Sep 012014
 
Salah seorang informan ITAR-TASS dari Industri Pertahanan Rusia menyatakan tahun depan para produsen senjata lokal Rusia akan menghentikan pembuatan S-300, baik untuk kepentingan angkatan bersenjata Rusia, maupun untuk permintaan ekspor. Namun, ia menjelaskan bahwa komponen penunjang sistem S-300 tetap akan diproduksi, jumlahnya akan terus bertambah dalam waktu dekat.

Tipe S-300P dan turunannya telah digantikan oleh S-400. Saat ini, S-400 telah digunakan oleh tujuh resimen tentara Rusia.

Sang narasumber menyatakan hal tersebut diperlukan untuk menunjang kesiapan tempur senjata Rusia yang sesungguhnya. “Kami menilai sistem pertahanan udara tersebut masih bisa digunakan secara efektif hingga sepuluh tahun ke depan,” ujar narasumber itu.

Ia menyebutkan bahwa S-300 akan digantikan oleh sistem pertahanan udara generasi terbaru secara menyeluruh. “S-400 akan menjadi sistem pertahanan udara utama bagi angkatan bersenjata Rusia, namun secara bersamaan S-300 tetap akan digunakan. Sementara, produksinya tidak akan dilakukan sekaligus,” kata narasumber tersebut. Ia juga menambahkan saat ini para produsen senjata udara Rusia telah gencar mempromosikan S-400 di pasar mancanegara.

S-300 merupakan kumpulan sistem pertahanan udara yang memiliki modifikasi dan turunan dengan fungsi dan spesifikasi yang berbeda-beda. Kesalahan penggunaan kata S-300 terjadi pada 2011 lalu, ketika media Rusia sempat memberitakan penghentian produksi S-300, padahal hanya tipe S-300PS dan S-300PM saja yang tak lagi diproduksi, bukan seluruh S-300.

Unit S-300PM terakhir untuk tentara Rusia diproduksi pada 1994. Sejak saat itu, Rusia hanya memproduksi tipe tersebut untuk ekspor. Dua tahun lalu, Wakil Ketua Dewan Pakar Ahli Non-Institusi Pertahanan Udara dan Antariksa Igor Ashurbeyli menyatakan bahwa produsen senjata tak lagi menerima pemesanan ekspor baru untuk senjata tersebut.

Tipe S-300P dan turunannya telah digantikan oleh S-400. Saat ini, S-400 telah digunakan oleh tujuh resimen tentara Rusia. Senjata terbaru tersebut belum pernah dikirim ke luar negeri. meski banyak negara yang berminat untuk membelinya. Kebanyakan negara lain tak terlalu tertarik dengan senjata tipe S-300P.

Ada pula S-300V dan modifikasi turunannya yang dikembangkan oleh produsen senjata militer lain. Hingga saat ini, tipe S-300V masih dibuat dan digunakan oleh angkatan perang Rusia. Sistem pertahanan udara ini dibuat dari komponen dasar tersendiri dan digunakan sebagai sistem pertahanan udara untuk perang, bukan sistem pertahanan udara perlindungan objek vital negara, seperti S-300.

Pengembangan terbaru S-300 adalah S-300V4. Berdasarkan program militer pemerintah Rusia, hingga 2020 nanti S-300V4 akan digunakan oleh tentara Rusia secara berkelanjutan tanpa jeda produksi sama sekali. Modernisasi sistem S-300V dan S-300VM digunakan untuk melumpuhkan rudal balistik dan sasaran di udara hingga jarak lebih dari 300 kilometer.

S-300V4 lebih unggul dibanding tipe lain berkat adanya penggunaan komponen-komponen dasar dan pendukung, serta alat komputasi terkini dan muktahir. Tahun lalu, angkatan perang Rusia telah menerima tiga unit S-300V4. Hingga tahun depan, masih ada tiga divisi yang akan mendapatkan S-300V4. (indonesia.rbth.com)
Bagikan:

  41 Responses to “Rusia Hentikan Produksi Senjata Pertahanan Udara S-300”

  1.  

    Untung nggak diambil tu barang, ah nunggu yg terbaru aja…..
    Klo yg terbaru nggak diambil juga…… ya yg paling baru he he he he Just Kidding
    Yg paling baru juga nggak diambil….. ya nunggu buat sendiri aja….. gitu aja koq repot he he he

  2.  

    nah lho..malah dah dibrentiin noh..

  3.  

    Ayao borong bekasnya, lumayan buat pengamanan NKRI.

  4.  

    Nomer limo

  5.  

    lumayaan tuhh buat isi pertahanan NKRI cpt di order

  6.  

    Bisa tuh dpt TOT nya,,, klo mau beli

  7.  

    nanti akan diganti R-HAN….

  8.  

    wah.. TNI AD kira” mau akuisisi yang S-400 apa ga ya..

    sampe lupa..

    Selamat Pagi menjelang Siang Warjager semua

  9.  

    Menurut bung MP,beli blue print/lisensi nya kembangkan dengan rasa lokal indonesia….Lanjutkan….!!!

  10.  

    Pagi smua.Bru ngarep,blum liat koq disana main stop aja.Om Putin nih gimana sih.Awas klo lupa sm kami ya!

  11.  

    sesuai clue bung nara ne kalo kita mo ngambil bnyak bakal dapt upgrade + TOT…hehehehehe

  12.  

    …semoga pager-pager ijo-nya tjap es telung atus / patang atus wis nyuebar nang bates-bates negoro…..(mimpi :mode on)

  13.  

    Indonesia sekarang udaranya di awasi rudal apa bung ?
    Mohon infonya karena berbagi info itu mengasikan

    suwun

  14.  

    BELOM DIBELI UDAH BUBAR, NTAR S400 JUGA GITU DAH :mrgreen:

  15.  

    “If you build an army of 100 lions and their leader is a dog, in any fight, the lions will die like a dog. But if you build an army of 100 dogs and their leader is a lion, all dogs will fight as a lion” – Napoleon Bonaparte

  16.  

    numpang nyimak

  17.  

    INDONESIA dh punya blum ya… klo blum punya ya nasiib.. Lapak dh tutup .hehee

    tinggal nggu S-400 Dech.. Mg ja d beli , . syukur2 bs bkin sndri.. Lebih mak nyuss

  18.  

    Wah belum sempet beli dah stop produksi..langsung loncat ke S 400 aja kali y..:)

  19.  

    bung frans jilid 2

  20.  

    Pergi Malon..

  21.  

    Ane baru aja liat barisan heli terbang yang mencurigakan…

  22.  

    siapa blg presiden rusia atheis, vladmir putin seorang katholik loh, nggak selalu negara komunis itu gak ada agama buktinya di cina dan rusia sendiri perkembangan org muslim banyak,kristen katholik dan kristen protestan ada, jgn berpikiran sempit komunis itu cm paham kemanusiaan bkn agama atopun keyakinan.

  23.  

    NKRI KAPAN DONK Punya S-400nya??????????

  24.  

    masa s-300 jelek…tuh MH17 MALISIA..kena coret terkapar di ukraina..

  25.  

    Wah wah wah kita aja belum beli masa mau berenti parah

  26.  

    Superpower Soviet segera kembali dan bangkit dari kuburnya, Slava Russia! 😀

  27.  

    YONHAP !!! KOWE SOPO !?? kOWE SOPO YONHAP ???!! KOWE YEN KOMENTAR OJO NGAWUR !! DASAR ONG EDAN KOWE YONHAP!!

  28.  

    Siapa bilang S300 tdk diproduksi lg? S300 msh ttp diproduksi. yg sdh tdk diproduksi lg itu yg seri ps dan pm. S300 seri v msh diproduksi, dan pengembangan terakhir seri v4 yg ini versi tercanggih dari seri S300. any way.. vietnam baru2 ini dapet kiriman 1 baterei yg seri pmu, pengembangan dari seri pm yg sdh dihentikan produksinya. n by the way.. di list bung nara, Indonesia memesan yg seri pmu? apkh sdh terealisasi? blmn blm dikirim, mdh2n bisa dikoreksi ulang utk seri yg diambil, jgn beli yg seri pmu, ambil minimal yg seri S300v4 atw naik lgsg ke versi S400 seri terakhir. S300 pmu vietnam dan yg lama sebelumnya di khabarkan akan di upgrade ulang, mgkn setara dgn yg seri v atw yg v4 soalnya yg seri p sdh tdk msk dlm pengembangan dan produksi kedepannya. Salam..

  29.  

    maaf bung ane mau bocorin dikit masalah nih missile.,, http://www.youtube.com/watch?v=mbUU_9bOcnM monggo disimak dan dihayati 😀

  30.  

    Diberhentiin karena tidak bisa menghajar F16 Yahudi waktu masuk kewilayah suriah..

 Leave a Reply