dalam menganalisa sebuah pespur seharusnya di ulas mulai dari kemampuan independent (mandiri) dan kemampuan serang secara kelompok…
      Kalau seperti itu bukanya lebih baik menggunakan AWACS yang memiliki kemampuan radar jauh lebih baik daripada semua pesawat tempur yang ada di bumi??? maksudnya kan F-35 menyusu[ mengandalkan sifat silumanya (jika benar2 siluman) dan kemudian menjadi mata karena berada di daerah terdekat dengan posisi strategis musuh, menjadi otak penargetan bagi rudal2 yang akan ditembakan dan kemudian pergi dan sukses secara teori akan seperti itu…
      kalau begitu jelas tidak cocok dong dengan konsep militer Indonesia yang lebih cenderung membutuhkan pesawat2 temur yang mandiri dan karena tidak melakukan agresi ke negara manapun ngapain juga punya pesawat generasi 5 yang harganya mahalnya minta ampun, belum lagi upgrade yang begitu maha untuk F-35… bahkan sering di bahas dimana pesawat generasi awal sangat mahal untuk di upgrade dan akan cenderung menjadi pesawat yang hanay berfungsi sebagai pesawat latih… bahkan versi yang benar2 siap tempur baru akan keluar di tahun 2018…

      • Menjadikan pesawat siluman sebagai pesawat pengintai dan mata2 adalah konsep tempur yg usang dari abad 20. AWACS dg jangkauan radar yg jauh digunakan selain sbg pos komando melayang juga sebagai pengganti pesawat pengintai. Tujuannya agar pesawat dapat mengamati wilayah musuh dan lokasi musuh tanpa takut terjangkau rudal AAW musuh. Hanya saja sekarang menjadi rawan karena paling mudah ditemukan.

        Pespur Stealth seperti F-35 dan F-22 memiliki kemampuan mengumpulkan dan menganalisis data yg diterima dari berbagai sumber layaknya AWACS minus jangkauan radar yg lebih pendek. Dg sistem terpadu ditambah jaringan data link 16 maka pespur generasi kelima bisa menjalankan posisi AWACS dg komando ttp di ground control atau kapal induk yg aman. Bila ada 12 pespur dg masing-masing memiliki jangkauan radar sejauh 210 km maka total cakupan wilayah yg bisa dicover bisa seluas 554.400 km2, jauh lebih luas dari area remote AWACS sambil tetap mempertahankan kesenyapan. Itu masih 4 pespur Siluman, bila 4 pespur itu juga menggerakkan 10 drone masing-masing2nya tentu akan jadi lawan yg susah. Padahal dalam 10-15 tahun kedepan bisa saja F-35 dan F-22 mampu menggerakkan hingga 100 drone tempur termasuk drone kamikaze maka akan menjadi kekuatan yg sangat menakutkan bahkan untuk dilawan 1 negara sekelas India, China atau Rusia sekalipun.

        • Cakupan area remote seluas 554.400 km2 itu hanya dari 4 pespur, bukan 12 pespur.

          • sebenarnya yang mau diserang itu apa???

          • Yg diserang ya musuh potensial negara. Indonesia beli Su-35 untuk meningkatkan kemampuan tempur negara, tentu saja kalo Indonesia beli F-35 tentunya akan lebih menambah kemampuan tempur Indonesia. Bahkan kalo bisa jadi duet maut tentu akan menambah efek detteren Indonesia.

          • Masalahnya itu yang dibutuhkan Indonesia, bukan yang dibutuhkan Russia atau USA… Russia memiliki jet tempur dan rudal pertahanan maupun rudal serang yang mumpuni, USA adalah negara yang memiliki mobilitas dan didukung alutista militer paling top didunia…
            Masalahnya, Indonesia masih jauh dari tipikal keduanya, sistem pertahanan yang sangat minim, jet tempur yang masih jauh dari ideal, dan memiliki luas wilayah laut yang luar biasa… selain itu persaingan supremasi udara di sini dikuasai jet tempur barat, mana mungkin melawan jet tempur kelas berat dengan jet tempur kelas menengah… Australia, Singapura dan Malaysia semuanya mengoperasikan jet tempur double engine produk USA… bahkan Malaysia menyaingi memiliki 18 Su-30 MKM… logika saja, apa yang paling ideal yang harus dibeli Indonesia??? F-16V/F-35/Gripen???

          • Yg ideal ya tentunya beli F-35 karena anggota FPDA juga akan memakai itu. Kalo masalah bakal ada konflik sama FPDA ya, kita bisa mengembangkan Dan menunggu F-33 aka IFX kelar. Kan F-33 diproyeksikan buat gantiin Sukh*i .

          • F35 memang full stealth, tapi pd jarak 1000 km

            Hahhaahaaaa

          • Setau saya IFX Itu Buat Ngegantiin F-16 Block 15&25… 😛

          • Nah, mumpung Sales aslinya Dateng Ane mau tanya sama Km Jim. Emang Su-35 udah beneran full Stealth, udah jadi pespur generasi kelima ya?? Datanya kayak gimana? Ane udah nyari2 Ampe Rusia lum ada informasi kayak gitu.

            IFX rencananya buat gantiin Sukh*i sama F-16, jadi biar 1 macem aja (kalo buat pesawat latih mungkin pake TA/FA 50). Yg jelas setelah (rencananya) pembelian Su-35, pemerintah gak akan nambah Sukh*i lagi.

          • Emang Su-35 udah beneran full Stealth, udah jadi pespur generasi kelima ya??

            —————

            Iya In Aja Biar Si Karin Senang Dan Mas Hari Gk Marah. 😆

            —————

            Yg jelas setelah (rencananya) pembelian Su-35, pemerintah gak akan nambah Sukhoi lagi.

            —————

            Nggak Jg Tuh. Nyatanya Su-32/34 Jadi Kandidat Kuat Di Slh Satu Tender TNI.

            #Off Lagi

          • FPDA itu sejatinya merasa Indonesia sebagai ancaman, mereka selalu berusaha pespurnya lebih mumpuni dari Indonesia, Aussie dengan F-18, Sg dengan F-15 dan F-16, Malaysia lebih extreme karena juga menggunakan pespur Russia, Mig-29, Su-30Mkm dan F-18… satu2nya cara menghadapi ya menilik lawan tertinggi yaitu F-15 dan Su-30Mkm… F-35 dan F-33 jelas bukan lawan keduanya, jawabanya ya Su-27 dan Su-35 sebagai pespur kursi tunggal yang memang lebih memiliki kemampuan tempur lebih baik daripada kursi ganda

        • ga usah nulis panjang lebar bray, saya anggap situ lagi latihan melawan fansboy, memang mau lawan siapa sih ?

          bung DR ? xixixi
          salam buat dia bung, saya udah malas ke warungnya dia, pas dia bilang kalau sukro su tiga lima dibeli nanti dikasih unjuk ke ausie dan as.

          disitulah saya merasa sedih, krn memang simpang siur beritanya seperti itu, tpi yg sgt disayangkan itu adalah uang utk beli itu adalag uang rakyat.

          fansboy mah mana tahu itu uang rakyat, yg penting beritain, salesin, masa bodo dgn rakyat yg penting duit masuk ke kantong fansboy.

          • Gimana gak jelasin panjang lebar, orang Fanboys Russia percaya kalo Alutsista Rusia itu superior kayak Su-35 bisa menang telak lawan F-35 lah, Su-35 yg punya kemampuan siluman lah, S-400/500 sangat ampuh lah. Makanya kalo mau debat ya Ane kasih penjelasan bahwa model tempur abad 21 itu kayak gini. Kalo masih mau bandingin 1 lawan 1 ya mana ada kecuali itu dari jaman abad 20.

          • Facta. setelah SU 35 dan SU27 turun gelangagang di SURIAH sudah jarang patroli pesawat AS seperti F14D tomcat dan F15Eagle serta super SR71 Black bird. konon semua pespur AS tersebut menuju KORUT karena isunya para pilot AS moh berhadapan dg pilot sukaoi maka sekarang masih tinggal F35 Isrohel yg patroli di perbatasan SURIAH.

          • Nah kan ada orang ngawur lagi yg sok keminter. SR71 sama F-14 itu dah lama pensiun Bung, gak ikutan patroli di Suriah.

          • xaxaxaaa

          • njir ketawanya kaya bung anu……xixixi 😆

          • gimana ga males, F-35 di embat habis2an sama bung DR… kalau Su-35 memang dari awal bikin blog selalu di hajar sama DR…
            nah tuh tau kalau beli pakai uang rakyat, mana bisa uang rakyat buat beli alat perang yang kelas menengah, mestinya ya beli yang level tinggi…
            sepele, untuk mengimbangi F-18 Aussie, F-18 dan Su MKM Malay, dan F-15 Sg mau di imbangi dengan apa??? Rafalle??? Thypoon??? dari harga ya jelas lebih masuk yang mana??? beli F-35???

          • Sangat jelas beli F-35 biar proyek IFX kita bisa semakin lancar. Kan tau sendiri LM ikut bantuin proyek KFX/IFX. Mungkin kalo Indonesia batalin beli Su-35 dan dananya dialihkan buat beli F-35 sambil ditambahin jadi 16 biji bisa jadi 4 teknologi inti (AESA, Jammer,IRST dan electro optic targeting Pod)

          • Tapi Yg Jls TNI Gk Bakalan Beli F-35 Karena Budget Dan Biaya Oprational Costnya Terlalu Mahal. Dan Dulupun TNI Pernah Menolak Penawaran F-35 Dari LM Dgn Iming-2 ToT Teknologi Inti IFX.

          • Yakin mampu beli, masak harga Su-35 yg USD 139 juta aja mampu masak F-35 yg USD 128 jt aja gak mampu?? Bahkan sekarang harganya dah turun jadi sekitar 86 jt aja loh.

            Hhhhhhhhhh

          • yang mahal dari F-35 bukan harganya saja… tetapi kelangsungan hidupnya juga bakalan mahal… bahkan untuk ugrade block saja begitu rumitnya…
            Lagian siapa yang bakalan takut sama F-35??? bahkan rudal S-200 sudah cukup membuat F-35 Israel battle proven

          • F35 & F22 full stealth dijarak 1000 km brooo

            Hahhaahaaaa

          • Harga Su-35 Itu Di Kisaran 80-90Jt USD Bung. Dan Itu Bisa Lebih Karena Ada Permintaan Tertentu Dari User Dan Sucad Plus Senjata Tambahan…

          • Bukan jimmi, mungkin yg anda bilang itu su27, su30.
            Tapi su35generasi 4++ full stealth harganya 179 juta?lengkap dgn senjata barunya & senjata lanjutannya tanpa tot.

            Hahhaahaaaa

    • Sebenarnya lg ngomong apa sih?

      Xixixi …

  9. Kecerdasan Buatan & Rusia adalah 2 kata yg gak cocok digandingkan..Rusia lebih dikenal dgn program tangguh yg sejak lama telah digunakan iaitu Kebodohan Buatan..sistem tangguh buat menghipnotis para jongos2 rusia guna mempromosi sukhoi gasak versi downgrade biar laku keras dgn cost minim…hahahahahaa…

    Jgn mau dibuat bodoh sama Kebodohan Buatannya rusia..Ayo kita sama2 bangun & dukung gripen demi kedaulatan industri militer indonesia..Nkri harga mati..Gripen for indonesia

    mantaaappppp !!!!!!!

  10. Mantap seperti yg saya bahas tadi pagi kan sudah keluar artikelnya……
    lapak bung diego memang ajib, mengulas masalah setajam mata golok…………..goloknya jaka sembung….xixixi

    semoga kedepannya Sukro sudah bisa hadir di tokopedia, bukalapak, olx, lazada, shopee, dll.
    sehingga pembeli bisa dengan mudah membeli Sukro full armamen, klo duitnya kurang , bisa pakai voucher tambahan dari pembelian sebelumnya….xixi

    awas beli barang yg ori jgn yg bajakan……hmmmmm

  11. Klu bahas Su-su35 rame yg komen, sampe mati2an bela2i produk pujaan masing2, cuma sayang tak satupun terbukti diperang sesungguhnya untuk pembuktian klaim masing2!he3. Cuma diSyria banyak terjadi peristiwa tapi tak satupun sekutu yg berani menyerang armada Rusia!

    • hla cuman di jejerin milih minggir…

    • Tambah satu bung…yg laris malah dagangan russia…S400..SU 35….

    • Coba aja Rusia gak punya nuklir, udah dihajar dari kemarin2 tuh.

      Hhhhhhhhhh

      • Kalau amerikano takut dgn nuklir rusiaa? Monggooo, buat laporan ke pbb supaya makin tambah ngawar ngiwir

        Hahhaahaaaa

        • negara satu ini memang seneng bener bikin huru hara dimana2… sepertinya kalau diem ga perang kayak alergi…

        • Ngawar ngiwir apa ngawur ngawir …

          Wkwk …

          • Hampir sama itu broo, kwik kwik kwik

            Hahhaahaaaaa

          • Amerika juga bisa diembargo, sperti minyak, karna kebutuhan minyaknya dr negara negara arab, tau kan apa akibatnya amerika di embargo minyak? Yg pasti seluruh armada pertahanan militer mrk jd barang antik & memaksa harga minyak utk konsumsi publiknya akan naik, secara otomatis? Ekonomi mereka drop & para pengusaha dr amerika akan trbang ke eropa mmbuka usaha baru & trjadi krisis keuangan.

            Jadi embargo itu menyetop segala kebutuhan negara itu sendiri.
            Yg trjadi pd rusia itu
            sanksi ekonomi, yg menyetop negara2 penerima hasil produksi rusia, tapi melalui kerjasama dgn negara penerima dgn alasan yg logis, tapi kan negara penerima hasil produksi rusia

            Hahhaahaaaa

          • Coba, baca dulu deh arti embargo di KBBI. Malu2in aja.

            USA memang pengimpor minyak bumi terbesar di Dunia. Tapi Lo kira USA bakal collapse kalo penjualan minyak ke USA distop ?? Hhhhhhhhhh, nih Ane kasih link 10 produsen minyak terbesar di dunia dan Lo bakal tau produksi minyak Rusia gak ada apa-apanya dibandingkan USA.
            https://financesonline.com/top-10-oil-producing-countries-in-the-world-wheres-the-greatest-petroleum-dominion/

            Dan sekarang harga minyak mentah dunia turun drastis walopun beberapa saat sekarang, minyak mentah mulai naik. Salah satunya bakal bikin ente terkejut termasuk kenapa Rusia jadi terpuruk saat ini selain embargo yg dia dapat.
            Hhhhhhhhhh

            Nih linknya:

            http://www.bbc.com/news/business-29643612

          • Komen ane ilang lagi neh.

          • Sebetulnya Rusia bisa saja collapse karena ekspor minyak dan gas mereka ke Eropa terputus karena Rusia menganeksasi Krimea dan ikut campur tangan atas masalah dalam negeri Ukraina. Untung saja ada China, tapi akibatnya fatal.
            1.) Harga gas dijual Rusia dijual murah ke China karena hanya China yg bisa menerima limpahan gas dan minyak produksi dari Rusia.
            2.) Akibatnya Rusia menjadi lemah terhadap China dan bakal atau bahkan mungkin sudah jadi anjing penjaga bagi China. Kalo China menolak limpahan ekspor migas Rusia, Rusia bakal hidup dari mana? Penjualan Senjata?? Emang berapa sih total penjualan senjata Rusia? Selain India dan China, importir senjata2 Rusia hanyalah negara2 miskin atau negara yg negonya alot, belinya dikit mintanya banyak termasuk ToT, pake imbal dagang lagi. Apa gak punya uang cash apa? Makanya Rusia ttp mau jual yg penting dapat uang, bahkan walopun dijual ke China sekalipun yg notabene Produk Rusia biasanya dijiplak.
            3.) China sebetulnya masih punya masalah perbatasan dg Rusia karena China menuntut pengembalian Vladivostok dan sebagian wilayah Rusia yg dulunya adalah milik Dinasti Qing. China masih menyimpan upaya itu dan tentunya Rusia tau. Buktinya Rusia saat jadi Uni Soviet pernah berperang lawan China karena masalah perbatasan. Kalo China mau bersekongkol dengan USA untuk menjatuhkan Rusia, bukan tidak mungkin Rusia akan hancur dan terpecah-belah seperti Uni Soviet dulu.

            Hhhhhhhhhh

          • Mungkin komenmu nyangkut digigimu kalleee agatooo

            Hahhaahaaaa

        • Gak perlu dilaporkan ke PBB, orang udah di embargo sama USA dan kelihatan jelas dampaknya kok.

          Hhhhhhhhhh

          • Sudah jelas loe ngawar ngiwir agatoo,
            Rusia itu tidak bisa diembargo, krna apapun dirusia itu ada.
            mrk itu hanya menyetop negara yg menerima hasil produksi dr rusia & menyetop kerjasama kpd negara negara yg berkerjasama dgn rusia, mungkin negara yg mau dibawah perintah amerika itu mmng mau diperintah amerika tanpa menguntungkan negara trsebut, malah yg untung itu amerika sendiri dr kebodohan negara trsebut

            Hahhaaahaaaa

          • Lah, bukannya itu sama saja artinya di embargo ya. Emangnya definisi embargo tuh kayak gimana sih Rin??

  12. Goreng goreng masak masak tumis tumis ….Su35….tp tenang, udah hampir deal, yg sabar….hari baik itu akan tiba…xixixi

  13. Kecerdasan Buatan lumayan nambah value pespur,

  14. Jualannya cerita militer, saat Indonesia mau beli pespur kok bicara sok sosial itu duit rakyat, kalau Indonesia tdk kuat tentu mudah ditekan lawan.

    Jangan2 ente ini agen asing ya?

    Huehuehue
    😎

  15. Omong opo toh ndo,….yo wis sing sabar bulan depan,…..good news.

  16. Sebenarnya yg terhebat itu f35 tapiiiiii …
    Dengan catatan harus gak kena hujan, gak kena petir, gak kena badai, gak ketangkap radar maka dijamin aman …

    Seumpama sdh aman kita mau silumanin siapa? Aussie? Mal*n? Singapura? Terus ngapain jadi siluman kayak amrik? Kita kan hanya menjaga wilayah kita sendiri, kita kan negara santun bukan kayak negara sebelah …

    Benar apa benar?

    *Bung colibri : “Benar bro! Lanjut !!”

    Xixixi …

    • HaeS : mending jadi siluman gak perlu bertempur, bisa numpang bus gratis kalau pespur susah numpang bus

      WE : tidak usah beli pespur krn itu duit rakyat, ini bukan kata sy tp mbah bowo loh

      Agartong : emangnya bodoh tidak beli p35, itu pesawat super tak terkalahkan asal jangan ketemu bangau ajah.

      Jimi : tidak mungkin p35 menang dgn p4, emangnya tidak hapal pancasila ya?

      😀

      • F35 itu hanya mengandalkn milfight/brtarung jauh dgn silumannya & kecepatan teknologi perangkat elektoniknya didalam mendetek, jammer, mengunci & menembak dgn bvr nya.
        Tapii? Jika trlalu lambat? Maka itu f35 akan kehilangan silumannya & akan mnjadi sasaran empuk pespur bukan siluman karna manuvernya tidak baik/buruk.

        Kalau agato gak akan tau apa2 sj kelibihannya & kelemahan f35 jd wajar masih ngawar ngiwir.
        Bukan cuma itu kelemahan f35, masih banyak lg

        Hahhaahaaaa

    • Kalo gitu buat aja pespur yg rangkanya sama bodi dari Bamboo. Biar susah didetek sama sensor rudal AAW sama Infra red musuh. Kan jaman PD 2 banyak tuh pespur pake bahan kayu, kayak pembom silumannya Nazi Jerman.

      Hhhhhhhhhh

 Leave a Reply