Feb 022017
 

Ilustrasi: Rudal hipersonik “Zircon” buatan Rusia. © Youtube/PravdaREUTOV – Rudal jelajah ringan BrahMos direncanakan akan dipasang pada peluncur torpedo kapal-kapal selam dan jet tempur generasi kelima Sukhoi T-50 PAK FA Rusia, kata CEO dan Designer Konsorsium Riset dan Pengembangan Rancang Bangun Mesin, Alexander Leonov pada hari Jumat (TASS Defense).

“Kami sedang bekerja pada rudal versi ringan. Ini harus sesuai dengan ukuran tabung torpedo dan hampir 1,5 kali lebih kecil dalam hal beratnya. Sehingga memungkinkan untuk mengangkut rudal pada berbagai pesawat udara”, katanya.

“Tentu saja, kami akan mengembangkannya, tamun pertama-tama, untuk pesawat generasi kelima dulu, mungkin rudal itu juga akan dipasang pada pesawat tempur MiG-35”, tambahnya lagi.

Rudal jelajah supersonik BrahMos adalah produk dari Konsorsium Riset dan Pengembangan Rancang Bangun Mesin Rusia dan Organisasi Riset dan Pengembangan Pertananan (DRDO) India, yang mendirikan perusahaan patungan BrahMos Aerospace pada tahun 1998.

Nama rudal jelajah supersonik tersebut berasal dari nama sungai Brahmaputra India dan sungai Moskow Rusia. Rudal ini saat ini memiliki jangkauan 290 km dan membawa hulu ledak seberat 200-300 kg.

JakartaGreater