May 042017
 

Sistem peperangan elektronika “Leer-2” yang terintegrasi dengan kendaraan lapis baja platform 4×4 Tigr. © Vladimir Astapkovich

ULYANOVSK – Saat ini Pasukan Lintas Udara (Linud) Rusia yang berbasis di Ulyanovsk, secara resmi telah menugaskan sistem peperangan elektronik (pernika) Leer-2 yang baru, seperti dilansir dari Defence Blog.

Leer-2 adalah sistem jamming yang terpasang pada kendaraan lapis baja Tigr. Leer-2 dapat meniru sistem senjata elektronik dan memantau lingkungan elektromagnetik selama latihan tempur.

Sistem pernika Leer-2 pasukan lintas udara Rusia. © Defence Blog

Operator sedang menjalankan sistem pernika Leer-2. © Vladimir Astapkovich

Kompleks penekan gelombang radio Leer-2 dirancang untuk mencegat, mengganggu dan juga melacak sarana elektronika serta radio komunikasi musuh, termasuk sistem telepon seluler. Leer-2 dilengkapi dengan dua buah antena yang dapat ditarik yang terpasang pada kendaraan lapis baja berbobot 8 ton, yaitu Tigr-M 4×4.

Selain digunakan untuk peperangan elektronika, sistem Leer-2 juga dapat dipakai sebagai bagian dari uji lapangan untuk menciptakan situasi elektronik taktis yang realistis dan meniru pengoperasian berbagai sistem radio elektronik.

  21 Responses to “Linud Rusia Gunakan “Leer-2”, Sistem Pernika Baru”

  1. Nggak akan dibeli

  2. NKRI masih belum ad langkah persiapan pernika,
    Merasa tidak ada ancaman dri luar..

  3. Untuk menajaga radar2 NKRI dari seluruh wilayah seharusnya pemerintah juga memikirkan alat ini sebagai alternatif. apalagi konon AUSTAL keukeuh dengan mendatangkan Rudal Super Sonic Canggih

  4. HUAHAHAHA…Apaan !!! “Pe-Leer” …Nama batang zakar kuminis tuh…

    KAGAK MONCER NI BARANG !!!

  5. Indonesia perlu membeli/membuat yg sejenis untuk menjaming Rudal dan radar lawan sebagai pertahanan RI!

  6. Radar ini perlu, tapilebih perlu terlebih dahulu, memenuhi kebutuhan radar biasa, di seluruh wilayah indonesia, biar tahu dulu kalau ada yg masup..
    Pipizz..

  7. Mirip antena brik brikan q mbah.. sampe diomelin ibu ibu 1 RT tvnya bleret kena jamming pswt radioq. wkwkkw

 Leave a Reply