Dec 202015
 
Sergey Shoigu

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu

Sampai kapan operasi AU Rusia di Suriah akan berlangsung hingga kini belum jelas. Namun demikian, Rusia berencana untuk mencapai Sungai Efrat. Demikian informasi ini disampaikan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu pada pertemuan tertutup Majelis Rendah Parlemen (Duma) Rusia seperti yang dilansir oleh media Rusia RBC.

Sang menteri membahas mengenai ‘ibu kota’ tak resmi ISIS di kota Raqqa yang terletak di tepi Sungai Efrat. “Tidak ada pernyataan apa pun. Itu merupakan argumen menteri, salah satu pilihan,” kata Komoyedov.

Menurutnya, para deputi mengajukan pertanyaan kepada Shoigu mengenai kemungkinan operasi darat di Suriah, tetapi Shoigu tidak menjawab pertanyaan itu. “Ada pertanyaan apakah Rusia akan memulai operasi darat jika Eropa datang ke sana. Lalu ia (Shoigu) menjawab, ‘Biar saja mereka mencoba’,” kata Komoedov menjelaskan.

Shoigu juga menyampaikan bahwa Rusia tidak akan membangun pangkalan militer baru di Suriah, demikian Komoyedov mengutip perkataan menteri. “Pangkalan laut dan udara di Suriah sudah cukup untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh Angkatan Bersenjata Rusia,” kata Komoyedov.

Perang Suriah

assad putin

Rusia telah meluncurkan serangan militer ke sasaran ISIS di Suriah (30/9). Serangan ini dilancarkan beberapa jam lalu setelah Dewan Federasi Rusia memperbolehkan Presiden Vladimir Putin menggunakan Angkatan Rusia di luar negeri. Sebelumnya, Presiden Suriah Bashar Al-Assad meminta bantuan langsung kepada Presiden Rusia.

Persetujuan antara pemimpin Rusia dan Amerika Serikat pun dikonfirmasi oleh Kedutaan Besar AS di Rusia yang turut memberikan komentar terkait keputusan Dewan Federasi. “Kedua Presiden sepakat bahwa mereka memiliki kepentingan bersama dalam memerangi ISIS di wilayah itu,” ujar pihak Kedutaan.

 

Sumber: RBC

  17 Responses to “Rusia Incar ‘Ibu Kota’ ISIS di Raqqa”

  1. hancurkan..!.!.!.!

  2. Modiiaar Isis,bentar lg jg bubar dr suriah.

  3. Aneh banget, negara2 yang terlibat dsn obral rudal2 jarak jauh…nggak sebanding dg targetnya, padahal cukup mengerahkan a-10, su-25, heli tempur?

    Ato memang sengaja mereka ngabisin stok arsenal rudal jarak jauh yang hampir kadaluwarsa…

    • gmn barangnya mau diblg hebat kl gak ada lahan promosi uji coba senjata, dijadikanyalah suriah buat ajang uji senjata, promosilah kl uda sukses kan ntar indonesia bisa beli kapal selam rusia, su-34 rusia dlll yg serba rusia, gampangkan.

  4. maharaja membuat kota surga dlm tempo 300 tahun, temboknya dari emas kerikilnya dari yakut, andaikata seluruh manusia dan jin masa kini bekerjasama maka tdk akan mampu membangunnya meski hanya separuhnya, kini kota itu terbenam entah dimana

  5. T 50 TNI jatuh di jogja

  6. Turut berduka cita atas musibah jatuhnya pesawat trmpur T50i golden eagle,,, pukul 10.00 pgi dini hari tadi ketika melakukan atraksi yogyakarta airshow ,,,

  7. Pesawat T50i Jatuh di Yogya Airshow di Bandara Adisutjipto
    Erwin Dariyanto – detikNews
    Jakarta – Sebuah pesawat T50i Golden Eagle buatan Korea Selatan jatuh saat melakukan atraksi dalam rangkaian Yogya Airshow di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.45 WIB.
    Komandan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta Pristiawan yang timnya berada di lokasi mengatakan, pesawat jatuh masih di area bandara. Di dalam pesawat, kata Pristiawan, ada pilot dan kopilot.
    Pristiawan mengaku belum mendapat informasi tentang nasib pilot dan kopilot pesawat nahas tersebut.
    Setelah terjadinya musibah ini, Yogya Airshow hari ini dihentikan. “Kegiatan Yogya Airshow dan Bandara Adi Sutjipto ditutup sementara untuk proses investigasi dan evakuasi,” kata Pristiawan saat dihubungi detikcom,

  8. pesawat t-golden eagle jatuh…

  9. ini pak putin ada permintaan bantuan juga dari libya

    Angkatan Udara Libya dalam sebuah postingannya di Facebook mengatakan bahwa pihaknya telah meminta 20 anggota pasukan komando Amerika Serikat untuk meninggalkan Libya. Dalam postingannya, Angkatan Udara Libya mengatakan bahwa para anggota pasukan komando AS itu tiba di pangkalan militer Wattiya, Libya. Mereka datang lengkap dengan perlengkapan tempur. Mereka telah menggunakan jaket anti peluru, senjata canggih, peredam suara, pistol, perangkat night vision dan perangkat GPS. Namun mereka terpaksa disuruh angkat kaki dari Libya karena belum melakukan koordinasi sebelumnya. “Dalam menanggapi aksi heroik pasukan yang Anda kirimkan ke pangkalan militer Wattiya adalah memberitahu mereka untuk secepatnya meninggalkan Libya dan tetap menjaga perlengkapan mereka,” bunyi pernyataan angkatan udara seperti dikutip dari IB Times, Jumat (18/12/2015). Sebuah sumber di Pentagon membenarkan tentang pasukan khusus AS di Libya. Mereka adalah bagian dari misi yang dikirim pada minggu ini. Namun belum diketahui apakah mereka telah meninggalkan Libya atau belum. Menurut sumber tadi, pasukan komando AS kerap keluar masuk dari Libya. Tugas mereka murni untuk memberikan nasihat kepada pasukan Libya saat melakukan operasi tempur atau pun sedang latihan. (ian) Libya Berharap Dibantu Rusia Libya ternyata berharap mendapatkan bantuan dari Rusia untuk melawan ISIS, dan kelompok teroris lainnya. Hal itu terucap dari mulut Komandan Angakatan Bersenjata Libya, Brigadir Jenderal Khalifa Hafter. Hafter yang berbicara paska melakukan pertemuan dengan kepala dukungan PBB untuk Libya (UNSMIL) Martin Kobler, menuturkan bahwa pihaknya menyambut baik upaya melawan terorisme dengan Rusia, dan siap bekerjasama dengan Rusia untuk melawan terorisme. “Kami menyambut baik dukungan dari Rusia dalam memerangi segala macam bentuk terorisme,” kata Hafter dalam konfrensi pers bersama Kobler, seperti dilansir Sputnik pada Sabtu (19/12). “Jika Rusia mengusulkan rencana untuk memerangi terorisme di Libya, Tripoli akan dengan senang hati bekerja sama dengan Moskow. Rusia, menurut kami adalah salah satu negara yang sangat serius memerangi terorisme,” sambungnya. Libya sendiri saat ini memang masih terjebak dalam konflik internal, dimana dua faksi terbesar di Libya mengklaim sebagai pemerintahan yang sah. Kondisi ini, dimanfaatkan oleh ISIS, dan sempalan al-Qaeda untuk menjalankan aksinya, yang membuat situasi di Libya semakin memburuk. (esn)

    http://garudamiliter.blogspot.co.id/2015/12/world-pasukan-khusus-as-diusir-dari.html

  10. Nih video terbaru kehancuran Daerah IS, AS & RUSSIA sangat berhasil

    https://m.youtube.com/watch?v=u-s9IAMmkNk

 Leave a Reply