Sep 282016
 

Rusia dan Indonesia terus mengadakan pembicaraan tingkat ahli terkait pengiriman jet tempur Rusia Su-35 dan mempelajari kemungkinan kontrak pengiriman pesawat amfibi Be-200.

“Sebenarnya kami melakukan konsultasi mengenai kepentingan rekan-rekan kami di Indonesia, termasuk isu Su-35. Pihak Indonesia dinyatakan berulang kali memilih pesawat tempur ini, yang logis karena terus garis pesawat Su (Su-27, Su-30) digunakan dalam pertahanan negara ini,” ujar Wakil Direktur Jenderal Badan Ekspor Rusia Rosoboronexport, Sergei Goreslavski.

Sergei menjelaskan bahwa kontrak akan segera ditandatangani setelah draft selesai disusun, sekarang dialog aktif diadakan di tingkat ahli.

“Ini adalah pemahaman kepentingan Indonesia (pada pesawat amfibi Be-200) dan pada diskusi tentang masalah ini, tetapi semua ini mengandaikan penyelidikan dan penyidikan dari kementerian tertentu dan lembaga di Indonesia, untuk itu masih dini untuk menyebut beberapa jenis kemajuan dalam hal ini,” ujar Konselor Menteri Misi Diplomatik Indonesia di Rusia, Lasro Simbolon, seperti dilansir Sputnik News pada Rabu (28/9).

Be-200. (© Sputnik/ Sergei Subbotin)

Be-200. (© Sputnik/ Sergei Subbotin)


Saat menghadiri pameran Hidroaviasalón yang diadakan di kota Gelendzhik wilayah Krasnodar Rusia, Goreslavski menjelaskan bahwa delegasi Indonesia menunjukkan minat terhadap pesawat amfibi Rusia dan pembicaraan pendahuluan diadakan.

Pejabat itu mengatakan bahwa mitra Indonesia bisa mengunjungi pabrik pembangunan kapal tersebut. “Kami memiliki pekerjaan besar di depan, akan kita percaya bahwa ketertarikan mereka pada kapal-kapal kami Be-200 akan tetap,” katanya kepada wartawan.

Sebelumnya Duta Besar Indonesia di Rusia, Vahid Supriyadi, mengatakan negara Asia ini akan mengakuisisi delapan pesawat tempur Su-35 Rusia, negosiasi berada di tahap akhir.

Diplomat itu menambahkan bahwa bagian utama dari negosiasi telah selesai dan menekankan bahwa hanya harus tetap menyelesaikan “masalah birokrasi”.

Sumber: Sputnik News

  92 Responses to “Rusia dan Indonesia Diskusikan Pembelian Pesawat Su-35 dan Be-200”

  1. Baiklah . Sukhoi-35 batch pertama akan datang tahun 2018.
    Beriev 2019.

  2. pppppppphhhhhhhhhhppppppp

  3. Kapan datangnya???

  4. Transaksi di alam Ghoib.. barangnya juga sifatnya Ghoib..

  5. Hahahahaha…pra warjkgr harus percaya bahwa pmblian su 35 adalah politik… Ktannya bru di thap perbincangan padahal sudah mau di kirim ke indonesia..

  6. @mbah bowo : Kalau sudah bau tanah mbo ya jangan jadi stress…
    Forum militer di jadikan forum politik.
    Apa juga untungnya nyoblos mereka?
    Toh mereka tidak sanggup membayar hutang saya…
    Btw untuk yang namanya PEMILU / PEMILUKADA dari dulu saya mah GOLPUT. 😀 😀 😀

  7. Terlalu banyak cakap, realisasinya entah kapan, ………… eeh mentok lagi di anggaran !!!

  8. Semoga terwujud…
    Syukur-syukur ada penambahan pembelian dari alutista yang lainnya dari Rusia, seperti S400 dan atau S500
    Di jamin Indonesia T.O.P.B.G.T

  9. BTR yg kmren kliatan fotony d kapal udh nongol nih d tanjung priok.

  10. @Ceuk Anik Ge : Setelah pertemuan langsung antara Presiden Indonesia dengan Presiden Rusia mengenai pembelian pesawat Sukhoi SU-35, kedua belah pihak setuju akan membicarakan lebih lanjut di tingkat ahli dengan tanpa perantara / broker / calo.
    Bayangkan jika kita membeli via calo / perantara / broker, dengan budged untuk membeli pesawat Sukhoi SU-35 hanya 8 unit saja.
    Sedangkan jika kita membeli pesawat Sukhoi SU-35 tanpa via broker / perantara / calo, TNI AU akan mendapatkan 14 unit Sukhoi SU-35
    Lebih baik bersabar hingga waktu injury time untuk mendapatkan pesawat dengan gen 4++ ini sambil mmperhatikan negara luar sekita kita.

  11. saya benci dengan Agus, saking bencinya, pada pemilu bulan Februari 2017 nanti, saya akan mencoblos (1 kali) si Agus tepat pada mukanya !!!

    dan jika Agus masuk putaran kedua, maka kembali saya akan mencoblos, kali ini sasaran saya adalah si Sylvi, juga tepat pada mukanya !!!

  12. Salam bung Diego dan warjager semua,,
    Lama sekali saya tidak ikut nimbrung di forum Jakarta Greater ( mergo ra due HP ). Meskipun dulu saya juga tidak se intens dan terkenal seperti warjager lainnya misal Bung colibri, PKB, Narayana, dll. Karena saya hanya pemandu sorak disetiap trhead..
    Ketika saya kembali pegang HP, hal pertama saat browsing adalah langsung ngintip ngintip di sini, tapi alamaak kenapa saya jadi canggung? Mau ikutan komentar, tapi rasanya saya menjadi orang asing di tengah riuhnya sebuah pesta.
    Setelah beberapa minggu saya hanya mengamati dan hanya tersenyum karena baca komentar dari warjager yang kadang sangat menggelikan,kini saya mencoba kembali untuk menjadi bagian dari kehangatan di Jakarta Greater.
    salam untuk warjager semua

  13. Wa’alikum salam…

  14. goreng teyus sampe sempake bolong

  15. wokwokwok si bowo bawa bawa politik ke artikel alutsista selalu aja begitu, mending kalo komen nya bener…. lahh ini nggak ada yang bener sama sekali masa orang semua ngomongin Alutsista dia malah jadi bawa bawa Politik giliran ngomongin Politik bawa bawa Alutsista ckckck dasar oon hahahaha… Btw kalo masalah Beriev sihh ane yakin pasti ntu barang bakal di beli nahh buat si Sukro ane juga yakin aja lahh bakalan di beli dan kemungkinan barang juga lagi di assmble di pabrikan nya sono.

  16. Kenapa masih lewat rosoborok iya? kirain sistemnya g to g masih g to b.

  17. Borong yg banyaaaakk….!!!!

  18. Su35 hanyalah kamuflase drama politik tingkat tinggi…
    entah su35 itu sudah disini atau belum,gelombang pesanan Alutsista utk TNI terus berdatangan bahkan yg lebih gahar pun .
    Malaysia tak perlu su35 krn sudah pny su30mkm yg sudah setara kemampuan nya dg su35… dan Indonesia sangat butuh su35 krn utk mengejar keseimbangan air superiority di kawasan…(aushit&pura2singa f35)
    saat ini blm ada tanda-tanda yg jelas kpn su35 pasti diakuisisi tni AU… Krn tetangga pun pesanan resminya(f35)jg blm datang…
    biarlah TNI dg strategi nya dijalankan spt itu krn utk terus dan terus utk mengacak dan mengelabui para intel asing yg banyak berkeliaran di Indonesia…
    ingat,banyak Alutsista TNI yg dimodif dan berasal dr kemandirian sendiri!
    roket Rhan terus diberitakan uji statis…biarlah spt itu… mereka harus takut dg kemisteriusan TNI!
    Jadi,yakin saja su35 itu adl pespur canggih milik Rusia yg dioperasikan pertama kali oleh negara kita setelah au Rusia tentunya

  19. Episode baru drama su 35…yakin bahwa sudah ada kesepakatan antara dua pihak…insha ALLAH…

  20. molor lagi nggk?

  21. Mantab…

  22. Shiipp.. lanjutkan…
    Masak kalah sama tingkok yg udh nerima 4 su 35…

  23. duit buat beli nya semakin berkurang gara” sibuk rapat, rapat dan rapet hahaha…. anggaran bocorrrr…. ttd kontrak dikaji terus dengan dalih tatetot tatetot tatetot….

  24. hmm…
    baru diskusi…

    xixixi….

    • yang saya heran bung,pesawat pejuang f18 sama su30mkm yg katanya heibat dan tercanggih milik Malaysia kenapa tak de suara bising nya di angkasa ya bung…
      biasanya jaguh di perbatasan NKRI,kenapa tak de lagi yang terbang ya…. xixixi…takut kena mercon Made in LAPAN kali yaaa…. wkkkk

  25. Su-35 8 biji full vs 16 biji SAB Grippen NG plus tot, bisa bikin pak RR cemut2. Pilih su-35 dapat air superioritas, pilih Jas 39 dapat kemandirian Alutsista…..
    Ayo…. Bingung ya????

  26. indon tak da uang kat beli su35 indo hanya bual sahaja kah kah kah kah

  27. Kalok Urusan milih alutsista cemen bro buat TNI..
    Udh di pikir matang2..jgn khawatir…enteng kalok urusan gituan..

  28. diskusi tahap akihir artinya diskusi tentang tanggal pengiriman dan tot apa saja yg di dpt nantinya.. klu kita jd jg beli b-200 tentunya akan lebih banyak tot yg kita dpt..

  29. sudah sampai ke tingkat akhir rupanya ,,,macam btr tau tau dah nongol

    beruk malon sila masuk bilik termenung saja karena kismin andalkan su 30 ejec di hanggar sampai 2050 hihihihihi

  30. India aja alot pesan Rafale karena banyak,
    ya begitu juga Indonesia, beli SU 35 banyak nih!

  31. Aku maunya nyoblos neng Carin aja deh. Apalagi kalo neng Carin mw nungging atw diatas.. mantab men…!!

  32. @putra : Neng Carin kan kembarannya Eli Sugigi…
    Masih mau di lanjut….?

    wkwkwkwkwkwkwk… 😀

  33. Aku maunya nyoblos neng Carin aja deh. Apalagi kalo neng Carin mw nungging atw diatas.. mantab men…

  34. Harus dibakar dulu biar goib dan siluman sepert trimaran setelah dibakar arwahnya getayangan dan memiliki sifat silumann yg tdk tetdeteksi radar

  35. Pembelian Alustista mulai sekarng g boleh lewat calo/ makelar harus G to G.su 35 tetap di beli.full lengkap dengan persenjataan.+ Kapal selam kilo class.
    Ingat wajagger…pembelian Alustista thu.g semuanya di publikasikan hanya sebagian saja.demi keamanan negara.apa bila sampai terjadi perang pecah TNi sudah siap dan selalu siap tempur….g takut dengan negara manapun….liat saja kenapa latihan TNi au.sampai di geser ke Natuna sama pak Jokowi.untuk membuktikan kedaulatan NKRI.jangan macam2 dengan NKRI.thu bukti TNi sudah siap….dan selalu siap…salam nkri

  36. enge mbah..sunkem sma mbah..

  37. su35 mna,thiphoon mna,rafael mna,gripen mna,viper mna
    xixiixixixixiixi smuax akn muncul bila tiba wktunya untuk berperang
    ghoib itu nyata krn ghoib hanya antara ada dan tiada

  38. Moga cpt datang barangnya

  39. TUH BACA BAWA NYA MASALAH BIROKRASI KARENA JADWAL PEMBUATAN DAN PENGIRIMAN,YANG MEMUNGKINKAN BER GANTI PEMIMPIN,BERARTI PEMIMPIN SELANJUTNYA NGAK BOLEH YANG DEKAT AMA BARAT,SOALNYA KALAU PEMIMPIN NYA DEKAT BARAT SU-35 NYA BATAL DI GANTI F-16 DRAKULA WKWKWKWK

  40. Memang benar, didiskusikan, dibatalin, diskusi lagi, gak jadi, akan direncanakan, akan di batalin, akan dibeli, akan dijual, akan dikasih dan akan dibatalkan, akan di renungkan, kemudian hampir pasti beli dan lalu dibatalkan, akhirnya dibicarakan dan di diskusikan kembali akhirnya dibatalkan,….. Asu

  41. Baru mau akan didiskusikan….

  42. bikin sakit hati ini berita…akan,akan dan akan….yg nongol malah si elang botak lagi.

  43. @ankminang : Dari pada MALINGSIAL ehh Malaysia banyak cakap tentang apa yang akan negara kami akan beli, lebih baik MALINGSIAL ehh Malaysia persiapkan pesawat Sukhoi 30 MKI kalian yang katanya “jaguh.”
    Nanti kita bertemu di udara dan kenyataan akan membuktikan negara mana yang akan jadi pecundang…!!!
    Jika masih penasaran karena takut di udara, kita akan fight di laut, kita buktikan siapa yang berjaya di lautan…!!!
    Jika masih juga penasaran, kita akan duel di darat, kita akan mengetahui bahwa negaramana yang akan tinggal nama…!!!
    Silhkan anda pilih, karena suatu saat kita pasti akan berjumpa…
    Cepat atau lambat kita akan mengetahui negara manakah yang pecundang…!!!
    Jangan bersikap seperti orang buta huruf, yang tidak bisa baca kenyataan bahwa seberapa banyak ataupun seberapa canggihnya militer negara MALINGSIAL ehh Malaysia masih tetap di bawah negara Indonesia.
    Silahkan cari 1 informasi ataupun berita yang mengatakan negara MALINGSIAL ehh Malaysia lebih baik militernya di bandingkan negara Indonesia yang di akui dunia…!!!
    INGAT…!!! SEBUTKAN HANYA 1BERITA YANG DI AKUI DUNIA…!!!

  44. Cepetan atuh. Jangan lupa lontongnya. Kan enak makan lontong ma sukro. Pa lagi sambil nulis dengan pensil s 300 atau s 400.

  45. @urang tasik : sumuhun kang…
    Ngan aya nu kudu dii koreksi saeutik, pensil S300 mah tos sepuh kang, upami bade mah sae keneh S400 atau nu S500 nu tiasa di jingjing di PKR Sigma urang…
    Eta oge upami nu di luhurna beunta… 😀

  46. Wajib NKRI punya su 35

  47. sukhoi su-35 seri mck.mandi cuci kakus.jet boros,umur pendek model itu itu aja.mending gripen walaupun medium fighter.plus rudal meteor.

  48. anda terlalu menelan bulat2 cerita novel tetangga bung POKPINK
    tni kita memang kuat, tapi belum kuat di alutsistanya
    suka tidak suka saat ini alutsista tni masih sangat kurang memberi efek gentar kawasan
    ngeteng sana sini… ? ya memang mampunya kog mau gmna lagi…
    dari ketidak mampuan kita untuk memborong itu maka dicanangkan yang di sebut “kemandirian” biar lebih lebih dan lebih, riset butuh waktu dan biaya serta resiko yg tinggi juga, maka dari itu beli dikit minta tot jadi jalan keluar terbaik, budget minim tapi hasil optim… dan selama ini kita berhasil menjalankan strategi itu… bahkan sudah bisa eksport… jadi wajar saja kalo negosiasinya untuk alutsista2 strategis sangat alot, produsen buat senjata juga cari untung juga kali ya… tidak ada makan siang gratis, tidak ada sahabat sejati, ayah, kakak, adek, itu hanya omong kosong belaka… so… mulailah berlapang dada dengan keanyataan yg ada, dan mulailah menybangkan segenap pikiran dan tenaga kita untuk memajukan indonesia, percayalah tni itu kuat meski tanpa harus di lebih lebihkan dengan dongeng alutsista goibnya, karena orang kuat tetap akan kuat tanpa harus dibuatkan dongeng bahwa dia kuat
    salam tanah air udara

    • Ga ada yg nelen bulat2 cerita, yg enak yg nelen tahu bulat digoreng dadakan, klo mw di umbar auratnya walaupun setengah tetep aja ketahuan & bisa diatasi dgn cepat. Klo cuma pas2an sesuai yg Anda sampaikan, yakin berani gertak China di Natuna?? Anda sepertinya butuh Aqua-rium.. :mrgreen:

  49. Su 35 gak bakal tenggelem mas.. Tp terbang.. Kalo negeri melon laen lagi kapal selemnya yg gak mau tenggelem..hehehehhehe kalo jet pejuang gak mau terbang..malah pilotnya terbang duluan di hanggar…hihihihihi… ATM tentara simulator…bukan terminator lho..huhu..hihi..hehe

  50. Percayalah kamerad kata2…tertarik, melirik, berminat konotasinya sama di negara kami dan itu tidak berarti apa-apa…

  51. Moga cpt selesai diskusi diskusinya,rapat rapat nya..pjbt kita sdh dpt duitnya tercapai keinginannya. Dan Sukhoi 35 segera datang..

  52. Bc komen jd malah stresss… cengaaar cengiiir gak karuan. Untung lg sndiri. Hik…hik…hiiik…

  53. Ingat pembayaran yg 10% dulu…,20%….40%…dll….kata pak jokowi lho….

  54. 8 unit su 35 dan 4 unit be 200, 8 unit apache ah64 guardian, btr 4m baru tiba 5 unit, sisa 45 unit blm dikirim, 20 unit paladin swagerak dr belgium dan 8 unit chinook masih abu2….indonesia 2024 masuk 10 besar dunia!!!,, bravooo…

  55. Kalo yang ngasi pengumuman si rosoborok….segeraken sumpel aja pake kakinya carin, biar gudiken si rosoborok

  56. yang bikin lama kesepakatan point mengenai yang akan di tot kan edisi ngawur

  57. Heemmm…. Repot….
    Rahasia Negara kok di bahas…
    Bisa Mumet dan Botak Kepala mu klu mikiri. Semua Pimpinan kita sudah punya Strategi dan Formula yg Hebat untuk bisa Memiiliki semua Alutsista itu. Dan Bukan hanya memiliki…, Tapi NKRI juga harus bisa bikin sendiri. Percaya lah pada Seluruh Pimpinan kita…, NKRI Tidak akan pernah malu di depan negara lain…

  58. Melihat fungsi berieve sangat bagus melihat anggaran untuk jangka panjang(operasional) kurang efektif bagi indonesia. lebih baik ambil mesin turbopop, secara turbobpop lebih irit, dan lebih matang dalam hal maintenence serta kelengkapan suku cadangnya.

  59. boleh lah d coba pake target MKM terbang dekat natuna, lumayan dpt target realistik yg tercanggih d kawasan
    ayo lon…. terbangkan MKM mu masuk natuna, d jamin ndk balik kandang tuh

  60. bisa aja bung arsenal timur saling adu, tergantung skill user dan pengalaman tempur yg menjadi penilaian.

  61. Kuple@ udah makan T*i belom? Sudah makan dulu sana..

  62. Ikut Gabung jadi warjager

  63. Pink

  64. Su 35 yowislah

 Leave a Reply