JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 162015
 

image

Moskow – Rusia dan India telah menyelesaikan Desain Awal untuk Pesawat Generasi Kelima (FGFA) India yang merupakan turunan dari PAK FA.

Direktur regional kerjasama internasional perusahaan manufaktur pesawat Rusia-India, Andrey Marshankin mengatakan hal ini dalam sebuah wawancara dengan radio Rusia News Service.

Pesawat tempur FGFA merupakan salah satu proyek pesawat bersama yang sedang berjalan antara Rusia dan India. Proyek lainnya adalah pesawat angkut multirole (MTA).

“Sampai sekarang, kami dan rekan-rekan India telah menyelesaikan penciptaan versi ekspor Sukhoi PAK FA, yang dikenal di India sebagai FGFA. Kita sudah memiliki dokumen dan pemahaman tentang ruang lingkup dari desain fase berikutnya, skala produksi masa depan, “dikutip Sputnik dia mengatakan.

Jika jet tempur generasi kelima Rusia dioperasikan oleh seorang pilot, maka pesawat untuk Angkatan Udara India nanti kemungkinan akan dioperasikan oleh dua pilot.

Pesawat tempur siluman pertama Rusia, Sukhoi PAK FA (T-50), dimaksudkan untuk menggantikan jet tempur Sukhoi Su-27 serta Mikoyan MiG-29.

Pesawat PAK FA melakukan uji terbang pertama pada tahun 2010 dan pengiriman dijadwalkan dimulai pada 2016, kata laporan itu.

Adapun jet tempur FGFA, dikembangkan bersama oleh Sukhoi Rusia dan Hindustan Aeronautics Limited, India merupakan turunan dari PAK FA.(brahmand.com).

Berbagi

  76 Responses to “Rusia India Selesaikan Desain Awal Turunan PAK FA”

  1.  

    Ini baru mantaf

  2.  

    ngilerrrr….

  3.  

    Mantaps….. koq gak bareng dengan tim Indonesia juga ya…..

  4.  

    INDONESIA mimpi dalam mimpi

  5.  

    indonesia menyusul :mrgreen:

  6.  

    Indonesia harus mencontoh india atau cina kalau ingin maju.

  7.  

    jngn terlalu bnyk berharap untuk bisa tot bareng rusia. Masalahnya, untuk bisa mendapatkan alih technology ga murah coy biayanya..beli satu skadron sukhoi aja mikirnya lama bngt, jd keburu bosen dngr nya. beli kaga gosip iya .. Hadeuhhh

  8.  

    apakah ini versi yg di down grade dari PAKFA ? secara PAKFA sendiri masih bermasalah sama seperti F-35 USA

  9.  

    Kasihan indon nak beli pesawat tak kuase pejabat indon macam tuyul suke nilap duit orang rakyatnye miskin banyak tinggal di tempat sampah tempat kami takde macam tu

    •  

      @mas sultan… sudalah mas.. jangan gt. inget dosa klo nuduh g ada buktinya.. kami bangsa indonesia itu lg milih milih baarang, wajar dong kali namanya pembeli bnyak pertimbangan supaya jgn sampe salah beli. y kalo mau beli y tinggal beli aja, tp jangan pake nuduh gt donk,,hehehehe. salam damai. ditunggu y mas sultan pesawat sewaan buatan cina nya…

    •  

      jangan begitu mas sultan.. indonesia lagi tensi nasionalismenya naik nih.. nati bisa jadi cokcek…

    •  

      ini org indonesia jg cm gayanya aja ngikutin malaysia

    •  

      namanya aja yang Sultan, tapi kelakuan SUiitonirojim…. hahaha. BANGSA INDONESIA BANGSA TERHORMAT, BANGSA YANG TAK SUKA MENCELA BANGSA LAIN, TAPI KALAU BANGSA LAIN BERPRILAKU TAK HORMAT, INDONESIA TAK SEGAN DENGAN ANDA SULTAN MALAYSIA.

  10.  

    Macam tu nak melawan kami

  11.  

    Biar teruji dulu ni pesawat, nah klo indonesia udah punya su-35 pd renstra 2 th 2015-2019, pd renstra 3 th 2019-2024 kita butuh 2 skuadron pengganti hawk 100/200. Kandidatnya salah satunya pakfa

  12.  

    wah hebat india .semoga INDONESIA kedepan bisa punya ,su 35 yang bikin ngiler itu .dan jadi lebih tangguh .

  13.  

    Disaat IFX ma korea blum jelas kelanjutanya?
    Btw kok Air Force India suka banget pesawat tempur kursi tandem kyak SU-30 MKI apakah Rafael yg akan dibeli India juga kursi tandem

    •  

      Susah prakteknya kalo pilot konsentrazi pada manuver masih harus colak colek menu layar sentuh buat milih senjata, ngelock dsb. . apalagi pilofnya masih baru belajar dan blom Familier dgn menu display . keburu kerudal lawan. .
      Dengan tambahan copilot mgkn lebih focus pada jobnya masing2.

  14.  

    ayo bangsa indonesia! jangan cuma melihat malaysia dan singapur, tp lihat dan kejarlah india, cina ataupun amerika, krn indonesia adalah bangsa yg besar jd terlalu kecil klo yg di lihat cuma negara sekeliling yg begitu kcl. bangkitlah putra putri ibu pertiwi berkaryalah semampu yg engkau bisa bukan semampu yg engkau mau niscaya ibu pertiwi akan menjadi bangsa yg di hormati insyaalloh.

  15.  

    Desainnya cakep, indonesia tuh buka mata ke rusia jangan negeri boyband (korsel) ribet

  16.  

    sultan pesawat sewa bangganya kayak orang kesurupan sante aja bro

  17.  

    tdk ada keberhasilan tanpa usaha keras dan pengorbanan,india dan.china bs dijadikan contoh dlm mengejar teknologi,gak takut ngeluarin modal besar demi tujuan nya,krn jls saat SDM mrk blm mampu uanglah yg akan bicara,jdi???diperlukan sinergi yg kuat dr smua element bangsa,terutama para ptinggi dan pejabat negara,lihat tuh india china,,gak malu apa cm ribet digedung kura2???jgn cm memperjuangkan partai dan kepentingan pribadi,tp perjuangkanlah BANGSA BESAR INI,toh kita masih punya banyak SDA knp kita sprti berjalan ditempat????jika tdk bisa turunlah,biarlah kami yg menggantikan kalian…!!!!

  18.  

    India tahu betul bagaimana mengartikan istilah menjaga keseimbangan kawasan, RI biarlah belajar dari awal untuk menciptakan teknologi pespur mesin tunggal ( jika benar deal dgn saab ), walau kata bung werhmacth, belajar dari awal itu tidak bagus karena menciptakan teknologi yg sudah ada, harusnya berawal dari akhir dan berakhir diawal, ( kalau tidak salah, kayaknya seperti itu, waktu saya debat dgn dia, maaf kalau salah ) , tapi mgkn ini lebih baik daripada tidak belajar sama sekali,,rakyat RI sudah begitu merindukan hasil teknologi inhan,, india dan china adalah contoh nyata dari arti mengejar ketertinggalan,,,

    •  

      Bung Antasena, kata “awal” yang dimaksud bung Wehrmacht tentu berbeda dengan yang dimaksud “awal” dari “berawal dari akhir dan berakhir di awal”, kan?

      Metode belajar RRT, India, dan Indonesia dalam hal industri pertahanan itu berbeda. Metode RRT dengan cara mencuri dan meniru itu sepertinya karena imbas politik luar negeri RRT yang berseteru dengan AS dan Eropa bahkan juga dengan Rusia dalam level yang berbeda.

      Indonesia yang non-Blok dan sesuai amanah Pembukaan UUD, jelas mengambil metode yang berbeda dengan negara lain.

      NC-212, merakit atas dasar lisensi, jadi legal, sehingga tetap berhubungan baik dengan CASA dan sekarang Airbus.
      CN-235 dengan ikut merancang bersama CASA, jadi tambah ilmu dan tetap legal dan berteman baik.
      N-250 dengan desain sendiri, tetap legal dan mempertahankan pertemanan baik dengan negara2 lain. Kalau pun ada yang menjegal, itu pasti bukan secara official / resmi.

  19.  

    RI salah langkah dengan proyek KFX/IFX …mending ubah langkah segera bersama SAAB..

    •  

      saya juga merasa seperti itu,sepertinya kita sedang dipermainkan
      tapi entah lah, mungkin hanya cicak yg tau..
      apa sebaiknya bikin drone aja ya ?

      •  

        Ente Berdua cocoknya Bikin Ketapel aza 🙂
        Nggak Usah Ngomongin High tech.
        Ketinggian .., bakalan selalu Pesimis deh …

        •  

          bukankah drone lebih canggih?
          maksud saya, lewati aja fase itu dan langsung bikin drone 😀
          kalo ga salah amrik juga “berhenti” di f35, selanjutnya fokus ke drone?

          •  

            @koboyletoy. . drpd ribut . .ente mending berkolaborasi dengan bang ucup. . bikin mini drone yg dilempar pake ketepelnya bang ucup biar ga perlu pake launcher lg

  20.  

    Ncik Sultan, payah bang sultan nie, tak pandai buat kapal terbang, kena tipu belanja kapal selam dan malaysian air dan air asia musibah tenggelam, eh panas panasin orang indonesia yang gagah berani. tentara korea aja kalah sama kopassos, marinir amrik aja takut dan ngeri liat denjaka indo nyelam.

    Apa yang ncik banggakan, jadi maling, tentara kau aja digasak satu denjaka kabur di ambalat, bagaimana kalau pakai meriam sama pespur , terkencing kencing kau

  21.  

    SU35 , Typhoon atau Griffen perlu diakuisisi,. Kita perlu 2 type pespur. Pertama SU 35 diperlukan karena utk mengkounter F 35 asu yang cukup mengkhawatirkan dan agresivitas china di natuna area. Ini perlu segera karena jangan sampai perang pecah di laut china selatan yang melibatkan amrik, assui, taiwan dan phlipina yang bisa melibatkan kita suka atau tidak suka.

    Type ke 2, sejenis griffen yang mungil tapi canggih. Ini demi efesensi dan mudahnya dioperasikan. Kita perlu 2 type ini sambil menunggu produk pespur yg kita buat sendiri

  22.  

    Waduh PakFa nya aja blm produksi dah mau muncul KW nya versi India..mirip Yakhont dng Brahmos..;)

  23.  

    Sepertinya…. Pas masa pemerintahan sekarang sangat mutlak untuk mengevaluasi alokasi anggaran semua kementerian, biar yang tidak berguna dikurangi dan dialihkan ke pertahanan saja karena sudah saatnya urgensi bergeser… Para sesepuh Warjag silahkan menganalisa mana mana saja yang bisa menambah alokasi anggaran pertahanan, tentu dengan selimut dan baju sempurna sehingga kagak keliatan semata mata peningkatan belanja militer yang bisa mencapai 500 trilyun rupiyah… (ngimpi dulu, biar besok jadi nyata….)

  24.  

    gx usah ngimpi..
    mulai skrg kita demo z biar bbm gx usah d subsidi.biar di alokasikan buat alutsista lumayau kan thun kmren z subsidi nya 250T lebih..
    gmna mau gx kita demo biar bbm gx usah d subsidi?????
    viss…but seriously..

    •  

      bbm di subsidi. .?? . para pemain minyak pada import solar dari rusia jatohnya senilai Rp. 1500,- /ltr (seribu limaratus rupiah saja per liter). .
      Yang lebih parah. . itu byk minyak yang diperoleh gratisan dari negara2 timteng anggota OPEC yang over produksi. . karena dibatasi kuota produksinya. .

      Ayoooo . . buka mata buka telinga. . .

    •  

      bbm subsidi dicabut . .?? . para pemain minyak pada import solar dari rusia jatohnya senilai Rp. 1500,- /ltr (seribu limaratus rupiah saja per liter). .
      Yang lebih parah. . itu byk minyak yang diperoleh gratisan dari negara2 timteng anggota OPEC yang over produksi. . karena dibatasi kuota produksinya. .

      Ayoooo . . buka mata buka telinga. . .

  25.  

    ngkong…. jgn ikut manas manasin donk.. inget umur. udah engkong engkong tu banyakin dzikir aja. biar inget sama yg maha pencipta. jgn kebanyakan ngata ngatain…. ok engkong.. maaf ni dr cucu yg ngingetin engkongnya…

  26.  

    kata siapa bung melei diatas INDONESIA…cuman menang negara persemakmuran doank..apa yng dibanggain…melei air line bangkrut..uatang melei bejibun bentar lg juga kolep..dan korupsinya besar..gelar datuk lagi diobral dimelei…kasian…kasian..kasia.aaannnn

  27.  

    Sejak subsidi BBM dihapuskan, alokasi anggaran semakin menantang krn semakin banyak ruang anggarannya. Alokasi 1.5% GDP tdk terlalu sulit lg bahkan bisa 2 kali lipat dari itu. Sudah saatnya kita fokus memperkuat laut dan udara kita setelah sekian lama jaman pak harto, kita memperkuat di darat.

    Jokowi hrs tetap konsisten dgn negara maritimnya krn itulah yg membuat nusantara ini jaya dulunya. Banyak bangsa2 pelaut spt portugis, belanda, inggris jaya krn angkatan lautnya yg kuat

    Angkatan laut yg kuat akan lebih efektif bila didukung oleh kekuatan udaranya. Krn kekuatan udara adlh payung mereka baik krn kecepatannya maupun krn ruang gerak di udara yg lbh dinamis dibandingkan di laut.

    Selain perlu medium fighter spt rafale, typhon, atau grippen, kita juga perlu pesawat heavy fighter sbg penggebuk di ruang udara kita yg sgt luas yg mampu membawa amunisi byk dan jangkauan yg luas spt SU35 dan PAKFAK.

    Dgn semakin byknya alternatif pilihan alutsista, daya tawar kita semakin besar. Oleh krn itu kita hrs bisa semakin percaya diri dlm negosiasi pembeliannya. TOT, offset, dan produksi lokal hrs selalu ada dlm setiap pembelian alutsista kita. Kita tdk perlu malu bernegoisasi alot walau secara quantity dan amountnya kecil krn kita sbg pembeli. Yg penting bagi setiap pembelian alutsista adlh tot maintenance dan sparepartnya shg alutsista tsb bisa lama umurnya dan murah cost maintenancenya, selain itu hrs ada offset teknologi lainnya spt teknologi rudal yg sangat amat kita inginkan, radar, ataupun tank.

    Dengan 250 triliun pengalihan uang subsidi BBM, we can buy anything. Tapi saran saya jgn lupa utk diinventasikan jg ke dlm riset. Swedia adlh salah satu negara yg sgt berhasil dlm riset dan syukur kita bisa berteman dekat dgn mereka.

  28.  

    Orang indon pandai cakap takde bukti tidak tau kalau mereka ditipu tuyul berdasi

  29.  

    Iya bung @john….. setuju setuju setuju…. sopsidi bbm adalah salah satu tambahan nyata bila dihapus total dan dialihkan ke pertahanan.. kan masih ada sumber lain yang belum nyata, seperti anggaran pendidikan, kan juga perlu dievaluasi besarannya, secara di lapangan masih tanda tanya serapan kesesuaiannya, kagak tau juga penyimpangan yang nyata… Kalo menurut salah satu penduduk yang sempat saya baca komennya kalo itu tempat puol dah aromanya dan amat kurang penelusuran penyimpangannya. Secara di pikiran saya tidak kompetensi buat berpendapat bahwa itu koropsi atau kkn. Biarlah itu kewenangan yang punya wewenang, hanya kalo bisa dipangkas besarannya kan sumber juga buat nambah alokasi pertahanan. Dan masih ada dari kementerian lain juga itu yang dipakai buat acara acara yang ga ada guna macam kungker dan rapat rapatan yang tujuannya cuma menyerap anggaran biar abis aja…. Bagaimana, apa masih kurang lagi….? Ya mari semua penduduk JKGR memeriksa semua belanja yang bersumber dari APBN biar tidak dikoropsi lagi…. Tapi kalo demo hapus sopsidi bbm sepertinya masih harus diatur lebih lanjut, biar serentak demonya… Secara pikiran saya kagak ngangkat kalo jadi penggerak demo serentak, maklum ringin dah tumbang…. Para sesepuh Warjag harus mengorek hal ini lebih lanjut (koreksi anggaran tanpa guna dan demo hapus sopsidi bbm). Ringinilang mo mojok lagi nunggu pencerahan dari penceramah….

  30.  

    Waduh Admin nya mana nih, si PAKCIKlok (di Sumbar ”pancilok” namanya) ngacak2 warjag nih, banned permanen tuh,..

  31.  

    Rusuh amat ini… Apa ada oknum yg sengaja biar panas forumnya???,

    •  

      Bisa jadi seperti itu bung satria, saya rindu kata2 sopan dari para anggota warjager. Walaupun saya masih baru dalam hal komentar, namun keindahan berbahasa serta santun dalam penuturan sangat menunjukkan image dan IQ seseorang.
      Terima kasih

  32.  

    iri tanda tak mampu

  33.  

    Segitunya. Biar dikomen….nih ku komen mbah

  34.  

    sbenarnya kan dri dlu jg gx da gunanya tuh kunker k luar negri abisin uang rkyat z..ongkos nya sih gx sbrpa tp uang saku nya yang waahh..
    gk pke kunker juga bisa d browsing..
    msh bnyk yg lbih pnting smcam pmerataan pmbangunan.infrastruktur.pendidikan dan ksehatan..

    biarin z si sultan ngomong ngawur..ky yg mabok..
    secara di malon kan gx bebas ber ekspresi..pemerintahan yg otoriter..
    hidupnya tertutup tempurung..
    am so sad…hahahay..

  35.  

    mas.. kalo mau ngejelek jelekin Indonesia sampean salah tempat.. mending bikin blog sendiri sana. tp kira kira bisa g bikin blog sendiri? klo g bisa minta ajarin sama wajager. bnyak yg bisa kok… tp syarat nya ntar klo dah bisa jgn lg coment yg g bagus disini.ok bro..

  36.  

    Ada linknya?

  37.  

    Ga usah d tanggepin itu cuman kloningan aja .bahasa maling sial ga kaya gitu . itu cuman buat rame aja .

  38.  

    ayooo om admin yg tukang rusuh di banned aja

  39.  

    Sultan
    engkau ingat punya bangsa baik sangat ke…kalau orang tak tau memang tentang negara engkau pasti cakap iye…tapi tunggu sikit hari ..pasti habis.
    kerajaan you lebih suka makan uang rakyat tengok tu GST..

  40.  

    tak taulah awak… kpn indonesia tinggal landas heeee inget pak harto jamanya repelita 😀

  41.  

    Kalo head to head Su-35 S versus PGFA ini, kira-kira siapa yang unggul ya? dgn catatan skill pilot sama-sama jos gandosnya..

  42.  

    Saya setuju kalau subsidi BBM dicabut dan dananya untuk membeli SU-35. Misal kita beli SU-35 10 skuadron lengkap dg asesorisnya,dll. Indonesia akan langsung kembali disegani negara tetangga, bagaimana tdk? Negara tetangga tdk akan punya uang sebanyak kita (RI) untuk beli pespur. Kalau yg demo turunkan harga BBM itu kan hanya orang yg mementingkan perut sendiri, tdk melihat nasib perut bangsa di tahun yg akan datang. Coba kalau malam hari kamu sedang enak-enaknya tidur tiba-tiba dilangit ada suara gemuruh dan ledakan, Indonesia dihancurkan oleh F-35 negara tetangga yg jumlahnya puluhan / malah ratusan. Bagaimana? Atau RI yg sebaliknya dg SU-35 main di perbatasan sesekali nyelonong di wilayah udara maley terus balik lagi, nanti maley jadi resah & cemas, tapi kita bisa senyum. Maaf kalau pendapat saya tdk enak, maklum newbie. Salam demo hapus subsidi BBM.

  43.  

    Kesimpulannya yang bikin bulet ga cepet2 di sign kontraknya karena permasalahannya masih nyangkut di DPR yaa. .
    Byk warga warjeger yg udah keburu apriori dengan pak menhan. . . xixixk

 Leave a Reply